Pada acara Build Developer conference kemarin, Microsoft memamerkan proyek yang menunjukkan peningkatan pada fitur kolaboratif Microsoft Word. Meskipun terkesan sedikit terlambat, karena Google Docs sudah lama memanfaatkan sistem semacam ini, namun jika proyek ini sudah dirilis, maka kamu akan bisa memanfaatkan Microsoft Word online untuk kolaborasi menulis dokumen seperti halnya Google Docs!

Proyek ini dirilis bagi developer sejak tahun lalu dan disebut sebagai Fluid Flamework. Kehebatannya adalah, ini menjadikan beberapa orang bisa menulis secara bersamaan di MS Word yang memanfaatkan kemampuan cloud, bahkan bisa juga dicampur antara pengguna keyboard dengan pengguna tulisan tangan. Sudah lama Microsoft memungkinkan Office untuk bisa ditulis tangan menggunakan stylus atau Microsoft Pen. Dengan proyek ini, maka pengguna stylus bisa menulis bersamaan dengan mereka yang mengetik menggunakan keyboard. Bahkan proyek ini juga bisa melibatkan seorang editor yang memperbaiki tulisan secara real time. Pemanfaatannya bisa tanpa batas. Kamu bisa menggunakan fitur ini untuk menerjemahkan sebuah dokumen secara langsung dengan bantuan seorang teman yang berada di tempat lain, atau juga memperbaiki tata bahasa tulisan seseorang langsung dari jauh.

Fluid juga akan menautkan informasi antar dokumen. Misalnya, jika kamu menyisipkan sheet Excel ke dalam dokumen, saat kamu melakukan update pada file asalnya, maka secara otomatis file Word juga akan mendapatkan data Excel terbaru.

Kapan Microsoft akan memulai implementasi sistem ini ke dalam Microsoft Word? Masih belum ada jadwal rilis spesifik yang diterbitkan oleh Microsoft. Namun, jika sistem ini dirilis, maka kemungkinan Microsoft akan menjadi peasing kuat Google Docs yang saat ini menjadi raja karena kemapanannya dalam implementasi fitur tersebut.

Apakah kamu antusias dengan fitur ini? Tuangkan pendapat kamu di kolom komentar.

 

Sumber: Quartz

  Huawei DILARANG Pake Android..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.