Winpoin sebelumnya memberitakan bahwa Microsoft memblokir semua update keamanan Windows 7, kecuali jika kamu memiliki antivirus. Kebijakan ini diberlakukan terkait dengan adanya update untuk mengatasi Meltdown dan Spectre. Microsoft ingin mencegah tidak stabilnya sistem akibat aktivasi patch keamanan dalam update yang diberikannya. Namun kini nampaknya Microsoft tidak lagi menghentikan kamu untuk mendapatkan update, meskipun kamu tidak menggunakan antivirus.

Microsoft nampaknya telah berhasil memperbaiki penyebab ketidakstabilan jika kamu menginstal update yang ditujukan mengatasi bug Meltdown dan Spectre. Oleh karena itu, kini pengguna sudah dapat menginstal update tersebut, meskipun tidak memiliki antivirus.

Secara teknis dapat dijelaskan seperti ini. Untuk mengatasi kerentanan yang disebabkan Meltdown dan Spectre, Windows 7 mewajibkan adanya “registry key” tertentu untuk menyaring software yang tidak kompatibel dengan patch Meltdown dan Spectre. Antivirus yang belum memperbarui database dan programnya, akan secara otomatis menolak update dari Microsoft (karena jika tidak demikian, akan menyebabkan ketidakstabilan sistem). Dengan demikian, perusahaan antivirus wajib memperbarui programnya dan kemudian mendaftarkan registry yang tepat. Microsoft sudah berhasil mengatasi ketidakstabilan sistem yang timbul, sehingga kemudian akhirnya menghapus ‘persyaratan’ untuk mendaftarkan registry agar komputer dikenali untuk dapat menerima antivirus tersebut.

Apakah kamu masih memiliki mesin dengan OS Windows 7 yang belum mendapatkan update? Tentu saja ini adalah kabar gembira buat kamu. Apakah ada masalah lain yang kamu dapati setelah update? Bagikan pengalaman kamu di kolom komentar!

 

Sumber: HowtoGeek

  Akhir dari Notch di Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.