via vonguru

Pasar PC telah menunjukkan pertumbuhan yang mengejutkan tahun ini. 2018 adalah tahun untuk pertama kalinya pasar PC menunjukkan peningkatan semacam ini sejak 2012!

Perusahaan penelitian pasar Gartner dan IDC baru saja melaporkan angka-angka yang menunjukkan peningkatan signifikan selama kuartal kedua. Gartner melaporkan adanya peningkatan sebesar 1,4 persen, sementara IDC mencatatkan kenaikan sebesar 2,7 persen. Kedua perusahaan ini menyimpulkan bahwa pertumbuhan permintaan untuk desktop ini sebagian besar dari pasar bisnis serta juga komunitas khusus yang memburu PC gaming.

Kepala Analis Gartner, Mikako Kitagawa, menyatakan bahwa peningkatan ini kemungkinan hanya kita saksikan dalam waktu singkat, khususnya karena siklus upgrade Windows 10 terus berkurang.

“Pengiriman PC tumbuh pada kuartal kedua 2018 didorong oleh permintaan pasar bisnis, yang mana uniknya bertentangan dengan berkurangnya pengiriman dalam segmen konsumen,” ujar Kitagawa. “Di ruang konsumen, struktur pasar fundamental, karena perubahan perilaku pengguna PC, tetap ada dan terus berdampak terhadap pertumbuhan pasar. Konsumen menggunakan smartphone miliknya untuk lebih banyak tugas harian seperti memeriksa media sosial, mengatur jadwal, agenda, urusan bank, dan belanja, yang mana mengurangi kebutuhan PC konsumen.”

Penelitian Gartner menunjukkan bahwa pengiriman PC di seluruh dunia telah menyentuh 62,1 juta di kuartal kedua. Dan semua wilayah menunjukkan pertumbuhan dibandingkan dengan tahun lalu.

Penelitian IDC juga nampaknya perlu mendapatkan perhatian khusus karena menyertakan Chromebook, namun tidak menyertakan tablet Windows seperti Surface Pro. Hal ini berbeda dengan Gartner yang justru menganggap tablet Windows adalah bagian penting dari pertumbuhan ini.

Pengiriman aktual tahun ini melampaui ramalan IDC tahun lalu, yang memperkirakan tingkat pertumbuhan 1 persen saja. Gartner menyimpulkan bahwa meningkatnya pembelian komersial dan permintaan konsumen adalah ditunjang oleh sistem gaming. Ini benar-benar mendorong pertumbuhan konsumsi PC. “Perusahaan beralih ke Windows 10 dan keseluruhan lingkungan ekonomi yang positif juga membantu memelihara momentum penjualan notebook.”

Manajer penelitian IDC, Jay Chou, menyimpulkan fenomena ini dengan menekankan bahwa PC tetap bukan perangkat komputasi standar dalam banyak skenario, tetap pasar terus menerus menunjukkan penerimaan terhadap segmen ini. Bahkan tipe desktop tertentu juga ikut berkembang sehingga menunjang siklus penyegaran bisnis ini.

Menurut data IDC, HP, Lenovo, Dell, Apple, dan Acer semuanya menunjukkan peningkatan. Mungkin peningkatan ini terlihat datar, namun tetap merupakan pola yang menarik untuk dicatat dalam hal segmen pasar ini. Hal yang menarik lain, portabilitas nampaknya menunjang perkembangan ini karena perangkat dengan ukuran yang lebih kecil dan portabel terus menerus menunjukkan peningkatan penjualan dan memengaruhi keputusan pembelian. Sementara itu, keunikan lain adalah peningkatan pertumbuhan pembelian PC ini berlawanan dengan pertumbuhan pembelian smartphone yang sepertinya mulai masuk periode penurunan jika dibandingkan tahun lalu, meskipun jumlahnya tetap tinggi.

Statistik ini nampaknya menjadikan kita dapat menolak klaim para ahli yang menyatakan ‘PC telah mati’ yang didengungkan sejak sekitar 2011 yang lalu.

 

Sumber: BGR

  Tips Pilihan iOS 12, Wajib Coba!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.