Sekitar tanggal 9 September 2022 kemarin, saya sudah menggunakan Windows 11 22H2 (Build 22622) yang saya install via Windows Insider Beta Channel, overall, semua pengalaman Windows 11 cukup sempurna dan tidak ada masalah yang terjadi.

Namun seiring dengan berjalannya waktu, dan kemudian saya sering membuka webcam karena ada kegiatan yang mengharuskan saya ikut sebuah seminar online via Zoom, ada satu masalah yang cukup membuat saya kesal, yaitu setiap kamera saya “On” kan, Windows 11 yang saya gunakan tiba tiba GSOD.

~ Bagi yang belum tahu, GSOD atau Greenscreen of Death adalah BSOD-nya ada pengguna Windows Insider, pada dasarnya sama saja dengan BSOD, hanya saja warnanya bukan biru, tapi hijau.

Jika kamu mengikuti twitter saya mungkin kamu pernah membawa tweet ini, dimana saya mengatakan bahwa dengan melakukan downgrade ke build 22621, masalah berhasil teratasi.

Namun kawan kawan, ternyata masalah tersebut hanya teratasi sementara, sehingga setiap kali saya mencoba membuka akses kamera, diaplikasi apapun itu Windows 11 selalu error dan selalu berakhir dengan GSOD yang sama (sayangnya saya lupa foto).

Webcam yang saya gunakan?

Saya menggunakan Webcam dari Logitech, yaitu Logitech C270, webcam ini menurut saya sudah cukup ok untuk melakukan rapat online. Jika saya menggunakan Webcam bawaan dari Laptop (yang sayangnya sangat burik), masalah anehnya tidak terjadi, jadi darisana saya mulai berspekulasi bahwa ini adalah masalah dari kompatibilitas driver Logitech C270 dengan Windows 11 saya.

Penyebab masalah dan Langkah perbaikan

Setelah cukup lama mencari berbagai referensi dan semoga saja ada langkah perbaikan di Internet yang mungkin teratasi berkat masalah yang sama dari orang lain, namun sayangnya tidak ada referensi satupun mengenai masalah ini, sehingga sayapun harus memutar kembali otak agar webcam bisa on ketika dibutuhkan.

Setelah beberapa lama saya cukup emosi dengan masalah GSOD tersebut, saya membuka Device Manager > Cameras.

Kemudian saya coba melakukan uninstall pada driver tersebut dan berharap semuanya akan berjalan normal tanpa ada masalah.

Singkat cerita, Windows 11 saya sudah di restart dan ketika memulai kembali camera, kabar baiknya masalah GSOD tersebut tidak muncul kembali, dan kamera berhasil berjalan tanpa ada masalah, baik itu di Zoom, Google Classroom, atau di aplikasi lainnya.

Usut punya usut, ternyata masalah ini disebabkan oleh Driver update : Logitech Image v.13.80.853.0 yang hadir sebagai driver optional di Windows Update.

Dimana dengan tidak terinstallnya driver tersebut, masalah tidak terjadi lagi di Windows 11 yang saya gunakan.

Nah yang anehnya, masalah kompatibilitas ini hanya terjadi antara versi driver tersebut dengan Windows 11 saja, sedangkan di Windows 10, masalah tidak terjadi sama sekali.

Jadi, untuk kamu yang mungkin mendapati masalah yang sama, ada baiknya kamu tidak menginstall driver tersebut yang tersedia di Settings > Windows Update > Advanced optons > Optional updates.

Saat ini, saya menggunakan Windows 11 22H2 dengan Build 22621.601, dan webcam bisa berjalan dengan normal tanpa ada masalah.

Nah sekian curhatan dan pengalaman saya mengenai masalah GSOD akibat masalah kompatibilitas driver Logitech dengan Windows 11 ini, apakah kamu mendapati masalah yang sama dengan perangkat lain? komen dibawah guys.

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.