Akhir – akhir ini lumia sedikit dapat perhatian dari pecinta gadget setelah muncul kabar bahwa mayoritas perangkat Lumia bakal mendapatkan update Windows 10 Mobile, tak terkecuali Lumia yang memori internalnya hanya 4gb (Baca: Yeah,Smartphone dengan Internal Storage 4GB Bisa Upgrade ke Windows 10 Mobile!).

Belum lagi banyaknya seri Lumia low-end dan mid-end dengan harga miring yang rutin dirilis oleh Microsoft sebelum akhirnya Satya Nadella mengubah strateginya. (Baca:Tertarik pada Windows Phone Tapi Modal Terbatas? Berikut Pilihan-Pilihan Jitu di Kelas Low End).

Nah buat kamu yang kepengen memiliki Lumia namun budget masih minim, tidak ada salahnya kalau membeli Lumia second. Jika jeli memilih, maka kamu bisa mendapatkan Lumia dengan harga murah meriah dan kondisi yang masih bagus.

Untuk itu sebelum membeli kamu harus jeli memperhatikan Lumia incaran kamu dari dalam maupun luar, dan 6 tips berikut ini bisa menjadi referensi bagi kamu dalam membeli Lumia second yang tepat.

 

6. Cash Order Delivery (COD)

 

Ini hukum paling wajib saat melakukan pembelian Lumia second. Karena selain bayar di tempat kamu juga bisa langsung melihat apa saja kekurangan device tersebut serta tawar – tawar harga sampai ketemu harga yang deal. Namun kalau kamu berjauhan Jarak dan Waktu seperti pasangan LDR masa kini, ada baiknya kamu urungkan niat kamu tersebut dan mencari penjual lain yang lokasinya lebih terjangkau untuk COD.

Tapi kalau udah demen banget sama tuh device sampai gak bisa tidur, ada baiknya gunakan jasa Rekber atau JNE, hanya saja resiko yang harus kamu tanggung bakal cukup tinggi.

 

5. Masih Garansi?

Cara melihat garansi tidak hanya dilihat dari resi ataupun kuitansi pembeliannya saja, namun bisa juga dari imei. Untuk memastikannya kamu bisa menggunakan aplikasi Lumia Bantuan+Tip. Selain bisa melihat masa garansi, aplikasi ini juga bisa melihat dimana kamu bisa mengklaim garansi Lumia tersebut. Jadi kebayangkan kalau misalnya harus klaim garansi ke NCC Malaysia (duhh jauhnya…)

6 Tips yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Lumia Second

 

4. Pernah di Service?

Ada beberapa Lumia memang udah dari pabrikannya punya kendala fisik, misalnya saja Lumia 535 yang sampai sekarang masalah pada touchscreen-nya belum sembuh-sembuh. Namun Mas kiki yang menggunakan Lumia 535 mengganti touchscreen-nya dan beliau mengatakan sekarang udah mendingan (Baca : Lumia 535 – Takajou dalam Wujud Smartphone)

Jadi jangan takut untuk membeli Lumia second meskipun device tersebut sudah pernah diservis. Toh wajar saja kalau misalnya pemakaian sekian tahun punya kendala fisik dan mengharuskan sang pemilik untuk melakukan service. Hal yang perlu kamu perhatikan ialah enak tidaknya Lumia tersebut saat digunakan, apakah semua fitur dan fungsinya masih bekerja normal, pastikan tombol fisik lancar, charger dan socket usb pastikan bisa mengisi baterai , dan Microphone berfungsi saat merekam video. Lalu jangan lupa cek juga untuk nelepon dengan mode speaker (Kasus ini sering terjadi pada Lumia high-end) .

6 Tips yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Lumia Second

 

3. Kerusakan yang Bisa Diperbaiki

Jika ada yang menawarkan Lumia second bermasalah dengan harga murah namun bisa kita perbaiki kenapa tidak? Contohnya dijual karna muncul sad smiley (BSOD), mode pesawat tidak bisa dimatikan, dan restart-restart sendiri, itu bisa kamu perbaiki sendiri. Apalagi dengan harga yang ditawarkan sangat murah meriah (baca: Tak Perlu Lagi ke Service Center : Nokia Merilis Recovery Tool untuk Lumia).

Tapi beda lagi kalau permasalahan tersebut cukup parah, “Error : Unable Find a Bootable Option..”  misalnya. Kamu harus meronggoh kocek lebih dalam karena untuk memperbaikinya harus ke NCC, ongkosnya bisa jadi setara dengan harga lumia baru. Jadi untuk permasalahan-permasalahan gawat, think again .

 

2. Kelengkapan Unit

Untuk memperoleh harga yang patut di nego perhatikan juga kelengkapan unitnya seperti charger, headset, kabel USB, sim card ejector serta kotaknya, juga pastikan setiap unitnya asli ya. Gak mau kan kalau beli harga sekian dapat charger tembakan dengan harga pasar 15rb (-__-)

6 Tips yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Membeli Lumia Second

 

1. Reset Factory

Sebelum melakukan COD, mintalah si penjual untuk melakukan Reset Factory biar data si penjual bersih dan kamu merasakan sensasi Lumia bekas Like a New. Namun apabila tidak, kamu bisa meresetnya sendiri meski sedikit agak lama dan menghabiskan waktu (plus kuota) dalam mereset ulang.

Seperti Inilah Windows 10 Mobile Preview Build 10512 (Hands-on Review)

 

Itulah sedikit tips dari saya yang ganteng sering gonta – ganti Lumia second sampai 4x dalam kondisi kritis hingga Sehat Walafiiat. Nah tunggu apalagi, ayo move on ke Windows Phone ;)

  Review Zoom H1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.