Home Editorial Perbedaan Ballmer dan Nadella serta Membaca Arah Microsoft ke Depan

Perbedaan Ballmer dan Nadella serta Membaca Arah Microsoft ke Depan

Ballmer vs Nadella

Meskipun sedikit terlambat, namun saya kali ini ingin mengulas mengenai perubahan arah Microsoft yang didasarkan oleh gaya kepemimpinan CEO sebelumnya, dan CEO yang tengah menjabat sekarang. Mengapa? Karena dengan memperhatikan perbedaan gaya memimpin tersebut, kita dapat melihat orientasi Microsoft ke depannya serta mungkin dapat dijadikan pelajaran bila kamu saat ini tengah memimpin sebuah perusahaan dan memiliki visi untuk menjadikan perusahaanmu sebagai salah satu yang terbaik di dunia.

Ballmer menjabat sebagai CEO di Microsoft sejak tahun 2000 dan resmi digantikan oleh Satya Nadella pada 4 Februari 2014. Ballmer sering disalahkan atas turunnya nilai kapitalisasi pasar (market cap – nilai yang dihitung berdasarkan jumlah keseluruhan nilai saham) Microsoft. Pada tahun 2000, Microsoft memiliki nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 510 miliar dan merupakan perusahaan paling berharga di dunia (sebagai perbandingan, Apple memiliki nilai kapitalisasi pasar USD 4,8 miliar saat itu). Dan pada Juni 2012, nilai kapitalisasi pasar Microsoft jatuh ke angka USD 249 miliar (di saat yang sama, nilai kapitalisas pasar Apple adalah USD 541 miliar). Tentu saja ini menjadi alasan utama Direksi Microsoft mendepak Ballmer yang sudah bertahta sepuluh tahun di Microsoft.

Lalu bagaimana dengan era Nadella? Meskipun terhitung baru setahun berkuasa, pria keturunan India yang kalem ini dinilai telah mengembalikan ke jalurnya. Microsoft mulai dibicarakan kembali di mana-mana karena berbagai produk yang visioner.

Namun tentu saja kita tidak dapat melupakan Ballmer. Sebagai CEO, ada kelebihan dan kekurangan, kesalahan dan kemenangan yang diraihnya, yang mungkin dapat kita pelajari bila membandingkannya dengan Nadella, serta menjadikan kita dapat membaca arah visi Microsoft ke depannya!

 

Gestur: Semangat Berapi-Api vs Ketenangan

Ballmer vs Nadella

Gestur adalah salah satu contoh perbedaan dua CEO raksasa software ini. Ballmer memiliki hasrat yang berkobar, semangat yang seakan tak pernah habis, bahkan sering disindir sebagai ‘badut’-nya Microsoft karena berbagai aksi komikal yang kadang dilakukannya selama menjabat sebagai CEO.

Sebagai contoh, Ballmer yang saat itu berusia 57 tahun, pernah melompat keluar dari kue tart di acara ulang tahun Microsoft ke-25 di Safeco Field Seattle, dan berlari keliling ruangan untuk melakukan tos dengan seluruh hadirin. Pernah di sebuah pesta perpisahan karyawan Microsoft, Ballmer kelihatan sesenggukan ketika lagu “(I’ve Had) The Time of My Life” diputar. Ya, Ballmer tak ragu-ragu menunjukkan sisi emosionalnya. Seperti halnya tak ragu menyerang kesana kemari ketika ada yang ‘mengganggu’ Microsoft.

Gaya meledak-ledak Ballmer ini berbeda 180 derajat dengan Nadella yang cenderung tenang, kalem, dan lebih mirip seorang dosen Fakultas Teknik. Nadella memiliki gestur yang tertata, senyum yang terukur, dan aura seorang filsuf.

 

Latar Belakang: Bisnis dan Pemasaran vs Insinyur

Ballmer vs Nadella

Perbedaaan antara Ballmer dan Nadella sudah tampak dari latar belakang pendidikan mereka. Nadella – seperti yang sudah kamu duga dari penampilannya – adalah insinyur teknik elektro dan ilmu komputer. Gelar MBA diperolehnya setelah bekerja di Microsoft dan mengambil program kelas akhir pecan (semacam ekstensi di universitas kita). Ballmer adalah seorang pebisnis terdidik yang memiliki spesialisasi dalam penjualan dan pemasaran.

