Home News Proshot Windows 10 Mobile Memudahkan Penggemar Foto Hitam Putih Mengambil Gambar Keren

Proshot Windows 10 Mobile Memudahkan Penggemar Foto Hitam Putih Mengambil Gambar Keren

Proshot untuk Windows 10 Mobile meluncurkan versi 2.0 yang memiliki UI lebih sederhana dan yang menarik: ini akan memudahkan para penggemar foto hitam putih (B/W) untuk berkarya optimal! Sebenarnya pembaruan ini sudah cukup lama, kurang lebih seminggu atau dua minggu yang lalu, namun saya belum sempat mengulasnya. Beberapa hari ini saya terpesona oleh kemudahan Proshot dalam memproduksi gambar hitam putih yang tajam, menarik, dan khas, sehingga menurut saya ini layak untuk diketahui oleh teman-teman sekalian.

 

Penyegaran UI

UI Proshot kini tampil lebih sederhana dan mudah. Menurut saya ini adalah komposisi UI terbaik milik Proshot sejak era Proshot Windows Phone 8. Pada zaman Windows Phone 8, Proshot menurut saya memiliki UI yang meskipun berbeda dengan Nokia Camera, namun menjanjikan kesederhanaan dan kelengkapan yang nyaris setara. Setelah berkutat dengan pergantian antarmuka yang seringkali bikin kita ribet, kali ini Proshot kembali dengan ciri khasnya: kesederhanaan dan kesempurnaan.

Lihat lingkaran warna di atas itu? Dengan tap lingkaran tersebut, kamu langsung dapat mengubah format foto menjadi hitam putih. Ini sangat memudahkan untuk mengambil gambar dengan cepat dan tanpa terlalu banyak melakukan setting (Apalagi jika kamu sudah membuat setting sendiri dan menyimpannya dalam Live Tile)

Tap ikon roda gigi akan membawa kamu ke pengaturan tingkat lanjut. Di sini kamu bisa dengan mudah mengatur ‘cara pengambilan gambar’ yang kamu inginkan. Warna hijau berarti fitur tersebut aktif. Ini sangat mudah dan praktis.

Ada yang sudah mencoba Light Painting? Saya belum mencobanya. Namun batasan untuk melakukan exposure hingga 10 detik ini jauh melebihi kemampuan Microsoft Camera yang maksimal adalah 4 detik! Memungkinkan kamu mengambil rentang cahaya yang panjang dan indah.

Pengaturan untuk Video juga memungkinkan kamu mengambil gambar dengan memanfaatkan kekuatan optimal kamera milik perangkat Windows 10 Mobile kamu. Saya menggunakan Lumia 950, dan kemampuan maksimalnya untuk merekam momen dalam 4K, 60 fps dan kualitas maksimal tentu saja masih masuk performa kamera papan atas meskipun dalam standar 2017 sekalipun!

 

Fotografi Hitam Putih Lebih Keren dan Mudah

Nah, tadi saya menyinggung masalah fotografi hitam putih. Kemampuan ini memang saya soroti lebih dalam pada artikel ini karena dalam UI baru Proshot v2.0, kita cukup mengetuk tombol lingkaran warna di bagian atas untuk beralih ke mode B/W. Jika kamu kurang puas dengan pengaturan warnanya, kamu bisa melakukan setting lebih lanjut di bagian komposisi warna untuk mendapatkan karakter warna yang paling cocok dengan selera kamu.

Berikut beberapa contoh hasil fotografi hitam putih yang saya lakukan memanfaatkan aplikasi ProShot v2.0.

 

Kesimpulan

Meskipun nasib Windows 10 Mobile telah ditentukan, ProShot masih membuktikan diri sebagai salah satu aplikasi terbaik sejak era Windows Phone 8. Aplikasi ini memang memiliki penggemar tersendiri dan telah memberikan warna bagi penghobi fotografi, khususnya pengguna Lumia yang memang memiliki kamera yang canggih sejak awal perkembangannya.

Trivia: ProShot untuk iPhone sekali pun belum mendapatkan versi ini. Rise Up Games, Developer ProShot nampaknya menepati janjinya untuk selalu mengutamakan OS yang membesarkan namanya sebagai developer ini.

UI Terkini ProShot for iPhone

Kamu sudah mencoba ProShot v2.0? Bagaimana pendapat kamu? Tuangkan opini kamu di kolom komentar!

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta