Home News Perkenalkan USB 3.2, Lebih Cepat 2x Lipat Dari USB Saat ini

Perkenalkan USB 3.2, Lebih Cepat 2x Lipat Dari USB Saat ini

USB 3.1 yang saat ini terlihat mewah, bakal segera jadul dengan diperkenalkannya USB 3.2 berkecepatan 2x lipat

Perkenalkan USB 3.2, Lebih Cepat 2x Lipat Dari USB Saat ini

Jika bisa ditarik benang merah, perkembangan teknologi mengarah ke semakin kencang dan kencang. Tidak terkecuali dengan perkembangan USB. USB 3.1 yang saat ini berkecepatan hingga 10Gbps pun bakal segera jadul dengan diperkenalkannya USB 3.2 yang punya kecepatan transfer hingga 2x lipat!

Sama seperti USB 3.1, USB 3.2 juga menggunakan Type-C yang reversibel. Peningkatan kecepatan transfer 2x lipat hingga ke angka 20Gbps ini bisa langsung kamu nikmati di kabel Type-C saat ini. Hal ini karena kabel USB Type-C saat ini pun sudah memiliki empat pasang kabel atau lane untuk mentransfer data. Namun USB 3.1 tidak mengijinkan kabel Type-C untuk transfer data secara bersamaan di beberapa lane sekaligus.

Di USB 3.2 hal tersebut bisa dilakukan, sehingga dengan kabel Type-C yang sama, transfer data bisa berlangsung melalui beberapa lane sekaligus dan membuat kecepatan transfer meningkat dari 10Gbps menjadi 20Gbps.

Namun meskipun USB 3.2 memiliki kecepatan transfer sekencang 20Gbps, port ini masih kalah kencang dengan Thunderbolt 3 yang memiliki kecepatan transfer hingga 40Gbps. Hanya saja USB 3.2 bakal tetap menjadi primadona dan standard umum, karena Thunderbolt 3 memang hanya disematkan ke perangkat high-end dengan harga diatas rata-rata.

Oh iya, bagi kamu yang penasaran, USB 3.0 Promoter ini terdiri dari raksasa teknologi termasuk Microsoft, Apple, dan HP. Spesifikasi lengkap USB 3.2 ini bakal tuntas sekitar bulan September tahun ini.

Cepat sekali ya perkembangannya?

  Buka Bungkus Kartu Perdana Jaman Old!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.