Home PC Menemukan Overlay Icon Tanda Panah Biru pada File atau Folder di Windows...

Menemukan Overlay Icon Tanda Panah Biru pada File atau Folder di Windows 10? Ini Dia Penjelasannya!

iconoverlay_0

Windows 10 tentunya membawa banyak perubahan baik itu tampilan baru start menu, notification center serta fitur seperti Cortana, Continuum, dan masih banyak lagi. Salah satunya diketahui bahwa Windows 10 support Compress atau Uncompress file atau folder yang bekerja pada volume NTFS. (Baca juga : #WinExplain: Apa Bedanya FAT32, exFAT, dan NTFS?)

Meskipun fitur NTFS Compression bukan hal baru di Windows 10 karena bisa dilakukan juga di Windows 8 dan 7. Dengan dilakukannya kompressi file atau folder, maka dapat membuat ruang HDD sedikit longgar.

Nah, ketika melakukan kompresi di Windows 10 maka akan muncul overlay tanda panah biru (seperti gambar diatas). Sebagian besar mungkin ada yang tidak tau kenapa tanda itu muncul. Sebenarnya jika kamu ingin menghilangnya kamu hanya perlu membuka PropertiesAdvanced – uncheck “Compress contents to save disk space” – OK.

iconoverlay_1

Atau jika ingin menghilangkan icon tersebut ataupun menggantinya dengan icon lain, kamu bisa sedikit memodifikasi registri dengan cara membuka registry (RUNRegedit), lalu navigasilah ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer. Kemudian klik kanan pada Explorer lalu pilih NewKey.

iconoverlay_2

Lalu beri nama “Shell Icons” lalu dipanel kanan klik kanan NewString – lalu bernama “179“.

iconoverlay_3

Sebelumnya untuk mereplace icon yang ada, file gambar diharuskan memiliki ekstensi Icon (.ico) sebagai contoh disini WinPoin akan menghilangkan icon tanda panah biru tersebut dengan cara membuatnya Transparant, untuk Icon transparant bisa kamu download disini. Setelah didownload taruh di System32 (Windows\System32).

iconoverlay_4

Setelah itu kembali ke regedit, klik kanan pada string 179 lalu masukan path dimana icon tersebut tersimpan. Karena sebelumnya saya menyimpannya di folder System32 maka path yang dimasukan adalah “%windir%\System32\transparent.ico“.

iconoverlay_5

Setelah selesai tutup regedit lalu restart explorer melalui Task Manager.

iconoverlay_6

Dengan begitu maka overlay icon akan hilang pada File atau Folder meskipun masih dalam status terkompresi.

iconoverlay_8

Tentunya kamu juga bisa menggantinya dengan gambar lain sesuai selera dengan catatan harus berekstensikan .ico.

Nah itu dia sedikit penjelasan mengenai icon ini dan cara memodifikasinya, semoga bermanfaat ya guys dan jika ada yang ingin ditanyakan jangan malu-malu untuk bertanya! :D

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.