Home Editorial 3 Alasan untuk Membeli Lumia 532

3 Alasan untuk Membeli Lumia 532

Lumia 532

Di antara lini low end Lumia yang paling banyak dikenal orang adalah seri Lumia 535 yang dari perspektif spesifikasi menawarkan sesuatu yang wah dengan harga yang relatif murah (meskipun pada awalnya banyak mengecewakan karena masalah touch dan beberapa problem lain), serta juga Lumia 430 yang merupakan Windows Phone produksi Microsoft yang paling murah. Kedua produk itu paling banyak dikenal oleh para pengguna Windows Phone low end, sehingga sering melupakan fakta bahwa ada dua perangkat low end lain dalam kisaran harga di antara Lumia 535 dan Lumia 430, yaitu seri Lumia 435 dan Lumia 532.

Kali ini Winpoin ingin mengajak kamu meninjau salah satu seri low end milik Microsoft yang jarang mendapatkan sorotan publikasi, yaitu Lumia 532. Kita semua tahu bahwa OS Windows Phone atau Windows Mobile milik Microsoft bisa jadi salah satu alasan terbesar untuk membeli semua perangkat Windows Phone (karena ada yang sudah sedemikian cocok dengan OS ini – saya salah satunya – sehingga perangkat apa pun yang dibeli sebisa mungkin menggunakan OS yang akan segera disempurnakan dengan Windows 10 ini), oleh karena itu, saya tidak akan membahas OS sebagai salah satu keunggulan Lumia 532, tetapi saya langsung mengulas 3 alasan yang mungkin dapat kamu pertimbangkan jika kamu menginginkan sebuah perangkat low end yang handal, atau ingin melakukan upgrade dari perangkat low end lama, misalnya Lumia 520 atau 620. Berikut ini Winpoin akan mengulas 3 alasan bagi kamu untuk memilih Lumia 532 sebagai perangkat yang menemani kamu.

 

Form Factor dan Build Quality

Lumia 532

Lumia 532 memiliki bentang layar 4 inchi, sama dengan Lumia 520, namun dengan bentuk yang lebih compact, sehingga terkesan lebih mungil dan sedikit gemuk. Jenis plastik yang digunakan juga berbeda. Plastik yang membungkus Lumia 532 terkesan lebih keras dan kokoh, bahkan dibandingkan dengan Lumia 430, Lumia 535, Lumia 540, atau Lumia 640 sekali pun. Konsekuensinya, ponsel ini terasa lebih berat, namun solid. Dalam keadaan kepepet, melemparkan Lumia 532 ke kepala seseorang bisa menimbulkan gegar otak, bahkan mungkin kematian.

Untuk kamu yang tidak menyukai layar ponsel yang terlalu lebar (5 inchi ke atas) seperti misalnya Lumia 535, Lumia 540, ke atas, bentuk Lumia 532 akan jadi favorit kamu.

 

Prosesor yang Andal – Support semua Game besar

Lumia 532

Lumia 532 menggunakan prosesor Qualcomm MSM8212 Snapdragon 200 dengan CPU Quad-Core 1,2 GHz Cortex-A7 didukung Adreno 302, serta RAM sebesar 1GB. Kurang lebih sama dengan Lumia 535. Tapi entah karena pengaruh lain-lain faktor, mungkin bentang layar dan sebagainya, saya merasa bahwa Lumia 532 lebih smooth untuk digunakan bermain game-game besar. Seperti yang ditampilkan pada foto di atas, saya dapat memainkan Modern Combat 5: Blackout yang merupakan salah satu game paling berat di Windows Phone dengan halus dan lancar.

Ini hanya sebagai sebuah contoh yang menunjukkan bahwa jeroan Lumia 532 sangat mumpuni untuk digunakan menjalankan berbagai tugas sehari-hari.

