Baru baru ini Microsoft telah menerbitkan sebuah Support Document untuk menjelaskan perihal backup registry di Windows 10, yang menurut mereka itu bukanlah sebuah bug, namun adalah sebuah fitur dari sistem operasi windows itu sendiri.

Bagi yang belum tahu, Windows 10 dilengkapi dengan sebuah fitur yang membuat sebuah backup registry secara otomatis setiap kali sistem sedang idle, hal ini tentu saja membantu memastikan bahwa registry system tidak rusan dan jika ada kerusakan, proses restorasinya akan mudah. Namun pada tahun lalu, tepatnya di Windows 10 versi April 2018, yaitu versi 1803, fitur ini dihilangkan, dan banyak pengguna Windows 10 dari berbagai forum membahas hal ini, dan menyimpulkan ini adalah sebuah Bug. seperti yang dilaporkan situs ghacks berikut.

Registry System Windows 10 Tidak Dibackup adalah Fitur? ini kata Microsoft.

Tetapi menurut Microsoft, tidak dibackupnya registry system merupakan bagian dari Fitur yang mulanya diperkanalkan pada Windows 10 1803. Dengan kata lain, Windows 10 versi 1803 (April 2018 Update), Windows 10 versi 1809 (Update Oktober 2018), dan versi Windows 10 1903 tidak melakukan backup registry secara otomatis seperti sebelumnya

“Mulai di Windows 10, versi 1803, Windows tidak lagi secara otomatis melakukan backup atas registry sistem ke RegBack folder. Jika Anda menelusuri \Windows\System32\config\RegBack folder di Windows Explorer, Anda masih akan melihat setiap registri yang tersimpan di registry hive, tapi setiap file berukuran 0 kb,” Microsoft menjelaskan.

“Perubahan ini didesain, dan dimaksudkan untuk membantu mengurangi ukuran keseluruhan disk Windows. Untuk memulihkan sistem dengan registry hive corrupt, Microsoft menganjurkan bahwa pengguna menggunakan Restore Point,” Lanjut Microsoft

Namun untuk pengguna biasa seperti kita, hal ini tidak terlalu menjadi masalah, dan bahkan hampir tidak ada yang sadar akan adanya fitur Registry Backup Schedule. Tetapi bagi kamu yang memang dulu sering melakukan backup regisry, tenang saja, hilangnya kemampuan melakukan backup secara otomatis ini bukanlah sebuah bug, tapi sebuah fitur baru yang dimaksudkan untuk mengurangi beban kapasitas disk di Windows 10 itu sendiri.

Berikan pendapatmu mengenai hal ini dikolom komentar dibawah.

Via : Microsoft, News Softpedia, GHacks

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.