Memilih Windows Phone Low End

Dari ngobrol-ngobrol dengan banyak teman penggemar ponsel, sebenarnya banyak yang memiliki ketertarikan pada Windows Phone, namun tidak kunjung memilikinya. Terutama karena modal terbatas serta masih ragu apakah Windows Phone cocok untuknya, dalam artian dapat memenuhi seluruh kebutuhannya akan sebuah ponsel. Bila masalah dana telah teratasi (meskipun sangat terbatas), dan hati cukup mantap ingin mencoba Windows Phone, muncul masalah lainnya, yaitu memilih perangkat yang cocok. Seperti yang kita ketahui bersama, ada banyak seri low end Windows Phone yang hadir di pasar seperti Lumia 430, Lumia 435, Lumia 530, Lumia 532, Lumia 535, dan Lumia 540. Bila bukan benar-benar penggemar berat Windows Phone, tentu saja berlimpahnya pilihan ini malah membingungkan. Jangan kuatir! Winpoin dapat membantu!

Kali ini Winpoin menghadirkan tips untuk memilih perangkat low end yang tepat untuk kamu berdasarkan kategori pemakai. Yang kamu perlukan hanyalah mengidentifikasi dirimu masuk ke kategori mana, kemudian mempertimbangkan pilihan yang diusulkan oleh Winpoin.

 

1. Kategori Anak Rumahan

Ciri-Ciri anak rumahan:

  • Lebih banyak menghabiskan waktu di rumah atau kos-kosan
  • Lebih sering bermain game
  • Memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap ketidakcocokan dengan perangkat (karena waktu luang yang lebih banyak)

Untuk kamu yang merasa memenuhi kriteria di atas, Winpoin mengusulkan Lumia 535!

Memilih Windows Phone Low End

Meskipun Lumia 535 ketika pertama kali diluncurkan memiliki banyak sekali kekurangan dan ketidaknyamanan, sehingga Winpoin sempat merumuskan 5 alasan untuk tidak membeli perangkat yang satu ini. Meskipun demikian tak dapat disangkal perangkat ini memiliki hardware yang sangat potensial. Dengan adanya berbagai perbaikan yang telah diluncurkan oleh Microsoft serta juga trik-trik untuk menyiasati over sensitif-nya layar Lumia 535 seperti dengan cara menambahkan pelindung layar, Lumia 535 telah lebih enak untuk digunakan.

Jika kamu memiliki toleransi dan kesabaran terhadap beberapa ketidaknyamanan yang muncul, maka Lumia 535 akan menjadi perangkat yang menyenangkan untuk kamu. Harga barunya di toko sekarang hanya Rp 1.299.000. Cukup murah dibandingkan pertama kali diluncurkan. Harga yang murah mungkin akan menjadi kompensasi yang cukup untuk kesabaran kamu dalam menggunakannya.

Memilih Windows Phone Low End

Jika kamu tidak ingin bertaruh dengan ketidaknyamanan pengalaman pengguna, maka Winpoin mengusulkan Lumia 630. Meskipun sedikit lama dan tidak memiliki kamera depan, namun perangkat ini sejatinya cukup mumpuni. Apalagi Lumia 630 memiliki teknologi SensorCore yang dapat kamu manfaatkan untuk aktivitas olah raga dan kesehatan. Informasi terakhir yang diketahui Winpoin, perangkat ini, meskipun agak jarang di toko, dapat ditebus dengan biaya Rp 1.400.000.

 

2. Kategori Pejuang Jalanan

Ciri-Ciri pejuang jalanan:

  • Bersifat mobile, banyak menghabiskan waktu di luar rumah
  • Memiliki banyak aktivitas
  • Kebutuhan utama adalah koneksi dan hubungan
  • Tidak terlalu sering bermain game

Bila kamu memenuhi kriteria di atas, maka Winpoin mengusulkan Lumia 532!