 

Glance Screen

Lumia 532

Salah satu hal yang unik dari Lumia 532 adalah, meskipun merupakan salah satu perangkat low end, namun Lumia 532 support fitur Glance Screen. Jika kamu kurang akrab dengan Glance, ini merupakan fitur yang memungkinkan kamu menampilkan jam, pemberitahuan singkat SMS, email, atau notifikasi aplikasi lainnya secara singkat, meskipun layar dalam kondisi mati. Prasyarat untuk Glance ini juga bisa diatur, apakah kamu ingin menyalakan terus menerus (always on) atau sekilas saja setiap kali kamu baru mematikan layar atau meletakkan tanganmu di depan sensor cahaya (peek). Skenario peek ini juga sangat bermanfaat ketika kamu baru saja mengeluarkan perangkat ini dari saku. Kamu dapat melihat keterangan jam atau notifikasi terpilih yang masuk, tanpa perlu mengaktifkan ponsel.

Perlu diperhatikan bahwa fitur glance pada Lumia 532 tidak sebaik fitur Glance pada perangkat kelas di atasnya seperti Lumia 720, Lumia 820, Lumia 920, Lumia 925, Lumia 1020, atau Lumia 1520. Glance pada Lumia 532 hanya dapat memberikan keterangan singkat dan terbatas, bahkan juga tidak dapat menampilkan laporan cuaca (weather) seperti Glance pada perangkat Lumia di seri lebih tinggi lainnya.

 

Apakah Lumia 532 layak sebagai upgrade untuk Lumia 520?

Lumia 532

Bila kamu menginginkan pengganti yang harganya lebih miring untuk perangkat Lumia 520, maka Lumia 532 memiliki banyak kemiripan. Selain bentang layar yang sama 4 inchi, Lumia 532 juga memiliki kamera sebesar 5MP tanpa dukungan flash, mirip dengan Lumia 520. Akan tetapi, saya perlu memberi tahu ada dua kekurangan Lumia 532 dibandingkan dengan Lumia 520.

Yang pertama adalah viewing angle pada layar. Jika layar Lumia 520 cukup nyaman dan enak dilihat dari sudut mana saja, Lumia 532 memiliki viewing angle yang sedikit buruk jika kamu lihat dari arah bawah. Kamu akan merasakan kecerahan (brightness) sedikit meningkat jika dilihat dari bawah, apalagi jika kamu menggunakan background light atau putih.

Lumia 532

Kelemahan yang kedua adalah kamera. Jika kamera Lumia 520, meskipun 5MP, namun memungkinkan autofocus, sehingga kita dapat memainkan fokus untuk memotret objek dari jarak sedekat mungkin, Lumia 532 menggunakan kamera dengan fixed focus. Kekurangannya adalah jarak potret minimal adalah sekitar 50cm. Namun kelebihannya, kamu mendapatkan kemampuan pemotretan yang lebih baik di situasi kurang cahaya, serta juga foto yang lebih tajam dan cerah, asalkan dengan jarak fokus di atas 50 cm.

Kalau ada satu hal lagi yang mungkin dapat dianggap sebagai kekurangan adalah respon ketika menyalakan layar, baik dengan double tap to wake maupun menggunakan tombol power. Terkadang ada jeda hingga tiga detik setelah kita mengetuk layar dua kali ataupun menekan tombol power. Tapi jangan kuatir, menurut pengalaman pribadi, hampir tidak pernah layar gagal dinyalakan setelah melakukan salah satu dari dua skema tersebut.

Nah, demikianlah ulasan tentang kelebihan Lumia 532 yang bisa menjadi bahan pertimbangan kamu jika ingin memilih perangkat low end Microsoft. Penasaran dengan spek selengkapnya? Kamu bisa melihatnya di sini. Mungkin jika kamu saat ini menggunakan perangkat Lumia 532 dan ingin menambahkan alasan bagi kamu untuk memilih Lumia 532, sumbangkan pendapat kamu di kolom komentar!

  Video: Fitur, Tips, dan Trik Tersembunyi di Windows 10  

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • Hohoho… Karena dua Lumiaku masuk NCC, terpaksa pakai ini Febian…

    • IMIEN COVER BOY

      Cx bisa masuk NCC semua emang rusak kenak apa om kiki…
      Jdi waspada,,takut rusak jga wkwkwkwkw…

      • Jangan kuatir. Semua itu kesalahan pribadi.

