Home News Sebuah Monster PC Perlihatkan Bagaimana Bermain Game dengan Resolusi 16K!

Sebuah Monster PC Perlihatkan Bagaimana Bermain Game dengan Resolusi 16K!

Linus 16KSaat ini bermain game dengan resolusi “4K mentok kanan” merupakan sebuah surga ketika menikmati sebuah game. Detail dari tekstur background dan karakternya sudah terasa sangat indah dan memanjakan mata. Tapi, apakah resolusi 4K adalah puncaknya? Hoho, belum tentu. Linus, (Si Linus yang kemarin bikin server sendiri di rumahnya dengan penyimpanan 1 petabyte), membuat sebuah Gaming PC yang mampu menjalankan game di 16K! Ya, resolusi 15360×8640 atau setara 132 juta pixel!

Pembuatan PC ini menghabiskan dana hingga $12000 atau sekitar 160 juta rupiah. Belum termasuk software dan listrik 1100 watt. Berikut Spesifikasi dan videonya:

  • 16 4K G-Sync Acer Monitor
  • 4 Nvidia Quadro P5000 Graphics Cards
  • ASUS Rampage 5 Edition Motherboard
  • Intel Core i7 6900K CPU
  • 32GB of Corsair DDR4X RAM
  • Nvidia Quadro-Sync 2 card

Lantas hasilnya? Tenang, tidak akan membuatmu terkejut atau sampai jungkir balik ke belakang kok, seperti yang diperkirakan, PC ini cukup kesulitan untuk menjalankan OS maupun game. Resolusi yang sangat tinggi terasa sangat berat meskipun sudah memakai spesifikasi monster.

Setelah melakukan berbagai optimasi, akhirnya PC ini mampu menjalankan Minecraft dan Half-Life 2 pada sekitaran 40-50 FPS. Game Civilization V bisa berjalan pada 20 FPS dengan setting paling low, atau mentok kiri semua. Namun game yang lumayan berat seperti Rise of Tomb Rider tak bisa dimainkan karena hanya bisa berjalan 1 FPS saja. Sepertinya kita harus menunggu beberapa tahun lagi hingga sebuah PC bisa bermain dengan resolusi 16K. Entah VGA dan CPU seperti apa yang bisa menjalankan game AAA di resolusi tersebut.

Linus 16K 2

Hmm.. Bermain game di 16K, gila sekali bukan? Saya bisa bermain Overwatch stabil 30 FPS di 720p saja sudah syukur-syukur. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sudah merasakan nikmatnya game 4K dan berharap ingin lebih jauh lagi? Atau ada yang senasib dengan saya? Bagikan pendapat dan ceritamu disini yak! :)

sumber: YouTube LTT

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Author dan Illustrator yang mencintai teknologi.