Memilih Windows Phone Low End

Perangkat ini memiliki bentuk yang mungil (bentang layar 4″). Sangat praktis untuk dimasukkan kantung jaket atau celana. Bentuknya yang kompak dan terkesan kukuh sangat cocok untuk dibawa dalam perjalanan. Selain itu, fitur Glance-nya (memeriksa notifikasi meskipun layar dalam keadaan mati), meskipun tidak sehebat perangkat high end, akan sangat membantu kamu di mana saja. Kamu dapat memeriksa notifikasi penting pesan yang masuk ke perangkatmu dan ini akan menjadikan kamu lebih efisien. Winpoin juga pernah membahas 3 alasan untuk membeli Lumia 532, dan ini akan makin cocok bagi kamu yang bertipe pejuang jalanan ini. Berdasarkan informasi yang diperoleh Winpoin, Lumia 532 ini dapat kamu tebus dengan uang Rp 1.100.000.

 

3. Kategori Pekerja Kantoran

Ciri-ciri pekerja kantoran:

  • Memiliki ‘cadangan modal’ lebih besar (karena sudah bekerja)
  • Banyak menghabiskan waktu di kantor
  • Memerlukan perangkat yang mendukung aktivitas professional
  • Kebutuhan lebih variatif, mulai dari koneksi hingga memeriksa file dokumen di mana saja

Untuk tipe pekerja kantoran ini, Lumia 540 adalah perangkat low end paling cocok untuk kamu!

Memilih Windows Phone Low End

Jika kamu sudah bekerja dan mengharapkan bahwa perangkat milikmu, meski sifatnya low end namun dapat mendukung seluruh kebutuhan profesional kamu, maka pilihan yang tepat adalah Lumia 540. Ini seperti versi penyempurnaan dari Lumia 535. Masalah layar yang mengganggu tidak lagi kamu temukan pada perangkat ini. Batere cukup besar, kombinasi kamera belakang 8mp dan kamera depan 5mp serta bentang layar 5″, tentu saja akan menjadi alat pendukung yang sangat cocok di kantor. Selain untuk komunikasi, kamu juga dapat memanfaatkan Lumia 540 untuk memeriksa file kantor yang diketik menggunakan Microsoft Office, melakukan edit ringan di sana-sini, serta kebutuhan kerja lainnya. Dari segi dana, Lumia 540 dapat ditebus dengan biaya Rp 1.900.000. Cukup tinggi untuk sebuah perangkat low end, namun masih dalam taraf terjangkau bagi seorang karyawan mandiri.

 

4. Modal Super Mepet tapi Penasaran dengan Windows Phone

Memilih Windows Phone Low End

Nah, jika modal yang kamu miliki sangat mepet, namun penasaran ingin merasakan Windows Phone, maka kamu dapat mencoba Lumia 430. Ini adalah perangkat di lini low end yang paling terjangkau kantong. Minimnya spek dibandingkan rekannya yang lain, justru cocok untuk ‘bahan uji coba’ kamu jika ingin tahu seperti apa Windows Phone itu. Mengapa? Karena jika kamu menemukan pengalaman pengguna yang baik dengan perangkat ini, berhenti sejenak dan bayangkan: bagaimana rasanya jika menggunakan seri Windows Phone yang lebih tinggi?

Untuk kamu yang penasaran dengan Windows Mobile 10, namun masih ragu untuk berpindah platform, Lumia 430 juga menjadi solusi yang tepat karena perangkat ini adalah salah satu perangkat Lumia yang mendapatkan upgrade lebih dulu ke Windows Mobile 10. Kamu bias mendapatkan perangkat ini dengan harga Rp 800.000.

Tentu saja ada opsi murah lain seperti Acer Liquid M220, Windows Phone besutan Acer. Namun, seperti halnya Winpoin tidak mengusulkan Lumia 530 dalam daftar ini, Acer Liquid M220 memiliki internal storage 4GB yang dikhawatirkan akan menyulitkan kamu sebagai pengguna pemula Windows Phone.

 

Demikian tips dari Winpoin untuk memilih perangkat Windows Phone jika kamu memiliki modal terbatas serta bingung akan banyaknya pilihan perangkat Windows Phone yang tersedia. Punya pendapat tambahan? Sampaikan di kolom komentar berikut.

 

  Membasmi Edge dan Bing di Windows 10  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.