Punya Imajinasi Buatan, Bot Microsoft Bisa Menggambar Apapun yang Kamu Perintahkan
images by Sam Burris

Kalo biasanya ketika kamu Googling cari gambar, katakanlah cari gambar burung, maka mesin pencari akan menampilkan berbagai gambar burung. Tetapi Bot buatan Microsoft ini lebih kreatif dari itu. Bot ini akan menggambar apa yang kamu katakan, pixel demi pixel, dengan imajinasi buatan yang dimilikinya.

Mircrosoft Research menyebutnya sebagai Drawing Bot. Jadi selain punya kecerdasan buatan, bot ini juga punya imajinasi buatan.

Drawing Bot akan secara teliti mendengarkan perkataan kamu, kata demi kata, dan menggambar sesuai dengan deskripsi yang kamu berikan. Katakanlah kamu menyebutkan burung kuning hitam pendek, maka dengan imajinasi buatan yang dimilikinya, bot ini akan menghasilkan gambar seperti ini.

Punya Imajinasi Buatan, Bot Microsoft Bisa Menggambar Apapun yang Kamu Perintahkan

Tetapi karena memiliki imajinasi buatan, maka terkadang gambar yang dihasilkan juga bisa nyeleneh. Bahkan bisa jadi apa yang digambarkan tidak ada di dunia nyata. Seperti burung diatas, bisa jadi dia menggambarkan burung yang sebenarnya tidak eksis, itu hanyalah gambaran imajinasi bot tersebut berdasarkan deskripsi yang kamu perintahkan.

Tim Microsoft Research terus menanamkan Machine Learning agar bot ini semakin lama semakin pintar dalam mengenali obyek dan menentukan aksi apa yang harus ia gambarkan.

Sebenarnya teknologi yang dimiliki oleh Drawing Bot ini dikenal sebagai Generative Adversarial Network — atau disingkat GAN. Teknologi ini memadukan dua model machine learning, satu machine learning sebagai generator untuk menghasilkan gambar dari deskripsi teks, dan satu lagi disebut sebagai diskriminator, untuk memutuskan apakah gambar yang dihasilkan otentik atau tidak.

Generator akan terus menghasilkan gambar — dan terkadang ini gambar yang ngaco, tetapi diskriminator bakal memilah terus menerus sampai dihasilkan gambar yang sesuai. Kombinasi keduanya bakal menghasilkan gambar yang akurat dan sesuai dengan perintah.

Apa Manfaatnya

Teknologi semacam ini nantinya bisa digunakan di berbagai aplikasi untuk asisten desainer, pelukis, atau ditanamkan di software untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas foto.

Microsoft bahkan menegaskan bahwa dengan komputing power yang besar, teknologi ini juga bisa digunakan untuk membuat film animasi berdasarkan naskah yang diberikan.

Mantap sekali kan? 😅

via Microsoft

  Ubuntu 18.10, Kurang Apa Lagi..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.