Home Editorial Tertarik pada Windows Phone Tapi Modal Terbatas? Berikut Pilihan-Pilihan Jitu di Kelas...

Tertarik pada Windows Phone Tapi Modal Terbatas? Berikut Pilihan-Pilihan Jitu di Kelas Low End

Memilih Windows Phone Low End

Dari ngobrol-ngobrol dengan banyak teman penggemar ponsel, sebenarnya banyak yang memiliki ketertarikan pada Windows Phone, namun tidak kunjung memilikinya. Terutama karena modal terbatas serta masih ragu apakah Windows Phone cocok untuknya, dalam artian dapat memenuhi seluruh kebutuhannya akan sebuah ponsel. Bila masalah dana telah teratasi (meskipun sangat terbatas), dan hati cukup mantap ingin mencoba Windows Phone, muncul masalah lainnya, yaitu memilih perangkat yang cocok. Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak seri low end Windows Phone yang hadir di pasar seperti Lumia 430, Lumia 435, Lumia 530, Lumia 532, Lumia 535, dan Lumia 540. Bila bukan benar-benar penggemar berat Windows Phone, tentu saja berlimpahnya pilihan ini malah membingungkan. Jangan kuatir! Winpoin dapat membantu!

Kali ini Winpoin menghadirkan tips untuk memilih perangkat low end yang tepat untuk kamu berdasarkan kategori pemakai. Yang kamu perlukan hanyalah mengidentifikasi dirimu masuk ke kategori mana, kemudian mempertimbangkan pilihan yang diusulkan oleh Winpoin.

 

1. Kategori Anak Rumahan

Ciri-Ciri anak rumahan:

  • Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah atau kos-kosan
  • Lebih sering bermain game
  • Memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap ketidakcocokan dengan perangkat (karena waktu luang yang lebih banyak)

Untuk kamu yang merasa memenuhi kriteria di atas, Winpoin mengusulkan Lumia 535!

Memilih Windows Phone Low End

Meskipun Lumia 535 ketika pertama kali diluncurkan memiliki banyak sekali kekurangan dan ketidaknyamanan, sehingga Winpoin sempat merumuskan 5 alasan untuk tidak membeli perangkat yang satu ini. Meskipun demikian tak dapat disangkal perangkat ini memiliki hardware yang sangat potensial. Dengan adanya berbagai perbaikan yang telah diluncurkan oleh Microsoft serta juga trik-trik untuk menyiasati over sensitif-nya layar Lumia 535 seperti dengan cara menambahkan pelindung layar, Lumia 535 telah lebih enak untuk digunakan.

Jika kamu memiliki toleransi dan kesabaran terhadap beberapa ketidaknyamanan yang muncul, maka Lumia 535 akan menjadi perangkat yang menyenangkan untuk kamu. Harga barunya di toko sekarang hanya Rp 1.299.000. Cukup murah dibandingkan pertama kali diluncurkan. Harga yang murah mungkin akan menjadi kompensasi yang cukup untuk kesabaran kamu dalam menggunakannya.

Memilih Windows Phone Low End

Jika kamu tidak ingin bertaruh dengan ketidaknyamanan pengalaman pengguna, maka Winpoin mengusulkan Lumia 630. Meskipun sedikit lama dan tidak memiliki kamera depan, namun perangkat ini sejatinya cukup mumpuni. Apalagi Lumia 630 memiliki teknologi SensorCore yang dapat kamu manfaatkan untuk aktivitas olah raga dan kesehatan. Informasi terakhir yang diketahui Winpoin, perangkat ini, meskipun agak jarang di toko, dapat ditebus dengan biaya Rp 1.400.000.

 

2. Kategori Pejuang Jalanan

Ciri-Ciri pejuang jalanan:

  • Bersifat mobile, banyak menghabiskan waktu di luar rumah
  • Memiliki banyak aktivitas
  • Kebutuhan utama adalah koneksi dan hubungan
  • Tidak terlalu sering bermain game

Bila kamu memenuhi kriteria di atas, maka Winpoin mengusulkan Lumia 532!

