Meskipun Opera adalah salah satu browser yang berbasiskan Chromium, sayangnya browser ini tidak mendukung extensions dari Chrome Web Store secara langsung dan pengguna harus melakukan instalasi Install Chrome Extensions terlebih dahulu untuk menikmati dan melakukan instalasi extensi dari chrome web store.

Meskipun memang tidak terlalu sulit untuk mengaktifkannya, namun para pengguna Opera merasa harus melewati beberapa langkah terlebih dahulu sebelum mereka bisa memasang extensi dari Chrome Web Store.

Dan berkaitan dengan hal tersebut, sebuah kabar baik akhirnya muncul di Opera 74, dimana telah hadir sebuah flags experimental Native Chrome webstore extensions installation” di browser tersebut.

Flags ini akan memungkinkan opera browser untuk dapat secara langsung melakukan instalasi extensi dari chrome web store, dan tentu pengguna tidak harus lagi melakukan instalasi extensi Install Chrome Extensions terlebih dahulu.

Cara penggunaannya sendiri, pertama tepat seperti pada gambar diatas, pengguna untuk saat ini harus mengaktifkan opera://flags#native-chrome-webstore-installation dan ubah dari default ke enabled.

Selanjutnya, setelah proses relaunch opera, pengguna sudah dapat melakuakan instalasi extensi yang tersedia di chrome web store.

Belum dirilis secara resmi!

Perlu diketahui bahwa Opera 74 yang dibuat berbasiskan chromium 88.0.4292.2 untuk saat ini belum tersedia secara umum dan masih dalam cabang pengembangan di Opera Developer versions. Mungkin masih membutuhkan beberapa waktu sampai versi ini dirilis sebagai final versions, namun jika kamu ingin mencoba saat ini juga, kamu bisa mendownload Opera 74 Developer pada halaman berikut.

Meskipun untuk saat ini memang masih tersedia sebagai flags experimental, suatu saat nanti mungkin fitur ini akan hadir secara default, sehingga para pengguna opera tinggal langsung saja mengunjungi halaman chrome web store dan langsung install extensi darisana.

Nah bagaimana menurutmu dengan peningkatan ini?, silahkan berikan pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah guys.

Via : Techdows

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.