Menggunakan Windows 7 di 2019 itu rasanya agak sedikit spesial, beberapa software terbaru sudah banyak yang tidak support, termasuk Microsoft Office yang hanya bisa sampai Office 2016 saja. Namun tentunya Windows 7 itu masih bagus dan cocok untuk digunakan setidaknya sampai tahun depan, apalagi jika perangkat yang digunakan masih memiliki spesifikasi rendah, dan selama tidak menginstal aplikasi berbahaya tentunya.

Hal yang bagus datang dari Microsoft, karena akhirnya mereka merilis Microsoft Edge Berbasis Chromium ke sistem operasi Windows 7 dan 8.1, sepertinya mereka masih menyayangi kedua OS ini.

Dan kali ini saya memutuskan untuk mencoba Microsoft Edge di perangkat Windows 7 teman saya, yang kebetulan dipinjamkan selama 3 hari ini.

Instalasi

Instalasinya, sama seperti instalasi pada Windows 10, dan disini saya menggunakan Microsoft Edge Dev sama seperti yang saya gunakan di laptop utama saya.

Mencoba Microsoft Edge Berbasis Chromium di Windows 7 - Bagus?

Tampilan

Tampilan Microsoft Edge ini terlihat menarik karena dipadukan dengan Windows Aero yang transparan, Namun kawan kawan, untuk mengubah tampilan ke dark mode sendiri saya belum menemukan sebuah pengaturan untuk mengubah tampilannya menjadi dark mode, dan meski mengubahnya lewat edge://flags, tetap tidak mengubahnya ke dark mode.

Mencoba Microsoft Edge Berbasis Chromium di Windows 7 - Bagus?
Mencoba ubah ke Dark mode lewat flags
Mencoba Microsoft Edge Berbasis Chromium di Windows 7 - Bagus?
Tampilannya masih Light.

Fungsi Utama dan Tambahan

Selain dari Dark Mode yang entah kenapa tidak bisa diaktifkan, semua fungsi dan fiturnya sama seperti yang kita ketahui sebelumnya, Group Tab, Show Only Icons, dan beberapa fitur lain bisa dijalankan dengan normal tanpa ada masalah.

Mencoba Microsoft Edge Berbasis Chromium di Windows 7 - Bagus?
Fitur Group tab yang bermanfaat sekali

Extensinya sendiri sama sama masih bisa digunakan, baik itu extensi dari Chrome Webstore, atau Extensi dari Microsoft Store.

Performa?

Jika kita ingat kembali Ada 50+ Service Yang Dimatikan atau Diganti di Microsoft Edge Berbasis Chromium ini, menjadikan performa menggunakan Microsoft Edge lebih baik jika dibandingkan dengan Google Chrome, meski dengan RAM 3 GB sekalipun, mengerjakan kegiatan berinternet ria tidak terasa terlalu berat. Dan untuk kecepatan internetnya sekalipun bisa dibilang cepat, apalagi jika dibandingkan dengan Internet Explorer bawaan Windows 7.

Mencoba Microsoft Edge Berbasis Chromium di Windows 7 - Bagus?
Mencoba Microsoft Edge Berbasis Chromium di Windows 7 - Bagus?
Kanan Microsoft Edge Vs Kiri Internet Explorer 8

Kesimpulan

Selama 3 hari ini saya menggunakan Microsoft Edge Chromium di Windows 7, meski dengan spesifikasi seadanya, aktifitas berinternet ria, seperti streaming, nulis, sosial media, dengan membuka 10 -15 tab tidak terlalu menjadi masalah, baik itu performa hardware, ataupun performa dan kecepatan loading halaman web, pengalamannya lebih baik jika dibandingkan dengan Google Chrome, atau Internet Explorer 😅.

Jika suatu saat nanti Microsoft Edge ini dirilis kepublic, dan kamu masih menggunakan Windows 7, saya sangat merekomendasikan untuk menginstal Microsoft Edge ini, selain ringan dan cepat, pengalaman mengguanakannyapun tidak akan buruk.

Tertarik Mencoba? Download Microsoft Edge Insider disini: Microsoft Edge Insider

Nah apakah kamu masih menggunakan Windows 7? sudahkah kamu mencoba Microsoft Edge Berbasis chromium ini diperangkat kamu? share dibawah guys. Btw laptop teman saya ini Compaq Presario CQ43-411TU yang udah diupgrade ramnya jadi 3 GB dengan Windows 7 Ultimate 32 Bit.

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.