Surface Mobile Tidak akan Seperti Smartphone Saat Ini!

Panos Panay, Chief Product Officer yang umum dikenal sebagai kepala divisi Surface, menebar ‘godaan’ melalui akun twitternya.

Ini mendorong orang-orang untuk menambahkan poin baru pada catatan tentang perangkat Surface baru yang akan rilis dengan OS Windows 10 Andromeda: Layarnya dibuatkan oleh LG. Bukan sembarang layar karena ini berarti layar yang dapat dilipat sesuai spesifikasi yang telah dipatenkan oleh Microsoft. LG bukan pemain baru dalam hal ini. Mereka sempat membuat perangkat unik dengan layar melengkung (LG G Flex) dan juga prototype layar lipat.

TheVerge juga mengonfirmasi hal tersebut dengan merujuk pada sebuah bocoran dokumen internal yang mereka dapatkan bahwa perangkat yang akan dirilis Microsoft ini adalah lini Surface ‘yang dapat masuk ke dalam saku’. Para penggemar Windows 10 Mobile sejak dulu antusias terhadap perangkat yang dimitoskan sebagai ‘Surface Phone’ ini.

Microsoft sendiri menggambarkan bahwa Andromeda merupakan sebuah proyek yang dikembangkan secara internal dan akan menciptakan sebuah kategori perangkat baru yang akan memengaruhi keseluruhan roadmap Surface serta mengaburkan batasan-batasan antara ponsel dan laptop. Form factor perangkat Surface ukuran saku ini menghadirkan teknologi hardware baru yang inovatif dan pengalaman perangkat lunak yang akan menciptakan pengalaman komputasi yang sangat pribadi dan luwes.

Perangkat Andromeda yang selama ini dirumorkan tersebut masih dikembangkan dengan tingkat kerahasiaan tinggi di dalam laboratorium Microsoft dengan bagian layar lipat yang dapat menjembatani gap antara engsel saat dibuka sepenuhnya. Jika kamu kesulitan membayangkannya, kemungkinan ada kemiripan dengan konsep 3D yang dibuat oleh David Breyer berikut:

Beberapa rilisan software terbaru dari Microsoft juga menunjukkan adanya perubahan dalam gaya input stylus, yang kemungkinan dilakukan Microsoft untuk menyesuaikan teknologi stylus pada Andromeda. Salah satu fungsi yang memungkinkan adalah menjadikan perangkat terlipat seperti buku dan pen yang disertakan nantinya akan dapat digunakan seperti halnya buku catatan kertas yang kita kenal selama ini. Perangkat prototype yang telah dibuat Microsoft menyertakan stylus dan aplikasi mirip notepad yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman baru dalam membuat catatan. Bahkan teknologi stylus baru ini, menurut bocoran yang dikumpulkan beberapa blog teknologi, akan menjadi kunci pengalaman penggunaan bagi perangkat tersebut. Microsoft juga saat ini bereksperimen dengan processor ARM di dalam perangkat Andromeda, namun belum jelas apakah perusahaan ini akan memilih Intel atau Qualcomm untuk perangkat finalnya.

Microsoft memandang perangkat Andromeda ini sebagai tanggapan unik atas kegagalannya dengan Windows Phone. Jika benar perangkat ini nantinya dapat berfungsi mulus sebagai ponsel maupun laptop, maka jelas memang ini akan menciptakan sebuah kategori baru sebagaimana yang pernah dijanjikan oleh Microsoft. Teknologi yang sekarang nampaknya benar-benar memungkinkan hal itu terjadi. Antara lain: Processor yang bisa menjalankan laptop seharian penuh dan memfasilitasi UI perangkat lipat, layar yang dapat dilipat, serta teknologi stylus yang semakin mulus untuk menulis di atas perangkat mobile. Meskipun demikian, seperti halnya pengalaman selama ini, kita tidak boleh terkejut jika mendadak Microsoft membatalkan konsep ini sebagaimana yang kita rasakan pada produk-produk sebelumnya. Duh.

 

 

Sumber: TheVerge, Allaboutwindowsphone

  iPhone Refurbished, Rekondisi, CPO..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.