Thomson Reuters baru ini merilis daftar 100 perusahaan teknologi paling terdepan dalam Top 100 Global Technology Leaders. Posisi pemimpin dalam industri teknologi ini bukanlah disandang Google ataupun Apple.

Gelar pemimpin dalam teknologi ini adalah Microsoft. Raksasa software dunia ini menduduki peringkat pertama dalam daftar ini.

Pada posisi ke-dua dan ketiga juga belum ditempati Apple ataupun Google. Di tempat kedua ada raksasa semikonduktor, Intel. Pada tempat ketiga ditempati Cisco, dan keempat oleh IBM.

Barulah di peringkat lima ditempati oleh produsen iPhone dan Mac, Apple. Sedangkan di peringkat kelima ditempati oleh induk Google, Alphabet.

Berikut ranking 10 besar dalam Top 100 Global Technology Leaders Thomson Reuters:

  1. Microsoft
  2. Intel
  3. Cisco
  4. IBM
  5. Alphabet
  6. Apple
  7. Taiwan Semiconductor Manufacturing (TSMC)
  8. SAP
  9. Texas Instruments
  10. Accenture

Sisanya yakni 90 perusahaan, tidak diberikan ranking oleh Thomson Reuters. Namun dari 100 perusahaan yang memimpin dunia teknologi ini, ada raksasa e-commerce Amazon, Nokia, Samsung, Qualcomm, hingga Facebook.

Dalam menentukan perusahaan yang masuk dalam daftar ini, Thomson Reuters menggunakan algoritma 28 faktor yang mengukur dalam delapan tolak ukur, yakni keuangan, kepercayaan manajemen dan investor, risiko dan ketahanan, kepatuhan hukum, inovasi, tanggung jawab sosial, dampak linkungan, dan reputasi.

Selain itu penilaian ini akan melacak penggunaan paten dalam inovasi teknologi, serta sentimen perusahaan dalam berita atau akun sosial media mereka. Tak hanya itu, perusahaan yang masuk di daftar ini setidaknya memiliki pendapatan tahunan sebesar USD 1 miliar.

Microsoft yang menjadi jawara ini membuktikan bahwa raksasa yang dikomandoi Satya Nadella masih menunjukan eksistensi dan inovasi dibidang teknologi.

via Reuters

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.