Jika kamu menjalankan versi terbaru Windows 10, maka hari ini kamu akan mendapatkan update patch baru yang penting. Menurut Neowin, raksasa Redmond tersebut telah mengirimkan update untuk Windows 10 versi 1803, 1709, dan 1703 (yang mana merupakan versi umum dengan banyak pengguna). Update tersebut diklaim dapat memperbaiki beberapa permasalahan yang muncul di ketiga versi Windows 10 tersebut.

Jika kamu saat ini menjalankan Windows 10 April 2018 Update (versi 1803,) maka kamu akan menjumpai file update berkode KB4345421. Ini akan mengubah build OS kamu menjadi 17134.166. Jika memiliki kuota terbatas atau tidak melihat adanya update baru, kamu dapat download secara manual di sini. Untuk 1803, tidak ada perbaikan masalah yang signifikan. Berikut changelog-nya.

  • Mengatasi masalah yang menyebabkan beberapa perangkat yang menggunakan network monitoring workloads menerima pesan error 0xD1 Stop karena kondisi tertentu saat menginstal update bulan Juli yang dirilis seminggu sebelum ini.
  • Mengatasi masalah server HCP Failover yang menyebabkan klien enterprise menerima konfigurasi tidak valid saat meminta alamat IP yang baru. Ini menimbulkan hilangnya konektivitas.
  • Mengatasi masalah yang mungkin menyebabkan restart layanan SQL Server gagal dengan pesan error, “Tcp port is already in use”.
  • Mengatasi masalah yang timbul saat administrator mencoba menghentikan World Wide Web Publishing Service (W3SVC). W3SVC tetap dalam keadaan “berhenti”, tapi tidak dapat dihentikan sepenuhnya atau dinyalakan ulang.

Jika saat ini kamu menggunakan Windows 10 Fall Creators Update (versi 1709,) maka kamu akan mendapatkan file update KB4345420. Ini akan mengubah nomor build kamu menjadi 16299.550. Perbaikan yang diberikan kurang lebih sama dengan versi 1803. Jika ingin mengunduhnya secara manual, maka kamu bisa membuka website ini. Berikut ini perbaikan yang diberikan untuk 1709.

  • Beberapa platform non bahasa Inggris mungkin menampilkan string berikut dalam bahasa Inggris: ”Reading scheduled jobs from file is not supported in this language mode.” Error ini muncul saat kamu mencoba menjadwalkan pekerjaan dan Device Guard diaktifkan.
  • Saat Device Guard diaktifkan, beberapa platform non bahasa Inggris bisa jadi menampilkan string berikut dalam bahasa Inggris alih-alih bahasa lokal: “Cannot use ‘&’ or ‘.’ operators to invoke a module scope command across language boundaries.” dan “‘Script’ resource from ‘PSDesiredStateConfiguration’ module is not supported when Device Guard is enabled. Please use ‘Script’ resource published by PSDscResources module from PowerShell Gallery.”

Terakhir, jika kamu masih berada di Creators Update (versi 1703,) kamu akan mendapatkan file KB4345419, yang akan mengubah nomor build kamu menjadi 15063.1208. Update tersebut juga dapat di-download secara manual di sini. perbaikan yang diberikan juga kurang lebih serupa, hanya saja tidak menyertakan masalah DHCP Failover.

Ini menyambung update minggu lalu yang juga sudah diberitakan oleh Winpoin, yang mana menyoroti perbaikan terhadap masalah spesifik di update April 2018. Apakah kamu menemui masalah lain dengan build ini? Tuangkan unek-unek kamu di kolom komentar!

 

 

Sumber: OnMSFT

  Aplikasi Favorit Tahun 2018  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.