Windows merupakan platform yang rajin memberikan update untuk penggunanya. Akan tetapi, di antara semua aplikasi bawaan Windows, ada satu aplikasi yang sangat lama tidak mendapatkan update. Yup, Notepad!

Dalam sebuah postingan blog minggu lalu, Dona Sarkar dan Brandon LeBlanc yang bertanggung jawab atas pengelolaan program Windows Insider membagikan daftar update yang akan dibagikan dalam Build Windows 10 Insider Preview 17713. Fitur-fitur baru yang disertakan antara lain opsi untuk sign in, mengubah Windows ink, dan peningkatan bagi Microsoft Edge, Edge PDF reader, dan Windows Defender Application Guard. Selain itu, terdapat juga update khusus untuk Notepad yang sudah lama tidak mendapatkan pembaruan.

Jika penasaran, kamu bisa men-download build 17713 yang tersedia bagi Insider Fast Ring sekarang juga. Update ini akan memberikan kemampuan pada Notepad untuk melakukan wrap around find and replace. Notepad juga akan mengingat nilai yang dimasukkan sebelumnya dan ini akan membantu kamu saat membuka kotak dialog find. Selain itu, jika kamu menyoroti kata atau frasa tertentu, kemudian membuka kotak dialog find, maka secara otomatis apa yang kamu soroti tersebut akan diisikan ke dalam kotak dialog.

via BGR

Notepad yang sudah diupdate ini juga menambahkan fitur text zooming. Kamu bisa bernavigasi pada menu, lalu memilih View > Zoom, atau menggunakan shortcut Ctrl+Plus, Ctrl+Minus atau roda gulir mouse untuk melakukan zooming. Ctrl+0 dapat digunakan untuk memulihkan level zoom default. Ctrl+Backspace merupakan shortcut yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus kata sebelumnya. Kamu juga bisa menggunakan tombol panah untuk membatalkan pilihan teks sebelum menggerakkan kursor, serta beberapa perbaikan bug yang sederhana, tapi penting.

Peningkatan lainnya adalah mencakup kemampuan untuk menampilkan nomor baris dan kolom, bahkan saat word-wrap diaktifkan. Notepad juga memiliki kinerja yang lebih baik saat membuka file besar.

Jika kamu berada di program Insider Windows Fast Ring, maka kamu dapat men-download build terbaru dan mulai bermain dengan fitur-fitur baru notepad ini. Kapan versi umumnya dipublikasikan? Nampaknya Notepad ini akan disertakan bersamaan dengan update Redstone 5 yang akan datang.

 

Sumber: BGR

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.