Belum lama ini Microsoft meluncurkan Cumulative Update yang berisi beberapa security update, dan dalam update tersebut salah satunya berisi peningkatan keamanan untuk Microsoft Office products.

Namun tidak lama setelah itu, dalam halaman support Microsoft menjelaskan bahwa salah satu patch bisa merusak type tertentu dari Visual Basic For Aplications (VBA) References.

Singkatnya, bagi pengguna yang sudah mendapatkan patch tuesday kemarin, dan mereka yang terkena masalah, akan mendapati sebuah error dengan pesan “Compile error: Can’t find project or library.”, error ini akan terjadi saat pengguna bekerja dengan jenis file berikut : executable files (.exe), ActiveX controls (.ocx), and typelibs (.olb, .tlb, and .dll).

Hal tersebut karena setelah selesai menginstal update, Visual Basic for Applications (VBA) references diblok dan kamu selanjutnya akan mendapatkan pesan kesalahan diatas.

“When you install one of the Microsoft Office security updates that are listed in Microsoft Common Vulnerabilities and Exposures CVE-2020-0760, you might notice that some types of Visual Basic for Applications (VBA) references are blocked, and you receive an error message,” Terkait masalah ini Microsoft berkata.

Untuk mengatasi masalah ini, pengguna harus mengganti libraries yang diblokir dengan local libraries, dan berikut adalah langkahnya.

  • Internet VBA object libraries: We recommend that you block these because they are vulnerable.
  • Intranet VBA object libraries: You can enable these through a GPO setting, as shown in the following image. The setting is located under User Configuration > Administrative Templates > Microsoft Office 2016 > Security Settings.”

Namun meskipun Microsoft memperingatkan masalah ini, sampai artikel ini ditulis belum ada pengguna yang melaporkan adanya masalah, baik itu di Microsoft Forum, Reddit dan lainnya, sehingga masalah ini tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Baca Juga : Microsoft Rilis Update KB4549951 Untuk Windows 10 1903 & 1909

Nah bagaimana menurutmu mengenai hal ini? apa kamu merasa ada masalah dengan Windows 10 kamu setelah selesai melakukan update kemarin? share dibawah guys.

Via : Microsoft, News Softpedia

  Gimbal HP Murah Ini Stabil Banget! Review Feiyutech Vlog Pocket 2  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.