Setelah Windows 10 May 2019 Update, mungkin banyak pengguna yang kecewa dengan berpindahnya fungsi Cortana yang menjadi tombol tersendiri di sebelah fungsi pencarian. Ini terlihat tidak begitu praktis dan mungkin sedikit kurang estetik. Sepertinya Microsoft berupaya memperbaiki hal ini dengan cara menambahkan fungsi untuk memindahkan tombol Cortana tersebut sesuai selera pengguna. Fitur ini rencananya akan diperkenalkan pada update besar tahun 2020 nanti.

Build 18975 (20H1) baru saja masuk ke fast ring yang mana menunjukkan bahwa Cortana bisa dipindahkan di posisi desktop lainnya. Perubahan lain yang diperkenalkan pada build preview tersebut adalah sistem chat baru untuk Cortana, yang memungkinkan kita berinteraksi secara alamiah dengan Cortana. Ini juga menunjukkan bahwa Microsoft ingin menjaga Cortana ‘lebih lama’ di Windows 10.

Pada dasarnya, konsep yang diinginkan oleh Microsoft sepertinya adalah memisahkan Cortana sebagai aplikasi tersendiri, bukan lagi bagian default dari Windows 10, dalam artian, kita juga bisa menghapus Cortana jika diinginkan.

Harap perhatikan, bahwa tidak semua orang akan mendapatkan fitur ini. Hanya tester khusus, terutama yang berbasis di AS yang akan menerima pembaruan untuk fitur ini terlebih dahulu, sementarar kita yang di Indonesia mungkin sedikit belakangan.

Dalam build ini, Microsoft juga menyertakan perbaikan Windows Subsystem for Linux (WSL), yang mana akan menjadikan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan Linux lewat Windows 10 lebih baik. Perubahan ini diperkenalkan kepada lebih dari 50% tester mulai minggu lalu. Jadi kemungkinan besar update bulanan yang terdekat akan disertakan perbaikan ini juga. Perubahan lain yang patut dinantikan adalah opsi Reset this PC cloud download yang memungkinkan perangkat Windows 10 nantinya bisa diinstal melalui server Microsoft secara langsung.

Sumber: Techradar

  Xiaomi Siapkan Hape 108MP Kamera!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.