Nintendo Smartphone

Kalau kamu adalah penggemar berat game konsol yang booming di era 80-90-an ini, maka ada kabar baik dari Nintendo untuk kita semua. Perusahaan Jepang terkemuka ini telah mengumumkan bahwa mereka menghapuskan kebijakan “no smartphone games” dan akan mulai mengembangkan game untuk perangkat pintar (termasuk smartphone). Game ini juga akan melibatkan karakter ternama dari Nintendo (seperti Mario dan Link) dan ini merupakan hasil dari kemitraan Nintendo dengan DeNA. Kalau kamu kurang akrab dengan DeNA, perusahaan ini merupakan penyedia konten yang berbasis di Jepang.

Sebelumnya, Nintendo bersikukuh tidak melisensikan game-game buatannya untuk dibuatkan versi smartphone. Namun nampaknya akhir-akhir ini salah satu pelopor game konsol ini melunak dan mengakui bahwa smartphone dan tablet memang merupakan perangkat yang pertumbuhannya luar biasa dalam industri game. Kemitraan antara Nintendo dan DeNA ini juga mencakup pembagian saham bersama. Kedua perusahaan ini tengah menggodok sebuah konsep “layanan multi-perangkat untuk pasar global”.

Nintendo selama ini dikenal sebagai perusahaan yang sangat ketat mengenai hak cipta dan lisensi. Karakter-karakter dari Nintendo tidak mungkin ditemukan pada perangkat game lain, karena menurut kebijakan ini, hanya perangkat Nintendo-lah yang boleh menggunakan karakter-karakter tersebut. Oleh karena itu, para penggemar teknologi (dan game) menduga-duga bahwa platform yang akan dipilih oleh Nintendo kemungkinan adalah iOS atau Windows Phone. Android tidak mungkin dilirik karena tingginya pembajakan game di Android, hal yang paling dibenci oleh Nintendo.

Berita yang dilansir dari Wall Street Journal ini juga menyebutkan bahwa Nintendo tengah menyiapkan sebuah konsol baru yang diberi kode “NX”. Konsol ini direncanakan akan hadir sebagai pesaing Sony Playstation dan Microsoft XBox.

 

  Kirim SMS Lewat PC..?? Bisa Kok!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.