        Lumia 820 kebanting sempurna ke lantai pas muka hadap bawah, karena terikat charger. Yang kena LCD dalam.

        Lumia 535 jatuh di tengah jalan, dilindas dua mobil dan satu motor sebelum berhasil kuselamatkan. Yang kena cuma layar doang :D

        • cobaan berat bagi kedua Lumia, yang paling hebat L535 tuh, udah dilindas dua mobil sama satu motor , yang kena cuma layar doang , Lumia memang hebat :D

          • d12x

            Yang lindas mobil-mobilan kwokwokwo

          • Jatuh dari saku jaket waktu aku naik motor. Aku baru sadar karena musik mendadak mati (kalau jalan aku selalu pakai earset dengerin musik sekaligus terima telpon). Udah berusaha nyetop mobil yang lewat, tapi telat. Terlalu dekat dan jalan padat.

          • iya, mobil-mobilan seberat 2 ton wkwkwk :D

        • Agil Faisal Rahman

          gile bener penyakitnya… untung cadangan neng mianya ada ya min… wkwkwkwk

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          Ganas……
          GWS Lumiaku
          wkwkwkwk

        • anton920

          Masak gan kelindas mobil sm motor cmn rusak layarnya doang, bs buat testimoni tuh

          • Ini kondisi habis kelindas, ntar kalau udah balik Malang aku fotoin kuitansi dari NCC yang menyatakan hanya perlu ganti layar.. (0 0)/

          • anton920

            Jozzz…sekalian dibuat artikelnya gan biar lebih mantep orang2 yg mau migrasi ke windows mobile

        • Ojo Nessu

          Sya trut brduka cita om…
          Smoga msibah x cpat brlalu…

  • BUDI

    Hallo, user L532 disini…

    Kurangnya mungkin dari segi kamera, berat, sama layar aja sih. Selebihnya biasa aja.

    Sama nyari backcase yang susah T,T Mau nyari cadangan backcase buat dikasih stiker2 anime jadi belum kesampean

    • Hahaha… Beratnya itu bisa buat ngelempar kepala maling.

      Untuk back cover, coba ke NCC. Terakhir aku kesana, harganya 100rb, tapi harus pesan dulu

      • BUDI

        enaknya jadi ngga merasa megang hape mainan, terlalu tipis sama terlalu ringan jadi mirip hape-hapean :p

        oh bisa di NCC toh, sip dah nanti coba kesana

  • IMIEN COVER BOY

    Cuma pengen layar gedhe hohohooo…

  • Faradifan Sastra

    Wah akhirnya review dr winpoin ttg lumia 532 keluar juga. :v ane juga pake hp ini gan. Alhamdulillah sudah pernah jatuh dr saku dada baju 3x masih normal. :v modern combat, dead trigger, asphalt 8 lancar jaya. Ane gak suka foto2 apalagi selfie yg penting skype face 2 face sama selingkuhan jalan terus :v tidak pernah ada keluhan seperti yang dialami kakaknya 535 :v tapi masih penasaran gimana pake windows 10 mobile TP yg build terbaru disini, ane sudah keluar dr insider :v kekurangan cuma nyari back case susah, nyesel beli warna orange sama persis kayak seragam SAR ane :’v

    • Di NCC aku ditawarin harga 100rb (indent), tapi pilihan warna cuma putih, hitam, sama oranye.. :D

      • Dedy De

        btw om kiki malang juga kan kalo gak salah ?
        NCC malang buka ya emang ?

        • Sudah buka awal Juli. Karena pelanggan lama, aku sampai disms sama mereka. Sekarang jadi satu sama Huawei Center. Jadi jangan kaget kalau pas masuk outfit mereka warna merah.

          • Dedy De

            wkwk sampe di sms segala, kayanya ada harga khusus nih kalo sering ke ncc XD

          • Sayangnya gak pernah dapat harga khusus.