Ballmer menggemari basket, dan seorang defender handal yang tak segan ‘bermain kotor’ untuk memenangkan pertandingan. Nadella menyukai kriket – seperti kebanyakan orang India – namun mengakui bahwa dia bukan pemain bagus dalam olah raga tersebut.

 

Komunikasi Kerja: Perusahaan yang Utama vs Keluarga yang Utama

Ballmer vs Nadella

 

Dalam email pertamanya sebagai CEO Microsoft, Nadella mengungkapkan sisi personalnya kepada seluruh karyawan Microsoft. Nadella menyebut keluarga adalah hal yang utama dan patut menjadi perhatian utama bagi karyawan Microsoft. Berikut ini nukilan email dari Nadella:

I am 46. I’ve been married for 22 years and we have 3 kids. And like anyone else, a lot of what I do and how I think has been shaped by my family and my overall life experiences. Many who know me say I am also defined by my curiosity and thirst for learning. I buy more books than I can finish. I sign up for more online courses than I can complete. I fundamentally believe that if you are not learning new things, you stop doing great and useful things. So family, curiosity and hunger for knowledge all define me.

[Terjemahan: Saya berusia 46 tahun. Saya telah menikah selama 22 tahun dan kami memiliki 3 orang anak. Dan seperti halnya orang lain, banyak hal yang saya lakukan dan saya pikirkan dibentuk oleh keluarga dan keseluruhan pengalaman hidup saya. Banyak orang yang mengenal saya menyatakan bahwa saya memiliki keingintahuan dan rasa haus yang besar untuk belajar. Saya membeli buku lebih banyak daripada yang mampu saya baca. Saya mendaftar kursus online lebih banyak daripada yang bisa saya selesaikan. Pada dasarnya saya meyakini bahwa jika Anda tidak belajar hal yang baru, maka Anda akan berhenti melakukan hal yang besar dan bermanfaat. Jadi keluarga, keingintahuan, dan rasa lapar akan ilmu adalah tiga hal yang menjelaskan siapa diri saya.]

Ballmer,  di sisi lain memiliki hasrat yang menggebu untuk memberikan hasil terbaik bagi perusahaan. Seluruh karyawan dituntut untuk memberikan nilai bagi Microsoft. Ini juga yang menjadikan pada ‘masa pemerintahan’ Ballmer, muncul atmosfir ‘saling tikam dari belakang’ di kalangan karyawan Microsoft. Ini karena Ballmer memberlakukan sistem peringkat yang didasarkan hasil. Demi hasil, dia menoleransi upaya ‘menyingkirkan’ karyawan yang berperingkat lebih tinggi dengan prestasi spesifik di Microsoft.

 

Pandangan Terhadap Kompetitor: Hajar vs Rangkul

Ballmer vs Nadella

Sebagai pebisnis sejati, Ballmer memiliki hasrat untuk berkompetisi yang sangat tinggi. Dia selalu menggelorakan semangat untuk lebih unggul daripada para pesaing lain di bidang teknologi. Orang-orang masih mengingat bahwa pada tahun 2009, di sebuah rapat perusahaan, dia mengambil sebuah iphone dari kantung karyawan Microsoft lalu menginjak-injaknya di depan publik (bukan berarti bahwa karyawan tersebut memiliki iPhone, Ballmer sebelumnya mempersiapkan iPhone tersebut sebagai bagian dari aksi teatrikal khas-nya). Kemudian pada acara Q&A Microsoft tahun 2012, dia mengejek OS Android sebagai OS yang “liar” dan “tidak terkontrol”.

Sementara itu Nadella jelas lebih kalem menanggapi persaingan. Pada rapat analis finansial di bulan September yang lalu, dia menggambarkan visinya tentang bagaimana software Microsoft seharusnya dapat dijalankan di iOS, Android, dan Windows secara setara. “Perusahaan bersifat heterogen, dan kita harus mengenali hal ini,” ungkapnya.

Dalam hal strategi, Nadella juga memberi petunjuk samar bahwa Microsoft akan perlahan meninggalkan software desktop tradisional dan memegang pendekatan “mobile first, cloud first“. Inilah mengapa software Microsoft seolah ‘dibagikan’ ke iOS dan Android. Microsoft juga mengutamakan layanan cloud seperti Office365 dan Azure. Dalam hal layanan cloud, Microsoft bahkan disebut memiliki posisi di atas Apple dan Google.

