Empat hari lalu, Microsoft Rilis Cumulative Update Bulan Desember 2022 Untuk Windows 10 dimana dalam update ini tidak banyak yang Microsoft ungkapkan pada halaman release note nya, meski akhirnya diketahui bahwa update ini telah memperbaiki bug Direct Access di Windows 10 dan 11.

Mengenai update yang dikirim melalui update KB5021233 ini, sayangnya seperti biasa ada satu masalah yang mungkin terjadi pada perangkat yang pengguna gunakan, dimana pengguna mungkin akan mengalami BSOD atau Blue Screen of Death dengan kode error 0xc000021a.

Masalah ini terjadi pada pengguna dengan Windows 10 21H1, 21H2 dan 22H2, dimana ini terjadi karena ketidak cocokan antara file HIDPARSE (hidparse.sys) dalam dua direktori yang berbeda.

Setelah menginstal KB5021233, mungkin ada ketidakcocokan antara versi file hidparse.sys di c:/windows/system32 dan c:/windows/system32/drivers (dengan asumsi Windows diinstal ke drive C: Anda), yang mungkin menyebabkan validasi tanda tangan gagal saat pembersihan terjadi.” ungkap Microsoft.

Jika kamu mendapati masalah ini dan perangkat kamu malah BSOD setelah selesai melakukan update, kamu bisa mengikuti langkah perbaikan sebagai berikut:

Langkah 1. Masuk ke Windows Recovery Environment (WINRE).

Baca Juga : 8 Cara Masuk ke Advanced Startup (WinRE) di Windows 11

Langkah 2. Selanjutnya masuk ke Advanced Options > Comand Prompt.

Langkah 3. Setelah itu, silahkan kamu masukkan perintah berikut :

xcopy C:\windows\system32\drivers\hidparse.sys C:\windows\\system32\hidparse.sys

Setelah kamu masukkan dan kamu tekan enter, selanjutnya silahkan kamu masukkan perintah exit untuk menutup Command Prompt, dan klik Continue. Setelah itu, perangkat akan restart dan masalah harusnya telah teratasi.

Nah apakah kamu mendapati masalah ini? semoga saja enggak ya, tapi jika iya, komen dibawah guys.

Via : Microsoft

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.