Perilisan Windows 10 Spring Creators Update — atau yang mungkin juga bakal disebut sebagai Windows 10 April 2018 Update — harus mundur karena adanya bug yang ditemukan di menit-menit terakhir sebelum perilisannya. Dalam beberapa kasus bug ini bisa menyebabkan masalah yang lebih kompleks dan berujung pada BSOD. (Baca: Kenapa Perilisan Windows 10 Spring Creators Update Diundur?)

Tetapi mundurnya perilisan update mayor Windows 10 ke publik bukan menjadi alasan bagi Microsoft untuk terus mengembangkan Windows 10 “Redstone 5”.

Hari ini Microsoft baru saja merilis Windows 10 “Redstone 5” Build 17650 ke Insider Fast Ring Skip Ahead. Lalu apa saja yang baru didalamnya?

Tampilan Baru Windows Defender Security Center

Microsoft Rilis Windows 10 “Redstone 5” Build 17650, Apa yang Baru?

Windows Defender Security Center kini dirombak tampilannya dengan sentuhan Fluent Design System. Kamu bisa liat kesan blur dan transparan ala Fluent Design System, serta title bar yang warnanya akan menyesuaikan dengan pengaturan warna di Color Settings jika fitur Sets kamu aktifkan.

Windows Defender Firewall Support Windows Subsystem for Linux (WSL)

Kini kamu bisa menambahkan rule firewall untuk proses yang berjalan di Windows Subsystem for Linux (WSL) — seperti layaknya saat menambahkan untuk proses yang berjalan di Windows.

Peningkatan dan Perbaikan Lain

Selain dua hal baru tersebut, ada juga beberapa peningkatan dan perbaikan lainnya seperti perbaikan bug di ribbon File Explorer, Windows Defender Security Center, hingga bug crash di Settings saat mengatur default app.

Berbagai Permasalahan yang Ada

Tetapi selain fitur baru, Windows 10 Insider Preview tentu masih memiliki banyak bug dan permasalahan. Build ini juga tidak terkecuali. Ada beberapa permasalahan seperti crash di Movies & TV, menutup satu tab bisa meminimize semua set aplikasi, hingga masalah di tombol navigasi Microsoft Edge.

Untuk itu bagi kamu pengguna umum, sebaiknya tidak menginstall Windows 10 “Redstone 5“ insider ini. Namun jika kamu adalah Member Insider Fast Ring Skip Ahead, silakan install langsung melalui Windows Update.

  Ada Apa di Apple WWDC 2018..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.