Nadella juga tidak ragu mengumumkan “open source secara internal”, dalam artian Microsoft secara terbatas, bersedia membuka diri kepada pengembang. Bahkan dalam pengembangan browser Edge, Nadella menyewa tim dari Mozilla dan komunitas ‘open web’ untuk menciptakan browser terbaik.

 

Fokus Perusahaan: Pemasaran vs Inovasi

Ballmer vs Nadella

Pada era Ballmer, Microsoft berupaya berfokus pada pemasaran. Ballmer terus berupaya memperluas pangsa pasar Microsoft dengan mengutamakan segmen enterprise serta juga terus menerus berperang melawan para pembajak software Microsoft (mungkin termasuk kita di Indonesia juga). Sayangnya hasilnya justru kontraproduktif. Dalam masa kepemimpinan Ballmer, pangsa pasar Microsoft terus menyusut dan Microsoft mengalami stagnansi, bahkan kecenderungan menurun nilai sahamnya.

Pendekatan yang berbeda diambil Nadella. CEO baru Microsoft ini mengungkapkan bahwa dia akan berfokus pada inovasi. Karena inovasi akan menjadikan Microsoft terus dibicarakan, dan secara otomatis ini akan meningkatkan pangsa pasar dan nilai saham – demikian pendapatnya. Dalam salah satu emailnya untuk para karyawan Microsoft, Nadella menulis, “Industri kita tidak menghormati tradisi — industri ini hanya menghormati inovasi. Jika tidak melakukan kesalahan, maka kita akan menuju tempat yang lebih besar!”

Setidaknya Nadella membuktikan tekadnya dengan banyaknya inovasi Microsoft setahun belakangan ini seperti Hololens dan konsep OS Universal (Windows 10). Memang perlu diakui bahwa ini sudah lama dirintis, namun terlihat jelas bahwa Nadella memberi perhatian lebih terhadap inovasi dari berbagai pengumuman tentang alat-alat canggih baru yang diluncurkan Microsoft.

 

Membaca Rencana Microsoft ke Depan Bersama Nadella

Dengan membandingkan karakter dua CEO tersebut, kita dapat membaca bahwa fokus Nadella ke depan sepertinya adalah inovasi. Sebagaimana latar belakang Nadella, Microsoft akan memberi porsi besar pada temuan produk-produk baru dan penyempurnaan produk yang dinilai gagal.

Fokus Microsoft pada Cloud juga tidak mengherankan. Sebelum menjabat sebagai CEO, Nadella adalah President of the Server & Tools Division yang bertanggung jawab menangani produk Cloud Microsoft, termasuk Azure yang sukses besar di kalangan enterprise.

Lalu bagaimana nasib Windows Phone di tangan Nadella? Sepertinya kamu tidak perlu khawatir. Dalam sejarahnya, Nadella bukan orang yang terlalu memikirkan angka penjualan dan pemasaran. Infrastruktur yang solid dan produk yang bagus merupakan hal utama yang ada dalam pikirannya. Oleh karena itu, walaupun dikenal sebagai salah seorang penentang akuisisi Departemen mobile Nokia, Nadella tidak akan ‘membuang’ warisan yang diserahkan kepadanya tersebut, karena OS Mobile merupakan salah satu dasar infrastruktur Microsoft untuk berbagai layanan yang akan diberikannya.

Kamu punya pendapat lain tentang kedua CEO ini serta arah Microsoft ke depannya? Silakan berbagi di kolom komentar!

 

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Satya Nadella memang jagoan
    India pasti bangga pernah melahirkan CEO handal seperti pakdhe Nadella ini, yang memegang perusahaan legendaris besar sekelas Microsoft

    • MADUN

      Waduh pak dhe.. Ncing aye tuhh .. *wkwk

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      Turunkan om Nadella di Microsoft.. langsung naik pamor.. lain lagi om Shaheer Sheikh di “Cinta di Langit Taj Mahal” (ANTV) langsung naik tenarnya.. wkwkkwkw

      • The Legend Of Iday Belegug

        Garing bnget lawakannya. Ogah!

        • Randhika

          Akun ini akunnya si gigolo mucikari azzam yang di teknoup.com bukan ya…? Kelakuannya sama, kelakuan pelacur gigolo mucikari yang nawarin jasa prostitusi online pake google adsense :3

          • Venom is back

            Gw g ada akun kloning lg woy !!!!!!!!!!!!!!!!
            akun gw selalu ganti nama dan register akun lagi setiap bully bocah bocah disni. Catat!!!!!

