Microsoft - Xiaomi

Xiaomi baru saja menjadi buah bibir karena berhasil menyeruak ke peringkat tiga besar perusahaan yang paling banyak menjual ponsel Android. Bahkan penempatan Lenovo di peringkat kedua sebenarnya ‘tidak sah’ karena jumlah penjualan sepanjang 2014 tersebut merupakan penjualan bersama antara Lenovo dan Motorola karena Lenovo baru saja mengakuisisi Motorola dari Google. Untuk Xiaomi sendiri, ini merupakan sebuah prestasi besar karena taktik hunger marketing mereka sukses besar dan memberikan tekanan pada kekuatan tradisional lama seperti Samsung.

Adalah hal yang unik bahwa Microsoft ternyata bekerjasama dengan Xiaomi untuk “membantu menguji Windows 10 dan memberikan kontribusi untuk rilisnya tahun ini”. Memang Xiaomi dikenal memiliki komunitas pengguna yang sangat kuat. Perusahaan ini memberikan update software hampir setiap minggu dan perhatian terhadap masukan para penggunanya. Inilah rupanya yang dicari Microsoft.

Lebih detail lagi, ternyata kerjasama ini mencakup pembuatan sebuah ROM untuk Android, yang mana memungkinkan ponsel Xiaomi menjalankan Windows 10! Menurut laporan dari blog teknologi terkemuka, TechCrunch, ROM ini nantinya dapat menjalankan dengan baik aplikasi Android yang dibuat oleh Microsoft (misalnya OneDrive, Microsoft Office, Skype, dan sebagainya). Mungkin harapan Microsoft adalah pengguna Android yang menjajal ROM ini nantinya akan tertarik untuk membeli ponsel Windows Phone sungguhan.

Microsoft_Xiaomi_2

 

Update: Telah ada konfirmasi resmi bahwa perangkat yang akan digunakan Xiaomi untuk membantu pengujian Windows 10 tersebut adalah Mi 4 yang merupakan salah satu perangkat high-end Xiaomi.

Kita juga mengetahui bahwa telah lama Microsoft berupaya memperluas jaringan OEM yang membuat perangkat Windows Mobile. Asus dan Lenovo telah menyatakan tertarik untuk ikut serta, bahkan rumor menyebutkan Lenovo dalam waktu dekat ini akan segera mengeluarkan perangkat Windows Phone. Dengan mesranya hubungan Microsoft dan Xiaomi, apakah ini berarti bahwa si “Beras Merah” – julukan Xiaomi – ini akan juga membuat perangkat Windows Phone? Jajaran eksekutif Xiaomi menutup rapat informasi ini, namun tentu saja tidak menutup kemungkinan hal ini bisa terjadi. Apalagi karena Microsoft tentu saja telah memberikan lisensi OS-nya untuk kepentingan kerjasama tersebut.

Kita nantikan saja hasil strategi Microsoft ini. Bila memang Windows 10 sedemikian memikat, maka nanti pasti Windows Phone akan mendapatkan lonjakan pengguna yang sangat signifikan!

 

 

  15 Fitur Baru Keren Android P  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.