Memilih Windows Phone Low End

Perangkat ini memiliki bentuk yang mungil (bentang layar 4″). Sangat praktis untuk dimasukkan kantung jaket atau celana. Bentuknya yang kompak dan terkesan kukuh sangat cocok untuk dibawa dalam perjalanan. Selain itu, fitur Glance-nya (memeriksa notifikasi meskipun layar dalam keadaan mati), meskipun tidak sehebat perangkat high end, akan sangat membantu kamu di mana saja. Kamu dapat memeriksa notifikasi penting pesan yang masuk ke perangkatmu dan ini akan menjadikan kamu lebih efisien. Winpoin juga pernah membahas 3 alasan untuk membeli Lumia 532, dan ini akan makin cocok bagi kamu yang bertipe pejuang jalanan ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh Winpoin, Lumia 532 ini dapat kamu tebus dengan uang Rp 1.100.000.

 

3. Kategori Pekerja Kantoran

Ciri-ciri pekerja kantoran:

  • Memiliki ‘cadangan modal’ lebih besar (karena sudah bekerja)
  • Banyak menghabiskan waktu di kantor
  • Memerlukan perangkat yang mendukung aktivitas professional
  • Kebutuhan lebih variatif, mulai dari koneksi hingga memeriksa file dokumen di mana saja

Untuk tipe pekerja kantoran ini, Lumia 540 adalah perangkat low end paling cocok untuk kamu!

Memilih Windows Phone Low End

Jika kamu sudah bekerja dan mengharapkan bahwa perangkat milikmu, meski sifatnya low end namun dapat mendukung seluruh kebutuhan profesional kamu, maka pilihan yang tepat adalah Lumia 540. Ini seperti versi penyempurnaan dari Lumia 535. Masalah layar yang mengganggu tidak lagi kamu temukan pada perangkat ini. Batere cukup besar, kombinasi kamera belakang 8mp dan kamera depan 5mp serta bentang layar 5″, tentu saja akan menjadi alat pendukung yang sangat cocok di kantor. Selain untuk komunikasi, kamu juga dapat memanfaatkan Lumia 540 untuk memeriksa file kantor yang diketik menggunakan Microsoft Office, melakukan edit ringan di sana-sini, serta kebutuhan kerja lainnya. Dari segi dana, Lumia 540 dapat ditebus dengan biaya Rp 1.900.000. Cukup tinggi untuk sebuah perangkat low end, namun masih dalam taraf terjangkau bagi seorang karyawan mandiri.

 

4. Modal Super Mepet tapi Penasaran dengan Windows Phone

Memilih Windows Phone Low End

Nah, jika modal yang kamu miliki sangat mepet, namun penasaran ingin merasakan Windows Phone, maka kamu dapat mencoba Lumia 430. Ini adalah perangkat di lini low end yang paling terjangkau kantong. Minimnya spek dibandingkan rekannya yang lain, justru cocok untuk ‘bahan uji coba’ kamu jika ingin tahu seperti apa Windows Phone itu. Mengapa? Karena jika kamu menemukan pengalaman pengguna yang baik dengan perangkat ini, berhenti sejenak dan bayangkan: bagaimana rasanya jika menggunakan seri Windows Phone yang lebih tinggi?

Untuk kamu yang penasaran dengan Windows Mobile 10, namun masih ragu untuk berpindah platform, Lumia 430 juga menjadi solusi yang tepat karena perangkat ini adalah salah satu perangkat Lumia yang mendapatkan upgrade lebih dulu ke Windows Mobile 10. Kamu bias mendapatkan perangkat ini dengan harga Rp 800.000.

Tentu saja ada opsi murah lain seperti Acer Liquid M220, Windows Phone besutan Acer. Namun, seperti halnya Winpoin tidak mengusulkan Lumia 530 dalam daftar ini, Acer Liquid M220 memiliki internal storage 4GB yang dikhawatirkan akan menyulitkan kamu sebagai pengguna pemula Windows Phone.