          • Pravda

            kaga pernah membaca adalah salah satu kelebihan makluk rendahan kaya lu. cuman bisanya ngacak ngacak website orang dengan komentar sampah lu

          • Danix Hamdani

            gak ada akun kloning telaso mu..
            itu nabule.. bukan kloning ji kah itu njing?
            Maloco sana kau njing… ndak ada malumu nyampah disini..

            mau minta di ajalkan Allah kah??

      • The Legend Of Iday Belegug

        JIh…. ngelucu lg nih si anak venom. Garing woy garing !!!!!!!!!!!!!!!!! wkwkwkwkwk

  • Muhammad Al-Kuch

    Berinovasi seperti job.

    • yup, pasca meninggalnya Steve Jobs, Apple jd tidak seperti dulu lagi..

    • Nurcahya

      Yap, sama sama botak juga :v

      • Rasshid

        apa orang botak itu inovatif? :v

        • Fayyadh Muchlis

          lebih tepatnya orang inovatif itu yang botak karna kebanyakan mikir :v

        • Nurcahya

          Kayak kayaknya sih :v mending botakin aja gan rambutnya biar inovatif :v

        • Achmad Riduwan

          orang yg sukses itu org yg kepalanya ..
          … botak :v

        • Muhammad Al-Kuch

          Sebenernya Orang Indonesia itu juga inovatif, tapi di bidang yang lain.

      • Budiです

        botak supaya ide gampang masuk :v

  • Achmad Riduwan

    Kapan ya Indonesia bisa memiliki seorang CEO / pemimpin yg karakternya seperti Satya Nadella ?..

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      ada penggantinya kok.. om Norman Sasono wkwkwkwk

      • Achmad Riduwan

        owalah..

      • The Legend Of Iday Belegug

        Ceilah… ngelawak dek ??????? sono noh di Tawa Sutra antv !!!!!
        udah lawakannya garing pula. Wkwkwkwkwkwkwkwwk Nom oh venom. Bodoh kau !

        • Ente siape? :v

          • Venom is back

            lah elu siapa ????????????????????????
            Mirror dlo baru jwab dek. Dsar kampung!!!!!!!!!

        • devata

          Habis ya obatnya om?? Apa perlu di vaksin neh…

          • Venom is back

            Mak lo aja ksih vaksin……………
            haha

          • devata

            Eh nyet!!! Ngapain bawa-bawa mak saya!! Dasar sampah.

  • doblonk

    yang pasti persamaanya ada di kepalanya, rambut *eh

    • berarti syarat pertama utk jd CEO Microsoft adalah harus botak dulu.. *eh :v

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Gak harus botak.. itu Maestronya exCEO Microsoft Pakdhe Bill Gates.. gak botak.. malah gondrong.

        • Achmad Riduwan

          gak kebayang klo rambutnya Bill Gates di cukur habis :v

          • doblonk

            wanjer, ngakak ane wkwkwk

          • Ida Bagus Anom Sanjaya

            malah ora keren..

          • The Legend Of Iday Belegug

            woy venom……. apanya yg keren ??????????? Dsar iday g berjaya.

          • Venom is back

            Sok jawa sgla pke “ora”
            Dasar venom anak yg sok sok an.

          • Wa Ode Minawati

            sukanya.. tawa.. emang. gak boleh ka.. ?? la tukang larang larang he. jangan jangan ko anu… anumi.. ko.. ndak ada satupun di balas punyamu sama dia.. ee kasihan.. sekali.. hidupmu.. gak pake nama asli.. gak jelas.. suka sampahin.. gak pasang gambar.. jangan jangan ko punya “penggorimu” (kurapmu) di wajahmu. pa edd .. sedihmu.. nabule..

