Semejak saya menggunakan Opera Browser, salah satu fitur andalan yang menjadi favorit saya adalah Opera Flow, dimana dengan fitur ini kita bisa dengan mudah dan cepat berbagi Link, gambar, video, teks atau apapun itu dengan perangkat kita yang lain selama terhubung dengan akun Opera yang sama.

Dan yang menariknya lagi, Opera Flow ini bekerja dengan baik disemua platform, baik Opera, atau Opera GX di Windows, Linux, Mac, Android atau iOS. Sehingga dengan itu tidak ada lagi alasan pengguna sulit untuk berbagi file bahkan jika memiliki platform yang berbeda sekalipun.

Nah mengenai Opera Flow, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit membahasnya, mulai dari cara berbagi file, dan kompatibilitas dengan perangkat yang saya gunakan. Penasaran? berikut adalah ulasan singkatnya.

Cara Sharing Dengan Opera Flow

Langkah 1. Pertama pastikan dulu kamu telah menginstall Opera Browser di dua atau lebih perangkat yang ingin kamu hubungkan, misalkan disini saya akan menggunakan Windows 10 dan iPhone, dimana dalam kasus ini, saya ingin mengirim apapun dari Windows ke iPhone atau sebaliknya.

Maka baik di Windows 10 dan iPhone, tentunya Opera Browser harus saya install (dalam kasus saya kali ini, saya menggunakan Opera GX).

Langkah 2. Kedua, pastikan fitur Opera Flow kamu aktifkan, silahkan kamu cek di Opera Settings > My Flow, pastikan Enabled My Flow dalam kondisi aktif.

Jika My Flow sudah dalam keadaan aktif, selanjutnya untuk mengirim data, baik link, gambar, atau video, kita bisa klik pada Sidebar > Flow > kemudian silahkan kirim saja teks atau attachment melalui tombol yang tersedia.

Setiap file atau komunikasi yang dilakukan melalui Opera Flow, dikatakan telah melalui tahap enkripsi, sehingga masalah keamanan harusnya sudah bukan lagi menjadi sebuah kekhawatiran.

Kompatibilitas dan Kecepatan Transfer

Pada dasarnya selama perangkat yang digunakan sudah mendukung Opera Browser, dan memiliki fitur Opera Flow yang aktif, maka fitur ini akan bekerja dengan baik, baik itu di Windows, Linux atau Mac, termasuk iOS, Android dan iPadOS jika dalam rentan mobile devices.

Sedangkan untuk kecepatan transfer, sepertinya masalah ini kembali ke kecepatan internet masing masing, namun dalam kasus dan percobaan yang saya lakukan, dengan kecepatan Internet 75 Mbps, mengirim file berukuran 10 Mb memakan waktu yang cukup lama dan tidak instan.

Hal ini mungkin dikarenakan file yang dikirim dengan Opera Flow melalui tahap enkripsi terlebih dahulu, sehingga kecepatan transfer agak dikurangi untuk mengimbangi dengan keamanan yang diberikan.

Manfaat Opera Flow

Salah satu manfaat yang saya rasakan adalah tentunya saya bisa dengan mudah berbagi file antara perangkat dengan mudah, terlebih pekerjaan saya yang pada dasarnya lebih banyak berkutik dengan web browser dan banyak melakukan transfer file antara perangkat 1 dan lainnya, membuat Opera Flow ini mendapatkan peran penting untuk memenuhi kebutuhan saya sehari hari.

Jika kamu memiliki perangkat iPhone misalnya, namun kamu tidak memiliki perangkat Apple lain, untuk mengirim file dengan AirDrop mungkin sedikit mustahil karena memang tidak dalam satu ekosistem yang sama, namun dengan Opera Flow, setidaknya menjadi alternatif AirDrop untuk perangkat Apple x Non Apple.

Kesimpulan

Opera Flow memang mungkin kurang terkenal bahkan dikalangan pengguna Opera Browser itu sendiri, namun jika kamu sudah sekali memanfaatkannya dengan baik, kemudahan transfer file antar perangkat menjadi terasa cukup instan, meski memang kecepatan transfer sendiri agak kurang maksimal, namun jaminan enkripsi seperti yang ditawarkan Opera membuat Opera Flow memiliki tingkat keamanan yang baik dan membuat pengguna tidak merasa khawatir akan file yang mereka kirim dan terima.

Selain itu Opera Flow mungkin dapat dikatakan sebagai alternatif AirDrop bagi kamu pengguna Apple Device x Non Apple device, misalkan iPhone x Windows 10, atau MacBook Pro x Android. Dan yah meskipun sekali lagi ini bukanlah opsi transfer data terbaik, namun jika dimanfaatkan dengan baik, semuanya akan terasa menyenangkan.

Nah sekian ulasan singkat saya kali ini, perlu diingat bahwa tulisan ini berdasarkan pengalaman, pendapat dan opini saya pribadi, silahkan kamu tulis pendapat dan opinimu dikolom komentar dibawah.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.