Opera tentu tidak ketinggalan dalam memberikan fitur menarik sama halnya dengan browser chromium lainnya, di Opera kini kamu dapat menggunakan sebuah fitur bernama Clipboard untuk melihat dan mengatur hal apa yang telah kamu simpan di Clipboard.

Nah, mengenai fitur ini, mulai pada versi Opera 84.0.4274.0, kini perlindungan untuk Clipboard sudah mulai terintegrasi, dimana ini akan mencegah proses hijacking yang mungkin dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Berdasarkan pengumuman opera, fitur ini (disebut juga Paste Protections), bertujuan untuk mengurangi potensi terjadinya hijacking pada clipboard pengguna, dimana mungkin para hacker dapat memanupulasi akun bank atau akun crypto dengan yang bukan seharunya.

Untuk cara kerjanya sendiri, ketika ada perubahan dari clipboard, opera akan memberikan peringatan, sehingga tentu ini akan membantu kamu mengawasi setiap hal yang ingin kamu paste, terlebih ketika mengisi nomor akun bank, atau nomer lainnya yang berkaitan dengan masalah keuangan.

Untuk fitur dan perbaikan lain dari versi ini, kamu dapat melihatnya pada halaman berikut. Namun secara umum, tentu fitur ini akan sangat bermanfaat untuk para pengguna Opera yang memang memiliki rasa paranoid akan terjadinya hijacking dan tindakan jahat lain yang berkaitan dengan clipboard system yang kita gunakan.

Namun perlu kamu ketahui bahwa saat ini fitur ini baru tersedia untuk Opera Dev saja, jadi masih butuh waktu lama hingga fitur ini dihadirkan di Opera Stable atau Opera GX.

Nah bagaimana menurutmu mengenai fitur ini? apakah akan bermanfaat untuk kamu gunakan? komen dibawah guys.

Via : Opera

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.