Setelah menghadirkan update paling tepat waktu sepanjang sejarah 2 Oktober yang lalu, Windows 10 October 2018 Update mengalami masalah yang menakutkan pengguna karena adanya bug fitur Storage Sense yang secara otomatis menghapus file-file simpanan pengguna di perangkat. Akibat hal ini, Microsoft terpaksa menarik Update besar kedua di tahun 2018 ini. Setelah beberapa hari menanti, Microsoft akhirnya menemukan penyebab bug tersebut dan menjelaskannya kepada publik.

John Cable dari Microsoft menjelaskan dalam sebuah postingan di Windows Blog bahwa permasalahannya terletak dalam fitur yang disebut Known Folder Direction. Fitur ini memungkinkan kamu memindahkan folder yang diketahui, seperti C:\Users\Name\Downloads, ke D:\Downloads misalnya. Folder lain yang bisa dipindahkan dalam kasus ini contohnya Desktop, Documents, Pictures, dan Videos.

Setelah April 2018 Update, beberapa orang yang menggunakan fitur ini melaporkan adanya duplikat kosong tambahan dari folder asli. Misalnya, duplikat kosong dari C:\Users\Name\Downloads muncul. Sehingga untuk mengatasi masalah ini, Microsoft memperkenalkan kode yang akan menghapus folder kosong yang lama ini.

Masalah yang timbul dari skema ini: Kode tersebut menghapus folder tersebut, bahkan meskipun tidak kosong. Jadi, jika kamu memindahkan folder download milik kamu ke D: tapi masih memiliki C:\Users\Name\Downloads dengan file di dalamnya, maka Windows 10 October 2018 Update akan menghapus folder asli dan file di dalamnya.

Microsoft kini telah memperbaiki masalah ini, dan Windows 10 October 2018 Update telah berhenti menghapus folder lama yang penuh berisi file. Agak mengejutkan mengapa hal ini tidak ditemukan Microsoft sebelum meluncurkan update mengingat proses ‘penggodokan’ yang cukup panjang di Windows Insider. Seharusnya masalah sederhana seperti ini sudah ditemukan sejak awal.

Sebagai solusi, Microsoft juga membuka layanan Support khusus untuk menjelaskan mengenai permasalahan update terbaru ini, sekaligus juga memberikan tips jika ingin mencoba melakukan recovery file yang sudah terhapus. Sayangnya layanan ini sepertinya tidak tersedia di Indonesia, karena nomor yang diberikan adalah nomor di AS.

Dari pengalaman saya sendiri, pagi ini laptop saya yang belum mendapatkan update sudah bisa kembali mengunduh Windows 10 October 2018 Update, pertanda Microsoft sudah membuka kembali jalur update via OTA. Akan saya kabarkan kembali jika masih terjadi masalah terkait dengan hal ini.

 

UPDATE

Banyak pertanyaan dari teman-teman mengenai apakah Cumulative Update yang baru dirilis Microsoft sudah memperbaiki masalah ini. Setelah membaca ulang postingan-postingan di Windows Blog, saya menyimpulkan bahwa: Ya. Microsoft sudah memperbaiki masalah ini. Jika teman-teman terlanjur menginstal Build 1809 (October 2018 Update), maka disarankan untuk menginstal Cumulative Update dengan file KB 4464330. Ini akan memperbaiki masalah bug yang menghapus file-file lama di perangkat kamu. Sedangkan jika kamu belum men-download October 2018 Update, maka Microsoft sudah mengumumkan bahwa Windows 10 October 2018 Update sudah aman untuk diunduh, dalam artian tidak lagi memiliki bug yang menghapus file kamu. Selengkapnya bisa dibaca di sumber ini.

 

Sumber: HowtoGeek

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.