Makin banyak anak dan remaja kecanduan gadget menjadikan orangtua sangat khawatir mengenai dampak negatif gadget online terhadap anak-anaknya. Ini menjadikan orangtua kemudian berupaya untuk membatasi waktu penggunaan gadget anak-anak mereka. Dalam konsepsi umum, media sosial juga sangat berbahaya. Pikiran anak-anak yang masih muda rentan untuk kecanduan aplikasim game mobile, dan banyak lagi hal yang menggunakan smartphone. Namun seorang peneliti dari Inggris memberikan saran agar kita tidak terlalu khawatir akan hal tersebut.

Penelitian baru yang diterbitkan oleh Royal College of Pediatrics and Child Health, menurut berita CNN, mengatakan bahwa hampir mustahil untuk dapat menerapkan batas waktu yang layak bagi anak-anak. Disarankan agar berfokus saja pada hal yang penting, seperti misalnya meminta anak-anak menjauhi layar gadget satu jam sebelum jam tidur untuk membantu mereka tidur lebih baik. Ringkasan penelitian mungkin akan mengejutkan bagi banyak orangtua. “Tidak ada bukti yang kuat untuk mengonfirmasi bahwa waktu penggunaan gadget itu sendiri ‘berbahaya’ untuk kesehatan anak dari rentang usia berapa pun, sehingga hampir tidak mungkin untuk menyarankan batas waktu sesuai dengan usia anak.”

Menurut Dr. Max Davie, salah seorang peneliti, orangtua hanya perlu ‘menjadi orangtua’ dan memahami apa yang terbaik bagi anak-anaknya dan bukannya memberlakukan peraturan secara kaku. Penelitian juga menyarankan agar orangtua melakukan pendekatan pembatasan penggunaan gadget sesuai dengan penggunaan anak menurut usianya. Misalnya, untuk bersosialisasi dengan teman, membantu belajar, atau mendukung aktivitas olahraga. Jika penggunaan gadget malah menjauhkan anak dari ketiga hal tersebut maka itulah saat yang tepat untuk khawatir pada risiko penggunaan gadget ini.

Hasil penelitian juga menyertakan serangkaian pertanyaan yang nantinya akan menjadikan orangtua dapat menilai lebih baik jumlah waktu penggunaan gadget yang bermanfaat sesuai dengan tumbuh kembang dan kebutuhan anak-anaknya. Contoh pertanyaan ini adalah: Apakah keluarga memberlakukan kontrol terhadap waktu penggunaan? Apakah penggunaan gadget mengganggu acara keluarga? Apakah penggunaan gadget mengganggu tidur?

Dalam bagian lain penelitian, Dr. Davie mengungkap, “Dalam kaitannya dengan waktu penggunaan gadget, penting untuk mendorong orangtua melakukan hal yang tepat sesuai dengan kondisi keluarga. Ini memang merupakan area abu-abu dan orangtua menginginkan dukungan. Inilah yang kami coba lakukan dengan panduan ini. Kami menyarankan batasan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan, dinegosiasikan antara anak dan orangtua, serta dapat diterima dan dipahami oleh seluruh keluarga. Jika batasan ini tidak dihargai, maka waktunya untuk memberlakukan konsekuensi atau sanksi. Penting juga bagi orangtua untuk tidak hanya melarang, tapi juga memberikan contoh, mengenai bagaimana seharusnya penggunaan gadget yang tidak sampai mengganggu kehidupan.”

 

 

Sumber: BGR

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.