Home Phone Review Lumia 830 RM-983 Murah Meriah Tapi Refurbish

Review Lumia 830 RM-983 Murah Meriah Tapi Refurbish

Lumia 830 RM 983(1)

Patokan seorang pembeli untuk membeli perangkat mobile diantaranya ialah kualitas terbaik, spesifikasi mumpuni, dan yang terpenting harga terjangkau. Banyaknya penawaran perangkat mobile baik Online maupun Offline tidak membuat pembeli resah akan hal tersebut, mungkin di antaranya mengutamakan harga dari pada produk itu berasal.

Seperti itulah saya menemukan rare item Lumia 830 berjejeran di salah satu situs jual beli online hingga akhirnya kepincut membeli satu diantaranya yang ternyata refurbish.

Sifat yang gegabah dan tidak sabaran membuat saya meminang Lumia 830 varian AT&T RM-983 yang mana jelas tidak ada di pasaran indonesia alias BlackMarket ini cukup banyak kekurangannya dan mengecewakan tentunya.

Untuk itu, berikut ini akan saya kupas tuntas kelebihan dan kekurangan dari Lumia 830 RM-983 AT&T Refurbish:

Kekurangan

  • Baterai Tidak Asli, baterai yang dipasangkan ialah baterai original khusus Lumia 535 yakni BL-L4A 1905mAh bukan BV-L4A 2200mAh yang merupakan bawaan langsung dari Lumia 830 jadi jelas pengisian daya baterai hanya mentok di 82% Full Charging.
  • Konfigurasi Internet Manual, karena merupakan RM-983 yang juga di bundled operator AT&T penjual pastinya telah melakukan sim unlocked yang membuat perangkat dapat menggunakan operator negara manapun namun imbasnya harus melakukan setup akses data manual seperti memasukan apn dan proxy sesuai dengan sim card operator agar dapat internet dengan celullar data.
  • Sinyal HSPA = 4G, dalam versi ini penampilan status sinyal tidak seperti perangkat lumia lainnya yang mana hanya tertampil 4G dan EDGE saja. SimCard yang saya gunakan disini ialah operator three yang belum upgrade ke simcard 4G, dengan kata lain sinyal data HSPA = 4G.
  • Front Camera 0.9 MP, biarpun megapixelnya terlihat kecil namun hasil gambar yang diberikan cukup bagus(Khas Nokia), tapi setelah di upgrade dari Windows Phone 8.1 Denim ke Windows Phone 8.1 Update 2 menjadi gelap dan setelah di upgrade ke Windows 10 Mobile tidak ada peningkatan untuk itu.
  • Belum dapat upgrade Windows 10 Mobile Official, Lumia 830 dengan variant operator tertentu memiliki firmware yang berbeda yang mana firmware global yang bisa melakukan upgrade ke windows 10 mobile ialah RM-984 sedangkan Lumia 830 yang saya miliki ialah RM-983 jadi kebijakan upgrade berdasarkan dari bundled operator itu sendiri.
  • Bug Windows 10 Mobile Insider Build 10586.242, ada dua bug di Lumia 830 RM-983 yakni sebagai berikut:
    • Pada saat tertentu dan sering terjadi layar menjadi mati hitam beberapa detik lalu menyala kembali, kasus ini sama halnya kamu mencoba menyentuh lampu sensor saat melakukan panggilan telepon.
    • Suara notifikasi bertabrakan disaat baterai sedang pengisian maupun sedang aktif tapi dengan daya baterai yang sedikit akan terdengar seperti speaker hardware lumia 830 tersebut rusak, solusi restart dapat mengobatinya sementara saja dan tentunya terulang kembali di kasus yang sama.
  • Isi paketan hanya perangkat lumia, charger original, dan earphone original, tidak ada dusbox yang berisi buku panduan maupun kartu garansi untuk perangkat seperti ini.

Kelebihan

  • Spesifikasi Cukup Mumpuni, meskipun refurbish tapi lumia hardware pacu yang dimiliki bukan replika maupun di ganti yang lebih rendah dengan demikian baik itu processor, touchscreen, lensa kamera sangat asli. Beralih ke Lumia 925 ke Lumia 830 cukup sangat jauh yang mana akhirnya saya dapat mencicipi Rich HDR Capture berbarengan file RAW DNG untuk memotret dan dipercepat dapur pacunya dengan Snapdragron 400 Quad-Core Adreno 305.
  • Smooth Windows 10 Mobile IRP, karena Lumia 830 ini belum dapat menjajaki ke Windows 10 Mobile Official pada Insider Release Preview Ring semua berjalan normal tidak ada crash yang berarti seperti yang saya alami di Lumia 925.
  • Di genggam rasa flagship, bermodalkan body aluminium dengan polycarbonate yang sangat tipis ini membuat perangkat lumia 830 sangat nyaman di genggam dan tentunya bundaran kamera sedikit mempercantik case sehingga terasa memegang lumia 950 XL.
  • Baterai Awet, setelah menggunakan perangkat ini selama sebulan yang hanya full charging 82% dengan jangka waktu charging yang lama terlebih lagi kesibukan saya yang hampir menggunakan perangkat mobile membuatnya cukup awet dan tentunya resepnya sama dengan yang saya gunakan di lumia 925. (Baca: Cara mengatur Battery Saver di Windows 10 Mobile Agar Lebih Awet)

Kesimpulan

Secara keseluruhan, WinPoin tidak merekomendasikan kamu memiliki perangkat ini dengan 3 alasan:

  1. Tidak bisa diperbaiki di nokia center.
  2. Keterbatasan ketersedian hardware bila mencoba memperbaiki sendiri maupun service center lainnya.
  3. Pertimbangkan memilih Lumia 640 XL dan Xiaomi Mi4 bila ingin dapat menjalankan Windows 10 Mobile yang lebih maksimal dan tentunya harga yang sesuai kondisi perangkat.

Setelah tahu kekurangan dan kelebihan masih digunakan? Tentu tidak, sekarang saya sedang mencoba mencari gantinya dengan gaya jual beli yang sudah saya geluti sejak lama (Baca: 6 Tips yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Lumia Second) agar dapat pengganti dari Lumia 830 Refurbish ini.

Punya kisah serupa tentang hal ini atau ingin tahu lebih banyak tentang Lumia 830 AT&T RM983 ini? Tuliskan hal tersebut di kolom komentar 😊.

  Review Lengkap Windows 10 Fall Creators Update  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Ask me everything about Windows & Android via Twitter @UFebri | Trying to hard wanna be a Web Backend |