Kabar gembira untuk kamu yang menggunakan perangkat Surface Pro 3 dan Surface Pro 4, Microsoft baru saja mengumumkan rilis driver yang akan menghadirkan fitur baru guna membantu perangkat lawas milikmu lebih produktif!

Fitur ini disebut Battery Limit for Surface. Manfaat fitur ini adalah dalam skenario saat perangkat Surface kamu berada dalam posisi docking atau ditancapkan pada charger seharian. Battery Limit akan membatasi total charging hingga 50%. Ini akan memudahkan baterai untuk mengelola dan menahan charging saat terhubung dengan charger untuk periode waktu lama.

Fitur ini akan diintegrasikan ke dalam Kiosk yang bisa diakses saat melakukan booting. Fitur ini sebelumnya sudah dimiliki oleh Surface Pro 5 dan tentu saja Surface Pro 6 yang paling baru. Nampaknya Microsoft ingin agar pengguna perangkat Surface lebih lama juga ikut merasakan fitur tersebut. Jadi, jika kamu memiliki perangkat Surface Pro 3 atau Surface Pro 4, maka kamu tinggal download driver untuk mengaktifkan fitur ini.

Caranya:

Restart perangkat kamu setelah menginstal driver ini.

Cara mengaktifkannya, booting perangkat Surface Pro 3 atau Surface Pro 4 kamu ke Surface UEFI dengan cara menekan dan menahan tombol Power + Volume Up sampai perangkat kamu menyala. Setelah tulisan Surface keluar di layar dan berkedip satu kali, lepaskan tombol tersebut. Kamu akan dibawa masuk ke boot configuration. Untuk Surface Pro 3, tampilannya akan seperti ini:

Pilih Kiosk Mode, lalu Enable Battery Limit.

Untuk Surface Pro 4, maka masuk ke Advanced Options, lalu alihkan Enable Battery Limit Mode ke On.

Dengan fitur ini, maka kamu bisa menancapkan Surface Pro 3 atau Surface Pro 4 kamu sepanjang jam kerja tanpa khawatir terjadinya kerusakan baterai dalam jangka waktu pemakaian yang panjang.

Tentunya ini sangat membantu untuk pengguna Surface Pro 3 atau Surface Pro 4 yang menjadikan perangkatnya sebagai perangkat utama dalam aktivitas sehari-hari, termasuk aktivitas komputasi yang berat.

Sudah menggunakan fitur ini? Ceritakan kesan-kesan kamu di kolom komentar!

 

Sumber: MSPoweruser

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.