          • Asthenia

            bro, di malang toko yang mantep dimana?
            tertarik ambil 532 nih, hehe..
            thanks

    • andri ahmadi

      Untuk windows 10 yg versi terakhir g ada kendala brow l, paling cuma aplikasi yg teristal di sdcard jadi tidak tersedia pas kita restart hp kita

    • Rasshid

      Ciee punya selingkuhan :v

    • Putrapetier

      Bisa download fifa 15 ga yah?

      • Bisa. Tapi di mana saja, Fifa itu berat dan suka macet sendiri..

        • Putrapetier

          Owh

    • Rio Eka Putra

      Ada kamera depannya gan?

      • Ada. Meskipun pas-pasan.,

  • kalau untuk performa windows 10 mobile di L532 gimana om? :D

  • Muhammad Raihan

    Saya paling gak suka sama lumia 520,530,532,535 saya paling sukanya lumia tab 2520

    http://011now.files.wordpress.com/2014/02/nokia-lumia-2520-windows.png

  • Briyan D’Avenger

    Lumia 730 ane sering problem double tap nya kenapa ya min? kemaren habis phone update malah sekarang ngga bisa double tap to wake lagi…. :(

    • Aku kuatirnya kok masalah hardware ya… Coba dibawa ke NCC.
      Seharusnya Lumia 730 lancar double tap to wake…

  • Hmmm…
    Kalo saya sih pingin upgrade ke seri 6xx :D

    Udah pakai Snapdragon 400 soalnya, hahahaha

  • kalau bisa coba juga om, buat nambah referensi :D

  • Athallah Faza

    Gantungan nya beli dimana tuh? Mau dong

  • Lims Ricky

    Yah udah terlanjur beli 435 lagi, overall sih puas pake 435 tapi penasaran juga, kemaren pake 535 pgn balik ke layar kecil apalagi kalo inget penyakit touchscreennya ..

  • Nunu Ahmad Nugraha

    Ane pake hp ini nih, memang performa mantap abis, tp pake Windows 10 build baru bkin kesan hp ini lancar jaya menghilang. … Paling kurang sih dr kamera dpan aja yg banyak titik2 gitu di tmpat kurang cahaya tp pencahayaannya bagus untk kelas kamera dpan megapixel rendah..
    Gaada problem sama sekali pemakaian dr awal keluar banget smpe sekarang
    Ga berniat untuk ganti mungkin tahun depan upgrade ke hp layar lebih guede.

  • Om ane pengen 540 bagus gak.?

  • Asthenia

    oh gitu bro, berarti g sampe 1,2 kyk di web resmi microsoft y…
    ok bro thanks banyak, tak simpen no nya, thanks…

  • afan

    semula dah kepingin beli 532, eh… 535 turun harga jadi 1.299 ribu. ya jadinya beli 535. dah 10 hari pakai, resumingnya yang ganggu banget apalagi klo sinyal juga melemah :D

  • rasyid

    Hallo..saya juga user L532,,mohon info apakah sdh bias di upgrade ke windows 10.

  • carsim

    Untuk lumia 532 gmn yaa cara upgrade to wp 10???

  • obied

    dukungan?
    pengembang?
    store?
    blutut?
    upadate?
    zune?

    • Randhika

      Dukungan? Ada…Bisa update ke Windows 10
      OonDroid? Jangan ditanya deh, Fragmented! ;-)
      Pengembang? Satu persatu mulai mendatangkan aplikasinya ke WP
      Store? Makin ramai
      Blutut? Ga bisa…
      Bluetooth? Bisa, sejak WP 8.0
      Update? Rutin… (OonDroid mana bisa kaya gini)
      Zune? Gak perlu. Toh Handset WP bisa langsung colok ke PC langsung sebagai USB External Storage.

  • jack

    dari pengalaman saya menggunakan hp ini hanya pada batrenya yang cepat habis.
    selain itu semua bagus sesuai harganya yg 1,2 jt. oh iya mau tanya ni bagaimana cara menghubungkannya dengan PC agar bisa jadi modem atau edit kontak sms dll seperti hp nokia lama pake nokia PC suite? selalu muncul kabel data tidak kompatibel. PC nya pake win 8.1. apa memang butuh kabel data baru? jika ia kabel data jenis apa yang kompatible? mohon bantu bos ! terimakasih.