Mozilla Firefox, salah satu dari sekian banyaknya Browser yang sudah ada sejak lama, dan untuk saat ini Firefox masih terbilang cukup populer meski sudah banyak yang menggunakan chrome sebagai default browsernya.

Firefox 64 Membawa Peningkatan Tab Management, dan Native Sharing di Windows 10

Ada kabar baru bagi kamu pengguna Mozilla Firefox, kedepannya firefox akan membawa sebuah perubahan baru yang sudah ada dibrowser lain, yaitu Firefox akan memblokir extensi dalam private mode, sama halnya dengan Chrome dan Edge yang tidak mengijinkan ekstensi apapun aktif kecuali user mengaktifkannya secara otomatis via setting.

Mozilla Firefox Akan Mulai Memblokir Ekstensi dalam Mode Pribadi
Pengaturan Incognito pada Extensi di Chrome

Mozilla Firefox Akan Mulai Memblokir Ekstensi dalam Mode Pribadi

Pengaturan baru sudah mulai dikembangkan dan dapat ditambahkan dalam pembaruan di masa mendatang untuk versi Firefox saat ini. Pada dasarnya, begitu pengaturan ini tersedia, Firefox tidak akan lagi mengizinkan ekstensi untuk berjalan selama user dalam private mode. Ini berarti bahwa Add-ons pihak ketiga tidak akan dapat mengakses data penjelajahan pengguna kecuali pengguna mengizinkannya secara khusus.

Pengaturan serupa sudah tersedia di browser lain. Misalnya, Microsoft Edge, browser default di Windows 10, sudah menonaktifkan ekstensi ketika memasuki mode penyamaran, dan begitu juga Google Chrome, memungkinkan pengguna untuk memilih ekstensi yang akan dijalankan secara manual.

Pengguna Bisa Mengaktifkan Ekstensi Secara Manual

Ini adalah ide yang didasarkan pada pembaruan Mozilla di masa mendatang, yang secara teknis memungkinkan pengguna untuk memilih ekstensi yang dapat mereka gunakan dalam mode pribadi. add-on center akan menampilkan tombol baru untuk “mengaktifkan” fungsionalitas dalam mode pribadi, dengan tag pendek kemudian ditampilkan di samping setiap ekstensi yang “Allowed In Private Windows.”

Mozilla Firefox Akan Mulai Memblokir Ekstensi dalam Mode Pribadi

Tidak perlu dikatakan lagi, memberi pengguna kendali penuh atas opsi-opsi ini adalah cara yang tepat, karena beberapa ekstensi sangat berguna terlepas dari mode penelusuran yang saat ini digunakan. Misalnya, sementara ekstensi pelacakan harus diblokir dalam mode pribadi, sebuah add-on yang mengelola tab masih dapat digunakan, jadi sangat penting bagi pengguna untuk dapat memilih ekstensi apa yang ingin mereka izinkan dan gunakan dalam mode private ini.

Bagi kamu yang menggunakan Firefox Nightly, kamu sudah bisa menerapkan pengaturan ini dengan melakukan beberapa setting berikut :

  • Masuk ke about:config
  • Cari extensions.allowPrivateBrowsingByDefault Ubah value ke false

Bagaimana menurutmu akan pengaturan baru di Mode Private Firefox ini? dan alasan apa yang membuatmu sering menggunakan mode private? share dikolom komentar dibawah.

Via : news.softpedia

  HP Xiaomi Jadi Bersih dari Iklan  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.