Home Accessories OneCompute, “Continuum” Rasa Android dari Motorola

OneCompute, “Continuum” Rasa Android dari Motorola

OneCompute Motorola-1Setiap smartphone tentu punya fitur unggulan. Kalau Microsoft Lumia 950 punya fitur Continuum, maka smartphone Moto Z dari Motorola punya OneCompute.

OneCompute adalah sebuah prototype dari aksesoris modular Moto Mod yang ditawarkan di Motorola Moto Z. OneCompute ini bisa dibilang Continuum-nya Android sehingga bisa membuat smartphone bertransformasi menjadi PC dan menawarkan fitur-fitur yang juga mirip dengan Continuum dari Windows 10 Mobile.

OneCompute Motorola-2 OneCompute Motorola-4

Aksesoris OneCompute ini berisi semacam clip-on untuk menyambungkan Moto Z dengan memanfaatkan konektor magnetic yang ada dibelakang Moto Z, serta dock kecil yang terdapat 3 port USB dan 1 port HDMI.

Hasilnya?

Ketika disambungkan, layar yang disambungkan pun berubah bak tablet Android raksasa dengan 3 tombol virtual (back, home, recent apps), dan dengan ikon-ikon shortcut dan app drawer (daftar aplikasi).

Tampilannya pun juga bisa dalam mode windowed dengan fungsi snap ke kiri, tengah, atau kanan, dan ada tombol close dibagian atas layaknya OS Windows di PC.

OneCompute Motorola-3

Gak cuma itu, pengguna juga bisa mengcopy-paste teks antar aplikasi, sehingga sensasi seperti menggunakan PC akan sangat terasa.

Bisa jadi ancaman untuk Microsoft

OneCompute Motorola-5

OneCompute dari Motorola ini tentunya punya kelebihan dari segi aplikasi yang jauh lebih banyak, berkat OS Android yang dipakai. Tentu, akan jauh jika dibandingkan dengan Windows 10 Mobile dimana masih ada aplikasi populer yang belum tersedia saat ini.

Tapi, bukan berarti OneCompute tidak punya kelemahan. Fitur yang dimilikinya masih belum sematang Continuum di Windows 10 Mobile yang juga bisa mengubah layar smartphone menjadi touchpad/mouse sehingga penggunanya tidak harus membawa mouse lagi.

Tapi sekali lagi, karena masih prototype, maka bisa saja ada perubahan yang lebih matang pada pengembangan selanjutnya.

Hayo, kalau kamu pilih OneCompute dari Motorola atau Continuum dari Microsoft?

via Toms Hardware, PCWorld

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Televisi dan Teknologi? Why not both Mau tanya-tanya atau ngobrol? Cukup follow Twitter atau LINE @indrakrisnadi