Baru baru ini, Microsoft telah memperbarui Microsoft Defender-nya ke versi 4.18.2008.9, yang mana dengan itu pula telah ditambahkan sebuah fitur baru ke Console Management Tool MpCmdRun.exe.

Fitur baru yang hadir tersebut adalah kini memungkinkan MpCmdRun.exe untuk mendownload file apapun dari Internet, cukup dengan menggunakan cmd dan masuk ke directory MpCmdRun.exe (yang mana ada di C:\ProgramData\Microsoft\Windows Defender\platform\4.18.2008.9-0), selanjutnya pengguna bisa menggunakan perintah berikut dibawah untuk mendownload file apapun dan akan otomatis disimpan di folder yang telah ditentukan.

MpCmdRun.exe -DownloadFile -url masukkan_url_nya -path masukkan_directory

Catatan : Untuk yang ditandai dengan warna merah diatas, itu dapat diisi sesuai dengan pilihan pengguna.

Lokasi folder MpCmdRun.exe ada di C:\ProgramData\Microsoft\Windows Defender\platform\4.18.2008.9-0
Proses Download (sumber : WinAero)

Download yang dilakukan tidak menampilkan indicator progress dan bahkan tidak ada notifikasi adanya file yang terdownload, dan tentu jika dilihat dari segi keamanan, ini merupakan sesuatu yang cukup membahayakan, kenapa? karena bisa saja tools ini dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendownload file berbahaya dan selanjutnya dengan itu mungkin dapat mengacaukan system pengguna.

Lalu bagaimana cara menonaktifkan fitur ini? untuk sekarang sayangnya tidak ada langkah apapun yang dapat menonaktifkan tools ini, jadi pengguna diharapkan berhati hati terhadap aktifitas dan file berbahaya apapun yang mungkin dapat melakukan progress download dengan MpCmdRun.exe tanpa pengguna ketahui.

Nah bagi yang belum tahu, biasanya MpCmdRun.exe digunakan untuk menjadwalkan Task Scanning oleh para IT Admininstrator.

Lalu bagaimana menurutmu mengenai hal ini? apakah hal ini cukup membahayakan? silahkan berikan pendapat dan opinimu dibawah.

Via : WinAero

  JANGAN ANGGAP REMEH HAPE INI..!!!  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.