Duh..Microsoft Membatasi Jumlah Maksimal Apps yang Terinstall di Windows 10

Jangan salah paham dulu. Batasan disini bukanlah banyaknya jumlah apps yang terinstall dalam satu device, melainkan batasan jumlah device yang bisa terinstall oleh suatu apps.

Jadi dalam satu device kamu bisa menginstall banyak sekali apps, nyaris tanpa batas selama storage kamu masih mampu mengatasinya. Tetapi untuk satu apps yang terinstall di device Windows 10, dia kini hanya bisa terinstall di maksimal 10 device saja dalam satu akun Microsoft yang sama.

 

Beli 1x untuk 10 Device

Duh..Microsoft Membatasi Jumlah Maksimal Apps yang Terinstall di Windows 10

Untuk aplikasi gratis batasan ini tidak begitu berpengaruh karena kamu bisa menginstallnya di device lain dengan akun Microsoft yang baru, tetapi untuk aplikasi berbayar batasan ini cukup memiliki pengaruh.

Batasan apps terinstall maksimal di 10 device dengan Microsoft Account yang sama berarti jika kamu membeli sebuah apps, maka kamu cukup beli 1x dan bisa menginstallnya di 10 Device Windows 10 yang berbeda.

Kamu tidak perlu membayar lagi untuk masing-masing device, melainkan cukup login saja di Microsoft Account yang sama dan semua apps yang sudah kamu beli bakal terinstall disana.

 

Batasan Turun dari 81 Device Menjadi 10 Device

Di Windows 8.1, batasan apps yang terinstall adalah 81 device, namun di Windows 10 diturunkan menjadi 10 device saja.

 

Lebih Baik vs Lebih Buruk?

Mungkin banyak diantara kamu yang merasa batasan ini sangat merugikan. Tetapi dari sudut pandang kita, keputusan penurunan batasan install ini malah jauh lebih baik bagi ekosistem Windows.

Bayangkan dengan batasan install sebesar 81 device, developer apps bakal mengencangkan ikat pinggang karena apps mereka dibeli 1x untuk 81 device. Belum lagi jika ada pengguna “nakal” yang share Microsoft Account rame2, sehingga cukup beli 1x apps berbayar untuk beramai-ramai.

Hal ini membuat developer harus siap bokek jika mengembangkan apps di Windows Store. Mereka menjadi kurang tertarik dan berpikir dua kali untuk mengembangkan apps di Windows Store — Windows Store pun jadi minim aplikasi.

Namun dengan batasan install di 10 device ini, developer memiliki peluang yang lebih baik untuk mendapatkan penghasilan dari Windows Store. Bukan tidak mungkin ketertarikan mereka akan meningkat dan membuat banyak apps baru bermunculan di Windows Store.

Hasilnya, ada banyak pilihan apps bagi kita. Lagipula 10 device sudah terbilang cukup banyak, jauh lebih banyak daripada jumlah device yang dimiliki oleh pengguna rata-rata.

 

Menurut Kamu?

Jika menurut kita penurunan batasan instalasi apps ini baik bagi ekosistem Windows Store itu sendiri, lalu bagaimana menurut kamu?

Bagikan pendapat kamu disini

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.