Sejak Windows 10, Microsoft menggabungkan semua aspek keamanan pada Windows — meliputi Windows Defender, Firewall, Network Protection, dan lain-lain — ke dalam satu aplikasi yaitu Windows Security.

Disatu sisi tentu ini merupakan hal yang bagus, tetapi disisi lain — khususnya untuk Windows Defender — pengaturan agak menjadi sedikit merepotkan karena harus beberapa kali klik untuk berpindah dari satu pengaturan ke pengaturan yang lain. Terlebih hingga saat ini, Windows Security tidak memiliki panel pencarian yang biasanya dapat mempermudah ketika ingin mencari suatu pengaturan.

DefenderUI menjawab permasalahan tersebut dengan memberikan tampilan yang lebih simple, karena semua menu yang ada pada Windows Defender ditampilan pada satu halaman dan pengguna bisa mengaktifkan atau mematikan pengaturan dengan sekali klik saja.

DefenderUI

Kamu bisa download (439 KB) dan install aplikasi seperti biasa. Jika sudah, pada halaman awal, kamu perlu memilih security profile sesuai dengan kebutuhan (pengaturan ini bisa diganti lagi nantinya).

Pada tampilan depan, kamu akan mendapati 5 opsi pengaturan, yakni:

  • Home: Berisikan pengaturan yang biasa dilakukan pengguna.
  • Basic: Berisikan pengaturan dasar dari Windows Defender.
  • Advanced: N/A
  • ASR Rules: Berisikan pengaturan yang biasa digunakan jika ingin mencegah komputer dari serangan yang menggunakan injeksi atau script.
  • DefenderGuard: Berisikan pengaturan yang berhubungan dengan DefenderGuard.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, kamu hanya perlu sekali klik saja pada pengaturan yang ada.

Perlu diketahui, bahwa aplikasi DefenderUI ini masih dalam tahap beta, jadi masih akan dilakukan pengembangan (hal ini juga yang membuat halaman Advanced masih kosong). Kamu dapat mengikuti perkembangan dari aplikasi ini melalui halaman forum MalwareTips.

  ⚡️ HUAWEI SUPER DEVICE! Melihat Kecanggihan Laptop Huawei Terbaru  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.