 

Demikian tips dari Winpoin untuk memilih perangkat Windows Phone jika kamu memiliki modal terbatas serta bingung akan banyaknya pilihan perangkat Windows Phone yang tersedia. Punya pendapat tambahan? Sampaikan di kolom komentar berikut.

 

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • BUDI

    Dan series L6xx tidak meluncurkan ponsel dengan bentang layar dibawah 5″ inc lagi

  • Zahid Fakhruddin

    dari seluruh tipe2 low-end yg paling lancar performanya adalah lumia 532 !! why ?? karena dg jeroan yg sama persis dg 535 n 540 (quadcore snapdragon 200 1.2ghz gpu adreno 302) resolusi layar 532 paling kecil (480p) dibanding 535 (540p) apalagi 540 (720p), kerja gpu bakal lebih enteng di resolusi 480p milik lumia 532, bukan opini, tapi emang faktanya begitu, tes aja sndiri kalo g percaya, ane sih udah nyoba waktu “dg sedikit berat hati” meminang lumia 540 di counter, bandingin performanya dibanding 535 n 532, 540 paling sering terjadi gejala “lag” dibanding 535 apalagi 532, tapi ane ngincer layar clearblacknya soalnya sama 540 ini, hehe

    • Agung Dedy

      Oh bener bearti saya 535 ada lag kalau appnya agak berat sama scroll lag sekoan detik kerasa cuma gak sedikit gak ganggu

    • BUDI

      dari segi kamera, l532 cukup jahat karena beda jauh sama kakaknya yg cuma beda 3 angka :[

      L532 sejauh yang ane pake ada beberapa kok “kelemahannya”

  • Agung Dedy

    Sebenernya paling pas 535 sih. Dulu sempet ngincer 540 karna masalah layar trus beberapa seperti kamera bateray dan layar cuma gak ngaruh daripada 540 mending 640 selisih tapi beda jeroan. Solusi paling gampang kalo saya baru beli ada gejala layar sensitif langsung masuk ncc cuma agak lama 2 minggu baru deh masalah layar beres. Sejauh ini puas buat pemula kalau ada dana dan windows 10 muasin ganti seri 8

  • Yocktan Thobias

    Daripada 540, tambah 800 ribu lagi dapet 640XL. Menurutku, disitulah titik paling balance sebalance-balancenya dari faktor kamera, performa, fitur, layar, baterai dan harga. ☺☺☺

    • mbah gamblang

      ter gantung gan, duit nya itu loh.

  • Rufi

    Sama-sama, semangat lagi ya :v

  • Muhammad Raihan

    535 kalo maennya di depan ac atau kipas angin juga bae tuh layar

  • Ferizal Aja

    Dimana ya cari casing lumia 730 warna ijo ,,,
    Susah amat nyarinya ga dapet2.

    • yaya DT

      emang gan kbanyakan yg jual wrna hitam or ptih…
      yg wrna lain agak susah…

      • Ferizal Aja

        Tolongin dong gan ,,,
        Kalo ada info kasih tau ya ,,,
        Warna oren juga bole kalo ga da ijo ,,,,

  • Itu yang “bahan uji coba” kok saya ngerasa gak sreg ya? :v

    Lebih enak Kelinci percobaan :v

  • Limit Breaker

    gan, kalo hp tuh kan ad istilah “screen bleeding”, “dead pixel”, cara deteksinya dimana kalo lagi di tkp toko nya?

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    L640XL ada dual sim nya kali

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    Yang penting
    – Akselerasi
    – Dual SIM
    – DUIT

  • Muhamad Al-Isrö

    Mas, saya dribpertma bli l535 gak da maslh tu, sblum update ataupun stlh update dnim gak da msalah sma skali, malah nyesal update denim kualitas kamera jd sdikit blur..

