Microsoft memang tidak melanjutkan proyek Windows Phone / Windows 10 Mobile, akan tetapi itu tidak menyurutkan ambisi Microsoft untuk menguasai dunia mobile melalui aplikasi-aplikasinya yang ‘ditumpangkan’ pada platform lain. Jika kamu adalah pengguna iOS atau Android, Microsoft tetap memberikan hal-hal baru sebagaimana yang diberikannya pada OS Windows 10. Ini menjadikan banyak orang tetap menyukai berbagai aplikasi milik Microsoft meskipun dalam hal mobile mungkin sudah beralih ke platform lain.

Android merupakan platform yang sepertinya ‘lebih mudah’ mendapatkan perhatian dari Microsoft karena sifatnya yang lebih terbuka. Untuk pengguna Android, jika kamu menggunakan Microsoft launcher, maka kamu akan mendapatkan dukungan Timeline seperti halnya di PC Windows 10. Jika kamu belum mendapatkan informasi soal Timeline, ini adalah fitur yang memungkinkan kamu melanjutkan berbagai pekerjaan kamu di PC yang berbeda. Jadi jika kamu membuka aplikasi atau website tertentu melalui perangkat A, maka kamu dengan mudah dapat melanjutkannya di perangkat B atau C. Dan perangkat ini tidak terbatas pada PC saja, melainkan bisa dilakukan lintas tablet atau smartphone.

Menurut TechCrunch, Microsoft Launcher akan memungkinkan kamu menggunakan aplikasi yang sama lintas Android ke Windows untuk menyelesaikan tugas tertentu. Jika kamu tidak tahu aplikasi apa saja yang bisa dibaca oleh Timeline, maka Launcher tersebut akan menemukannya untuk kamu.

Timeline juga hadir di iPhone dan iPad, meskipun lebih terbatas. Karena Apple tidak mengizinkan developer untuk mengubah pengalaman home screen miliknya, tidak ada Launcher untuk iPhone. Akan tetapi Microsoft memungkinkan pengguna untuk melanjutkan pekerjaannya melalui browser Edge atau fitur Continue on PC. Fitur ini memang lebih terbatas dibandingkan yang ada di Android, akan tetapi tetap membantu kamu untuk merasakan pengalaman pengguna yang lancar dan berkelanjutan baik di PC maupun mobile.

Pengguna Windows 10 April 2018 Update juga mungkin menyadari adanya fitur baru di Settings, yaitu Your Phone. Fitur ini nantinya akan memungkinkan kamu untuk berbalas pesan, menanggapi notifikasi, dan berbagai foto dari ponsel ke PC dengan mulus. Fitur ini masih belum sepenuhnya berfungsi, akan tetapi prospeknya sangat cerah dalam menjadikan alur kerja kita tidak terputus baik dalam posisi menggunakan perangkat mobile ataupun PC.

 

 

Sumber: BGR

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.