Saat ini, Cortana memang masih menjadi voice virtual assistant bawaan perangkat Windows 10. Namun di tangan CEO Microsoft Satya Nadella, sepertinya tidak ada yang tidak mungkin dalam hal ‘mencabut’ produk-produk Microsoft jika diperlukan. Apalagi saat ini, Alexa, yang sejak tahun lalu sudah bisa digunakan lewat metode menekan tombol, kini bisa memanfaatkan suara!

Kamu bisa download aplikasi Alexa di Microsoft Store, lalu kemudian memilih cara untuk ‘membangunkan’-nya, baik melalui tombol (push-to-talk) atau dengan suara kamu.

Memperhatikan tren kekhawatiran pengguna terhadap privasi akhir-akhir ini, Alexa juga memiliki nilai plus, yaitu kamu bisa mematikan atau mengalihkannya ke Push-to-talk untuk menghindari Alexa mendengarkan percakapan kamu. Perlu diperhatikan bahwa saat aktif, Alexa akan menguras lebih banyak daya di laptop kamu, jadi mungkin penggunaan baterai laptop kamu akan lebih boros.

Jika dibandingkan, memang Cortana masih terasa jauh lebih relevan pemanfaatannya di PC Windows 10, karena memang asisten suara ini sudah lama terintegrasi dengan Windows 10 dan memiliki lebih banyak fitur. Namun Alexa kemungkinan besar akan belajar dan bisa jadi nantinya memiliki lebih banyak penggemar jika Microsoft tidak meningkatkan kemampuan Cortana.

Microsoft sendiri sepertinya membuka peluang bagi Alexa untuk melakukan itu. Oktober 2018 lalu, Microsoft menghadirkan Alexa untuk mendukung XBox One, dan sebulan sesudahnya, Alexa hadir untuk pengguna PC Windows 10.

Namun Nadella membantah statemen yang mengatakan bahwa Alexa akan menggantikan Cortana. Nadella menjelaskan bahwa Cortana sejak awal memang tidak akan bersaing dengan Alexa, Siri, atau Google Assistant, tapi memiliki potensi untuk melengkapi kinerja asisten virtual lainnya. “Anda nantinya akan dapat menggunakan Cortana di Google Assistant, juga menggunakannya di Alexa, seperti halnya saat ini kita semua bisa menggunakan Cortana di iOS dan Android.”

Apakah nantinya Cortana benar-benar akan menjadi sesuatu yang dipertahankan Microsoft, dan bahkan akan menjadi fitur unggulan? Kita akan menunggu gebrakan Microsoft terkait Cortana selanjutnya.

 

Sumber: BGR

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.