via The Verge

End-to-End encrypted chat conversation seakan menjadi standar baru dalam instant messaging. WhatsApp, Messenger, dan Telegram adalah beberapa aplikasi obrolan populer yang sudah menggunakan fitur ini. Microsoft sepertinya tidak mau kalah dalam hal ini, dan dikabarkan mulai menguji fitur perlindungan keamanan untuk percakapan lebih pribadi tersebut di Skype. Sebetulnya agak mengejutkan bahwa Skype belum memiliki fitur ini karena aplikasi VoIP dan chat ini sangat populer di kalangan enterprise.

Microsoft dikabarkan menggunakan Signal Protocol dari Open Whisper System untuk mengamankan percakapan, dan akan diwujudkan dalam sebuah fitur baru di Skype yang disebut Private Conversation. Dalam posting blog hari ini, dinyatakan bahwa fitur ini akan tersedia bagi pengguna yang menjalankan Skype Insider build 8.13.76.8 di Windows, Mac, Linux, Android, atau iOS. Dalam percobaan ini, pengguna hanya dapat melakukan obrolan pribadi dengan pengguna lain yang menggunakan build insider serupa. Enkripsi yang diberikan mencakup chat, file, dan pesan audio – Tapi tidak untuk telepon audio atau video.

Skype sebenarnya telah memberikan enkripsi yang melindungi komunikasi dalam salurannya. Akan tetapi, dikatakan bahwa end-to-end encryption akan lebih aman melakukan hal ini. Ini berarti bahwa konten pesan hanya dapat dibaca oleh pengirim dan penerima, tidak akan diunggah ke server milik Microsoft, sehingga tidak akan ada ruang bagi Microsoft sendiri untuk membaca obrolan tersebut.

Jika Windows telah membawa fitur ini ke build Skype utamanya, maka Skype akan berada pada tingkatan yang sama seperti Facebook Messenger, iMessage milik Apple, dan WhatsApp yang sudah menawarkan enkripsi ini.

Sebagai pengguna Skype di aktivitas sehari-hari, saya cukup bersemangat untuk mendapatkan fitur ini meskipun terus terang mungkin ini tidak begitu memberikan nilai tambah pada aktivitas harian saya. Hanya saja, jika lebih baik, mengapa tidak?

Bagaimana pendapatmu tentang proyek private conversation di Skype? Tuangkan pendapatmu di kolom komentar!

 

Sumber: The Verge

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.