    • Agan beruntung. Itu rezeki anak soleh

      (0 0)>

  • Belum niat beli WP wkwkwk masih betah di Android xD

  • Muchamad Rifny Setyawan

    Saya Setia saja dengan Lumia 520 :’v

    • Sama, belum setahun beli juga :v :v
      Ada duit, beli yang seri 6xx :D Bisa play HD video

  • fajarnabilah

    hahaha.. pas banget, emang niatnya mau kumpulin beberapa uang buat beli 535, dan diartikel ini kok ya itu buat orang yang seperti gw “menghabiskan banyak waktu di kos-kosan”

  • mbah gamblang

    ponakan ane sudah punya lumia 530 min.main game lancar banget,walaupun ram cuma 512,gb.

  • mbah gamblang

    ponakan ane punya lumia 530,anti lag,tapi sayang ga ada kamera depan nya.tapi puas banget.

    • ketekberantakan

      Iya kurang di kamera depan hoho. Dan juga anti banting hahaha.

  • pengen 640 xl lte min. tapi apps beberapa web yang saya butuhkan gak ada. so ke sebelah dulu

  • NovErdy

    Min ane mau nanya,
    Laptop ane kan windows 7 acer,
    Trus dual boot.. (primernya diatas)
    Trus pas ane nyalain,
    Abis keluar tulisan acer,
    Ke restart laptopnya,
    Gitu terus,
    Gimana cara perbaikinya,
    Ane udah pernah bikin system backup,
    Tapi ane simpennya di harddisk internal :p

  • Randy surya

    mau kelas low end atau high end murah pun sapa yg mau wp ?
    org mikir 2x mendingan pake android atau ios ?? ya kan secara app microsoft juga udah ada disitu

    gw yakin komentar gw bakal dihapus lagi :v ya begitulah

    • Muhammad Rizki

      Bukan broo,kalau lu kagak setuju sama wp,jangan ngehina wp dong,oke? Setiap os ada kekurangan,juga ada kelebihan

    • Candra Fold

      Terserah lo kata.. Setiap perangkat ada pengemarnya.. Ya mungkin memang wp ngak begitu tenar tapi ya … ahsusahlah mungkin dia kurang minum :v

    • Randy surya

      buat semua nya sebenernya gw ama temen gw ga mau mulai
      tapi admin winpoin duluan yg mulai

    • Kim Zay

      :V

  • Budi Ilyas

    Lumia 730 ane cuma 1.8jt beli di cpk.com

  • mmm… saya masuk 2 kategori, ‘anak rumahan’ dan ‘pejuang jalanan’, itu gimana…? :v

    • beli aja kedua-duanya #eh :D

    • I Made Tobias Abdiman

      Gue :Didalam diri saya ada Intel. Jadi saya ini 2 in 1. Kadang saya bisa jadi anak rumahan kadang dapat jadi pejuang jalanan
      Petugas : Tidak bisa 2 in 1 !
      #IklanIntel #Senasib

      • anjir… iklan itu… senasib? Jadi agan pilih yang mana? :v

        • I Made Tobias Abdiman

          532 :v

          • 532? ok Lumia 532 jadi wishlist ane… btw, bagus user experientnya 532? kamera? smooth nggak? Thanks

          • I Made Tobias Abdiman

            jangan tanya masalah kamera…. kau akan kuciwa….. coba cari di youtube samplenya

          • ok gan, thanks infonya… :D

  • masih nunggu wp low end isi windows 10 mobile :D

    • Muhammad Rizki

      Semua wp dapet kok gan,tinggal tunggu aja tanggal mainnya ahaha :D

      • kalau wp langsung bundled windows 10 mobile, pasti os nya bisa berjalan lebih maksimal daripada wp keluaran lama(bukan berarti wp keluaran lama jelek ) :D

  • Yocktan Thobias

    Daripada nanggung, Om.. Kalo beli Lumia 540 berarti udah niat nabung, mending sekalian nabung 800 lagi..