Windows 10 nampaknya bakal merambah beberapa perangkat baru lagi. Utamanya versi ARM dari OS Microsoft ini yang terbukti dapat dengan mudah diinstal di perangkat IoT dan perangkat dengan spek terbatas. Beberapa waktu lalu, seorang developer memamerkan bahwa dia dapat menginstal Windows 10 on ARM di Raspberry Pi dan developer lain di Lumia 950 XL. Kini nampaknya developer mencoba sesuatu yang lebih sulit: Menginstal Windows 10 on Arm di Nintendo Switch!

Konsol Nintendo ini sangat populer dan merupakan inovasi yang luar biasa bagi teknologi gaming. Kemudahannya untuk beralih dari mode mobile ke mode ‘game konsol rumahan’ dengan memasangkannya ke dock merupakan opsi yang sangat menarik. Belum lagi banyak orang yang menikmati inovasi penggunaan joycon-nya.

Ben, seorang developer baru saja memamerkan bagaimana dia menginstal Windows 10 on Arm di Nintendo Switch miliknya.

Tentu saja Ben tidak lupa bahwa upaya ini ‘hanya dapat dilakukan di region tertentu’ dan proyek ini masih memiliki banyak bug. Selain itu, penggunaan ACPI dan USB masih diperlukan untuk menyempurnakan proyek ini.

Apa manfaatnya menginstal Windows 10 di konsol Nintendo? Mungkin nantinya kamu bisa menjalankan game yang lebih bervariasi, tentu saja game yang didukung oleh Windows 10. Selain itu, bisa menjalankan aplikasi-aplikasi Microsoft, termasuk MS Office dan aplikasi produktif lainnya, tentu saja akan sangat membantu memberikan opsi lain bagi Switch.

Namun tentu saja meskipun ini terlihat keren, ada alasan tersendiri kenapa Nintendo tidak menginstal OS yang lebih luwes pada Switch – Android misalnya. Mereka ingin agar Switch hanya benar-benar digunakan untuk memainkan game sehingga memberikan pengalaman yang spesifik bagi penggunanya.

Bagaimana menurut kamu? Apakah kamu setuju jika Switch dapat menjalankan Windows 10? Apa manfaatnya bagi kamu?

 

Sumber: Techradar

 

  11+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Realme 3 Pro 

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.