        • The Legend Of Iday Belegug

          g sadar…. venom kan botak ! ppfftt… botak bilang botak. Gndorng msih mnding !!!!!!!!!!!!!!!!!!! hahahah venom the day

          • Ali

            botak mananya?? di gambar akunnya gak ada botak satupun sok lu

      • wah, jadi saya bisa jadi CEO-nya Microsoft dong, sayakan botak (walaupun nggak total)… :v

        • Achmad Riduwan

          nanggung tuh, cukur habis aja biar karisma ente ‘wah’ klo jadi CEO ;v

          • wah, nanti kepala saya tambah kinclong dong… :v
            yg begini aja banyak yang sakit matanya, apalagi yg botak total… :v

          • Creeper

            lumayan lah,.. :v yg katarak, tunanetra atau lainnya lngsung sembuh lagi :v

          • anjir :v

      • doblonk

        sepertinya begitu om, itu syarat mutlak :3

        • Nurcahya

          Botak adalah Mutlak :v

      • Samuel Manjo

        Chairmannya juga botak..

  • HP-nya Nadella sama Steve apa ya?? Siapa tau di juga suka stalking :D

    • Achmad Riduwan

      Tanyakan sama Cortana..

  • Zoxar Blackist

    Nanti tahun 2020 aku jadi CEO Microsoft. Setuju gak??

    • Labib Muhammad

      Visi misi dulu, dong. Baru bisa dipikirkan :v

      • Zoxar Blackist

        Oh gitu

        • 정승최

          ikut parpol apa kau pak? :v

          • Zoxar Blackist

            Oh gitu

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Kayaknya om Nadella ini seperti reinkarnasi tokoh terkemuka India “Manahat Ghandi” hanya cuma bidangnya aje yang beda…

    • The Legend Of Iday Belegug

      KAYAKNYA SI IDAY PENDIEM INI ANAK DARI SI VENOM. MUSUH SPIDEY !!!
      wkwk g berjaya !! wkwkk venom !! wkwkwk iday !! wkwkwk aahahhaha

    • Venom is back

      ida bagus anom sanjaya bodoh

      • Andri Simon Taliman

        lu lebih lebih.. lu bully dia.. dia malesin serang balik … menunggu serangannya kayak orang bodoh. siapa yg bodoh ya elu..

    • Venom is back

      hehehehehehehehe Stup!D kau anom aka venom

  • abydarda

    bang Sat-ya nadella itu org jenius di bidang teknologi dan telekomunikasi, jadi pasti dia tau kemana arah gerak perusahaannya supaya menjadi perusahaan teknologi nomor satu .

  • Nurcahya

    Bener bener Mirip Steve Jobs. Sama sama orang berinovasi tinggi.
    Btw dulu saya kira Satya Nandela orang indonesia :v

    • Achmad Riduwan

      sama, ane juga mengira Satya Nadella org Indonesia ,karna nama depannya :v

      • Ida Bagus Anom Sanjaya

        Ane gak gitu..

        • The Legend Of Iday Belegug

          eh Day….

        • The Legend Of Iday Belegug

          mana g gtu. wong jam segini si venom lg di tdurin. Hahaha
          nom venom

      • Nurcahya

        Sama ane juga :v makannya bingung dulu kok sampe ada berita CEO MS diganti sampe heboh :v trus baca baca namanya Satya Nandela :v jadi seketika kirain orang indonesia makannya heboh :v

  • Labib Muhammad

    Dibandingkan sama yang lain coba, misalnya sama CEO Apple atau Google :v

  • Zoxar Blackist

    Untuk karyawati Microsoft, jangan minta gaji gede dari Microsoft. Begitulah pidato Satya Nadella.

    • Samuel Manjo

      Maksud dan ucapannya beda.. Sepertinya sudah diperjelas lagi sama om Satya..

      • Zoxar Blackist

        oh

  • Markodet

    Seperti kata lik Tom Warren, dibawah Nadella, Microsoft akan keren lagi!

  • IMIEN COVER BOY

    Nah ini coloum coment dah kembali lgi seperti awal…

  • irfan

    Boleh mnta bantuannya,saya kanmau masuk ke menu perusahaan di pengaturan,nah username & password sudah benar,tapi pas diklik login malah balik lagi ke menu login. Kalau yang tau,tolong dibantu ya. Terima Kasih

  • ZAY

    _–_ awalnya ngira kalau Nadella adalah nama cewe taunya cowo

  • irfan

    Saya mnta bantuannya,saat saya ingin masuk ke account perusahaan di menu pengaturan,kenapa gagal terus,padahal password&username sudah benar tapi selalu kembali ke menu login. Tolong bantuannya.

