Beberapa waktu lalu Microsoft merilis sebuah extensi Raw Image di Microsoft Store, Tidak seperti gambar JPEG atau PNG, file gambar RAW berisi data yang diproses secara minimal, ditangkap oleh sensor gambar perangkat yang digunakan.

Microsoft Merilis Ekstensi Raw Image Untuk Windows 10

Di Windows 7 atau yang lebih lama, pengguna diharuskan mengunduh Camera Codec Pack untuk melihat thumbnail format file gambar RAW dan informasi gambar di Explorer. Codex ini sudah Pre-Installed pada perangkat Windows 10 tetapi tidak cukup untuk mengakses semua format gambar RAW.

Dan baru-baru ini, Microsoft menerbitkan ‘Raw Image Extension’ di Windows Store dan menambahkan dukungan tampilan asli untuk gambar berformat RAW.

By installing the package, you will be able to view thumbnails and metadata of supported raw file formats right in Windows File Explorer or view images in the Photos app” Kata Microsoft.  Microsoft juga mengatakan bahwa ekstensi ini harusnya juga dapat memecahkan kode dan mengekstrak metadata EXIF ​​dari format file gambar RAW.

Namun, perlu dicatat bahwa beberapa format Raw seperti CR3 dan GPR saat ini belum didukung. Dan sayangnya, beberapa gambar format DNG Adobe mungkin juga gagal diluncurkan pada Windows 10.

Dukungan untuk lebih banyak perangkat dan format Raw akan ditambahkan ke Windows 10 dalam perilisan mendatang. Pada titik ini, Microsoft belum mengonfirmasi ketika Microsoft berencana untuk menambahkan dukungan untuk format tambahan tetapi kemungkinan hal ini akan segera terealisasi.

Tertarik Menginstal Raw Image Extension ? Download di Halaman Ini

Via : WindowsLatest

 

 

  RIP Windows Phone  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.