Menurut laporan dari lembaga konsumen tepercaya, Gartner, secara umum penjualan PC berbasis Windows memang stagnan pada kuartal ini. Tapi itu lebih baik karena penjualan Macbook malah mengalami penurunan. Hal yang mengejutkan lain adalah, untuk pertama kalinya, Microsoft berhasil masuk ke dalam lima besar ‘penjual’ PC di AS dengan mengakuisisi 4% pangsa pasar!

Penjual PC terbesar di AS masih tetap raksasa dari Tiongkok, Lenovo, yang berhasil berada di puncak daftar dengan 23% pangsa pasar penjualan PC.

Keberhasilan Microsoft masuk ke posisi lima besar ini tak lepas dari moncernya perangkat Surface akhir-akhir ini. Lini tahun lalu, Surface Book 2, Surface Laptop, dan Surface Pro 5 minim keluhan dari konsumen yang nampaknya ikut mendongkrak kepercayaan masyarakat terhadap Microsoft. Dengan beradanya Microsoft di posisi 5, tak dapat dihindarkan lagi bahwa Acer yang sebelumnya berada di lima besar terdepak dari daftar. Gartner juga mengungkap bahwa pengiriman PC mengalami peningkatan tipis sebesar 0,1% di kuartal ketiga 2018. IDC sebaliknya mengklaim bahwa ada penurunan 0,9% dalam pengiriman PC. Pendapat yang berbeda ini kemungkinan karena perbedaan sistem perhitungan kedua lembaga konsumen tersebut.

Jika ingin mempertahankan posisinya di nomor lima, atau bahkan mungkin meningkatkannya, Microsoft masih harus mengerjakan banyak PR. Konsumen mulai menyuarakan ketidakpuasan karena lini Surface Pro 6 dan Surface Laptop 2 tidak menggunakan port masa depan, USB-C. Hal ini dikhawatirkan akan memicu penurunan minat terhadap produk-produk Microsoft. Meskipun demikian, keberhasilan ini untuk sementara bisa menjadi justifikasi bagi Microsoft untuk tetap serius di pasar hardware mengingat CEO Microsoft saat ini lebih suka mengais keuntungan dari pasar Cloud dan Enterprise.

 

Sumber: MSPoweruser

  Path Resmi Ditutup, RIP!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.