  • anton625

    Maaf agak menyimpang nih, mo nanya kepada rekan2 pengguna lumia 920 sama 925.
    LTE lumia 920 kan di frekuensi 700 / 2100 sementara di indonesia pakai 900 / 1800. Nah LTE 920 bisa dipakai gak di indonesia?
    Untuk lumia 925, yg beredar di indonesia ini masih 3.5G ato sdh LTE? Kalau ssh LTE frekuensinya pakai yg berapa?

    • Keduanya enggak bisa LTE :D
      Ini kaitannya dengan hardware.

      • anton625

        Berarti lumia 920 & lumia 925 yg dipasarkan di indonesia itu yg 3.5G ya jadi tidak ada LTE nya, sama kayak lumia 625, kalau yg di internasionalnya kn sdh LTE cuman yg dipasarkan di indonesia yg lumia625 tidak ada LTE

        • Iya betul. Sayangnya begitu…

          • anton625

            Ok trima ksh infonya,rencana mo bli antara 920 ato 925 tp hp bekas,hasil kamera antara 920 & 925 bgus mana y?

          • 925 hingga saat ini masih jadi ponsel dengan kemampuan low light terbaik, dan di DxOMark yang rajin mengadakan perbandingan soal kamera, nilainya hampir sama dengan Lumia 1020.

          • anton625

            Iya gan,cmn sayang storagenya cm 16gb

  • Semoga dibawah kepemimpinan satya nadella microsoft bisa terus berinovasi

  • Agung Dedy

    itu hape yang moto lumia semua ya ?

  • Bill Jobs

    Om Febian, mending BLOKIR aja tuh yang komen enggak jelas di komennya @idabagusanomsanjaya:disqus

    Sekalian pada Report User…

    • devata

      dibully aja bro. haha…

      • Bill Jobs

        Bully balik dan Blokir…

        • Venom is back

          Abis main bully trus blokir
          =Banci Kaleng Di Lampu Merah=
          wkwkwkwkwk

          • devata

            Daripada loe manusia sampah!! Nyampah kok disini!! Ngaca om.

          • Wiswandi Landimuru

            tobat lu cuk.. tobat mau kena semprot sama Allah..?

      • Venom is back

        Sok nih bully gw. Haha… percuma,,,,,,,, gw slalu bwat akun bru lg.
        wkwkwk anak anak disini pda b0d0h smua. Apa lg si Venom !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

        • Wiswandi Landimuru

          lu lebih lebih.. dah nyampah disini nyampah lagi Disqus..

    • Venom is back

      Eh b0d0h bin b3g0 !!!!!!!!!!!!!!!
      Catat nih ya !!!!!!!!!!!! Gw setiap abis bully bocah bocah disini lngsung logout.
      Trus besoknya klo mau bully anak kampung disini ya register baru lg. Percuma lo mau bilang ke Admin jg klo gw tuh selalu bwat akun baru lg. Hahah…. Catat dek. Jgn di plototin aja !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  • Zahid Fakhruddin

    iyaa, dosen Fakultas Teknik emang rata2 kalem orangnya, tapi ketika KHS keluar, baru ketauan mana yang bener2 kalem dan mana yang pura2 kalem *pengalaman njirr :v

  • rianda wibisana

    good article,…,, gesture can tell story who u are what u thinking of inside your head,..,,

  • IMIEN COVER BOY

    Miminnya Sampai lupa cari brita windows 10,,kalau dia jga punya app winpoin di bursa hahahahahahahaaa…….

    ✌✌✌✌✌✌✌✌✌

    • Maksudnya gimana Imin? :(

  • Si Yoga lagi ujian tesis. Doain aja cepat sukses kelar jadi ntar bisa memanjakan kita semua lagi… (0 0)/

    • IMIEN COVER BOY

      Amin,,moga exis lgi di winpoin dan berbagi ilmu nya buat kita semua,,
      Pantas aja gx tau nongol lgi di winpoin….

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Woee bro,, bosan nih.. Ad brita baru gk??

  • jujur gan ane terharu baca ini gan, kebuka hatinya gitu wkwkwk, kompetitor lain bersaing untuk yang terdepan bahkan mikir mikir buat cross platform eh tapi karena harus bertahan mau tidak mau dia harus mengikuti khalayak umum, tetapi mikocok beda gan dia merangkul, uuuuuhh sedih gan wkwkwkwk

  • Adnan Zaki

    Om nadella kereeen :3 semoga makin keren jg inovasi-inovasinya!