Microsoft baru saja mengumumkan bahwa mereka akan mengistirahatkan OWA untuk iPhone, iPad, dan Android, yang efektif berlaku mulai 15 Mei 2018 mendatang. Jika kamu belum familiar dengan istilah OWA, ini adalah singkatan dari Outlook Web App, yang mana merupakan pengalaman menggunakan Outlook tapi mirip dengan membuka Web Outlook (bukan aplikasi Outlook biasa).

Selama ini, sistem OWA berjalan dengan sangat lancar dan memiliki penggemar tersendiri di kalangan pengguna iOS dan Android. Pengguna pun memiliki alternatif dan tidak harus mendownload aplikasi Outlook untuk platform tersebut, karena bagaimanapun membuka web memiliki beberapa fitur unggulan tersendiri. Namun demikian, Microsoft mengambil keputusan untuk menyelaraskan portofolio selulernya. Microsoft ingin berfokus pada pengembangan aplikasi native di masing-masing platform alih-alih aplikasi OWA.

Seiring dengan upaya untuk memensiunkan OWA ini, Microsoft mengungkap tahapan prosedur sebagai berikut.

  • April 2018, OWA untuk iPhone, iPad, dan Android tidak akan lagi tersedia untuk diunduh dari iTunes dan Google Play Store
  • Di bulan April ini juga, pengguna aplikasi seluler OWA akan melihat pesan yang memberitahukan tanggal aplikasi ini akan ‘pensiun’, dengan tautan untuk mengunduh Outlook bagi iOS dan Android
  • 15 Mei 2018, aplikasi seluler OWA akan berhenti bekerja.

Sebenarnya ada beberapa fitur yang disukai pengguna dari OWA, seperti mailbox yang dapat digunakan bersama, namun ini tidak ditemukan di versi aplikasi Outlook. Microsoft berencana untuk menghadirkan fitur ini pada akhir 2018. Sementara itu, pengguna dapat mengakses web Outlook jika menginginkannya, tapi melalui browser seluler.

Meskipun ada beberapa keluhan, ini sepertinya sebuah langkah yang masuk akal bagi Microsoft untuk meningkatkan fokusnya pada pengembangan aplikasi Outlook di berbagai platform.

 

Sumber: MSPoweruser

  Review MIUI 10 Final  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.