Lumia 535 merupakan seri Lumia pertama yang dirilis dengan mengunakan brand Microsoft. Dengan harga 1.7 juta rupiah, Windows Phone ini menawarkan spesifikasi yang cukup menggoda seperti processor quad-core 1.2 GHz Snapdragon 200, RAM 1GB, layar 5 inch IPS LCD dengan proteksi corning gorilla glass 3, internal storage 8GB, kamera depan dan belakang 5MP, hingga dukungan dual-SIM. Terlihat menarik untuk dimiliki bukan?

Tetapi jangan buru-buru membelinya dulu. Ada beberapa hal seputar Lumia 535 yang perlu kamu ketahui. Berdasarkan pengalaman kita menggunakan Lumia 535, berikut ini adalah 5 alasan kenapa kamu sebaiknya tidak membeli Lumia 535

 

Toucscreen Bermasalah

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

Cukup sulit untuk mengetik menggunakan Lumia 535. Touchscreen nya over-sensitif sehingga terkadang memencet satu tombol saja akhirnya kepencet banyak tombol lainnya. Ketika melakukan scroll seringkali juga terdeteksi sebagai tab, hasilnya malah banyak aplikasi yang terbuka tanpa diinginkan.

Masalah ini muncul secara acak, artinya kadang muncul kadang juga tidak. Tetapi ketika muncul, rasanya cukup frustasi ketika akan mengetik SMS, membalas email, atau bahkan hanya sekedar update status Facebook.

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

 

Sering Zoom Tanpa Alasan

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

Saat digunakan Lumia 535 seringkali tiba-tiba zoom tanpa alasan. Untuk mengatasinya Lumia tersebut harus direstart. Tetapi jangan harap sekali direstart masalah tersebut langsung hilang. Terkadang juga ketika baru direstart tiba-tiba zooming lagi tanpa alasan dan harus direstart lagi.

Kita bahkan pernah melakukan restart hingga lebih dari 6 kali dalam beberapa menit karena zooming yang terus menerus muncul.

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

 

Kamera Hijau Ketika Video Call dengan Skype

Ini kita alami kemarin ketika melakukan video call melalui Skype dengan salah satu team WinPoin di kota Malang. Video tidak mau tampil dan tampilan kamera hanya background flat berwarna hijau. Ketika Skype di close dan kamera dijalankan juga masih tetap hijau.

Masalah baru selesai ketika Lumia 535 direstart dan kamera akhirnya kembali normal.

 

Update Tidak Menyelesaikan Masalah

5 Alasan Kenapa Kamu Sebaiknya Tidak Membeli Lumia 535 (Review)

Microsoft sebenarnya telah mengakui adanya bugs permasalahan tersebut dan sudah merilis update. Sayangnya meskipun sudah diupdate kedua permasalahan diatas tetap ada dan tidak mau hilang.

 

Kurang Fungsional

Ketika 4 permasalahan diatas tidak kambuh, Lumia 535 sama seperti seri Lumia lain yang nyaman saat digunakan. Tetapi ketika permasalahan tersebut kambuh, telebih jika terjadi terus menerus meskipun sudah direstart, Lumia 535 menjadi kurang fungsional sebagai sebuah smartphone. Lumia 535 menjadi sulit dioperasikan dan tidak nyaman saat digunakan untuk SMS, chatting, bahkan browsing.

 

Itulah 5 alasan kenapa kamu sebaiknya tidak membeli Lumia 535. Bagi kamu yang ingin merasakan seperti apa powerfulnya Windows Phone, kamu bisa memilih Lumia seri lainnya yang terbebas dari masalah ini.

Masalah seperti ini seharusnya tidak ada dalam sebuah smartphone yang memiliki bandrol harga 1.7 juta rupiah. Kita berharap Microsoft benar-benar segera merilis update yang bisa menyelesaikan permasalah diatas.

Jika tidak segera diatasi, ditakutkan permasalahan ini akan digeneralisir oleh beberapa pengguna sebagai permasalahan Windows Phone secara umum dan mengurangi ketertarikan banyak orang terhadap sistem operasi tersebut.

Update: Inilah cara mengatasi permasalahan touchscreen Lumia 535

  Apa Kabar Windows Phone..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.