Home News Katakan Selamat Tinggal Pada Yahoo Messenger Lawas

Katakan Selamat Tinggal Pada Yahoo Messenger Lawas

Katakan Selamat Tinggal Pada Yahoo Messenger Lawas

Kalo kamu merupakan pengguna internet generasi milenium alias sekitar tahun 2000-an, WinPoin yakin kamu sangat familiar dengan Yahoo Messenger.

 

Mengenang Yahoo Messenger

Ya..sebelum hiruk pikuk popularitas WhatsApp, Facebook Messenger, Line, bahkan juga BBM, Yahoo Messenger merupakan aplikasi messaging yang sangat populer kala itu.

Bahkan Yahoo Messenger menjadi aplikasi messaging utama untuk berkomunikasi bagi banyak kalangan di Indonesia, mulai dari blogger, penjual online, siswa / mahasiswa, bahkan hingga pekerja kantoran.

Namun semua berubah ketika negara api aplikasi messenger lain yang lebih baru menyerang.

Kini WhatsApp dan Facebook Messenger merupakan dua aplikasi messenger terpopuler di dunia, disusul Line, BBM, dan Skype.

Nama Yahoo Messenger sendiri makin memudar hingga memaksa Yahoo untuk mengembangkan versi baru dari Yahoo Messenger di iOS, Android, dan Web.

 

Yahoo Messenger “Lawas” Dimatikan

Untuk semakin fokus dalam mengembangkan Yahoo Messenger versi baru tersebut, melalui blog nya Yahoo mengumumkan akan mematikan Yahoo Messenger lawas pada 5 Agustus 2016 nanti.

Ini artinya pasca tanggal tersebut kamu tidak akan bisa lagi login dan berkirim pesan melalui Yahoo Messenger client di Windows ataupun Mac. Bahkan hal ini juga berimbas untuk third party client yang menggunakan API Yahoo Messenger, seperti Pidgin misalnya.

Di desktop kamu hanya akan bisa mengakses Yahoo Messenger baru melalui web, sedangkan di iOS dan Android kamu harus migrasi ke aplikasi Yahoo Messenger versi baru.

Sayangnya aplikasi Yahoo Messenger baru ini juga tidak tersedia bagi pengguna Windows 10 Mobile.

 

Yahoo Makin Terpuruk

Dalam beberapa tahun terakhir Yahoo memang terus terpuruk. Pendapatannya terus turun hingga memaksa mereka mem-PHK 15% karyawannnya di awal tahun 2016 kemarin. Bahkan di akhir 2014 mereka menyatakan telah mematikan lebih dari 60 produk dan layanannya, dan jumlah ini terus bertambah sampai sekarang.

WinPoin cuman bisa katakan terima kasih karena Yahoo Messenger banyak berjasa sebagai media komunikasi jauh sebelum messenger populer saat ini bermunculan.

Sedih sebenarnya melihat legenda berguguran satu per satu, tetapi mungkin itu yang dinamakan regenerasi dan evolusi.

Siapa yang tidak mampu bertahan, akan tersingkir karena seleksi alam.

RIP Oldies Yahoo Messenger.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.