Home Editorial Lumia 535 – Takajou dalam Wujud Smartphone

Lumia 535 – Takajou dalam Wujud Smartphone

Lumia 535

Untuk kamu yang rajin mengikuti anime musiman, mungkin tidak asing dengan Charlotte yang sedang tayang musim ini. Sedikit overhype karena berasal dari rumah produksi yang sama dengan Angel Beats yang sempat populer dua tahun yang lalu, Charlotte mengisahkan tentang remaja-remaja dengan kekuatan supernatural yang konon akan hilang setelah mereka dewasa. Oke, karena di sudut sana pimpinan Winpoin sudah teriak protes karena ini portal Windows dan Windows Phone, bukan anime – kita langsung saja ke intinya. Salah satu karakter di serial yang sedang naik tayang ini, Joujirou Takajou, benar-benar mengingatkan saya pada Lumia 535. Tampil seperti pemuda polos yang biasa-biasa saja, cowok ini memiliki kekuatan bergerak dengan kecepatan tinggi. Keren? Oke, kekuatan ini ada cacatnya, yaitu dia tidak bisa berhenti sesuai keinginan – sehingga si kacamata ini harus berakhir babak belur karena menabrak sesuatu, jatuh, atau nyungsep kemana-mana. Familiar sekali bukan, dengan sebuah smartphone yang kadang susah membedakan kita ingin menggulir atau melakukan tap, mengetuk sekali atau dua kali?

Sekedar itu saja? Jika kamu mengikuti show ini, kamu pasti juga tahu bahwa Takajou memiliki tubuh kekar dan daya tahan yang luar biasa, seakan tak bisa mati. Lumia 535? Izinkan saya menceritakan pengalaman saya dengan device pertama yang berlabel Microsoft ini.

 

Lumia 535

Untuk teman-teman Winpoin yang sudah lama mengenal saya, pasti tahu saya hobi gonta-ganti perangkat (dan semuanya Windows Phone). Jadi beberapa bulan lalu saya memutuskan untuk menggunakan lagi Lumia 535 yang sempat lama ‘digudangkan’ karena saya tidak tahan oleh masalah layar over-sensitif yang menjadikannya tidak nyaman digunakan. Salah seorang sobat kru Winpoin, Ambrizal, membocorkan info dari Microsoft bahwa sebenarnya masalah layar ini dapat diatasi dengan melakukan klaim perbaikan ke MS Store. Namun saat itu Nokia Care Center lokal di kota saya (Malang), tengah dalam masa transisi (pergantian dari Nokia ke Microsoft) sehingga tidak menerima perbaikan atau klaim garansi apa pun. Terpaksa saya menunggu transisi selesai.

Malang nian nasib saya (sudah tinggalnya di Kota Malang, nasibnya malang lagi)… Ketika saya tengah asyik mengendarai motor menuju ke sebuah event bunkasai salah satu SMA di Malang, Lumia 535 kesayangan menyembul keluar dari saku jaket, lalu jatuh di tengah jalan raya yang padat. Waktu itu saya langsung menyadari perangkat saya jatuh karena sedang asyik mendengarkan musik dari earset (bahkan saya masih ingat jelas bahwa saat itu Xbox music sedang memutar Oracion yang dinyanyikan si imut Ai Kayano)!

Upaya saya yang langsung melompat turun untuk menyelamatkan ponsel debut Microsoft ini gagal. Di depan mata saya harus menyaksikan dua buah mobil melindas perangkat kesayangan saya ini – bahkan saya gagal menyetop satu motor yang ikut menggoreskan alur bannya ke back cover Lumia yang terbaring menelungkup di atas aspal!

Lumia 535

Ketika berhasil mengambil Lumia 535 saya, yang tersisa hanyalah nyala lemah (iya, itu masih kondisi nyala! Hanya saja sudah tidak merespon ‘sentuhan’ sama sekali) dan bagian ‘wajah’ yang hancur lebur. Saya bergegas menuju NCC, namun permintaan saya untuk memperbaiki perangkat tersebut tetap ditolak, sedangkan semua tempat servis yang saya datangi semua menyatakan tidak memiliki stok hardware untuk Lumia 535.

Saya terpaksa menunggu dalam jangka waktu yang tak tentu. Sebagai pengganti, karena perangkat favorit saya yang lain, Lumia 820 juga mengalami kerusakan layar, maka saya menggunakan Lumia 532, yang cukup mengasyikkan juga.

Tumbuh harapan baru ketika beberapa bulan kemudian, saya menerima SMS dari Nokia Care Center (sepertinya langganan lama mendapatkan SMS ini).

Lumia 535

Salut untuk pelayanan Nokia yang sampai bersedia memberikan info ketika service center mereka mulai bekerja kembali! Saya pun bergegas menghela motor tua saya menuju Nokia Care Center Malang. Setelah pemeriksaan beberapa saat, Lumia 535 saya hanya divonis…. ganti layar! Saya sempat melongo karena saya menyaksikan sendiri bagaimana perangkat ini dianiaya oleh dua monster beroda empat ditambah sebuah motor biadab yang secara literal melindas, menggencet, dan meremukkan perangkat saya di atas aspal panas! Meskipun sedikit tak yakin bahwa tidak ada kerusakan lain, saya mempercayakan perangkat saya kepada Nokia Care Center – dalam hati saya sudah siap mental jika ada kerusakan lainnya.

Lumia 535

Butuh waktu lebih dari sebulan, namun pada akhirnya, Lumia 535 yang saya titipkan ke Nokia Care Center dapat diambil kembali!

Lumia 535

Pada saat mengambil ponsel saya yang usai menjalani ‘perawatan’, ekspektasi saya tidak begitu tinggi. Dalam hati saya ragu, benarkah sebuah device yang sudah diinjak-injak monster-monster dengan berat di atas 500-an kilo tidak akan mengalami masalah lain? Namun keraguan itu sirna setelah dua hari pertama menggunakan kembali smartphone ini!

Semua fungsi normal, saya dapat menelepon, mengirim SMS, mengakses internet, bermain game, memutar musik tanpa ada penurunan kualitas suara dibandingkan dengan sebelumnya. Bahkan saya mendapatkan bonus yang mengejutkan: permasalahan layar yang cenderung terlalu sensitif hilang! Iya.. Hilang-lang! Disappear.. Gone.. Vanished.. Tanpa jejak.. Sampai saya lupa rasanya melakukan scroll lalu tak sengaja masuk aplikasi tertentu!

 

Kesimpulan

Dari cerita saya yang ngalor ngidul nggak jelas di atas (bahkan mungkin bakal banyak pembaca Winpoin yang langsung menuju bagian “kesimpulan” karena malas membaca dongeng saya), ada dua kesimpulan yang dapat saya tarik.

Pertama, build quality ala Nokia (yang sekarang dibeli Microsoft) bukan pepesan kosong belaka. Lumia 535 saya adalah saksinya! Balik ke anime Charlotte yang saya jadikan prolog, ini mengingatkan saya pada Takajou yang memiliki ketahanan tubuh luar biasa sehingga tetap sehat (atau cepat sembuh) meskipun menghantam tembok atau jatuh dari lantai tiga gedung sekolah.

Kedua, ini yang penting, semakin jelas bahwa masalah touch yang menjadikan pengguna Lumia 535 di seluruh dunia mengamuk bukanlah kesalahan software! Ini jelas merupakan masalah hardware! Beberapa portal diskusi Windows Phone memang mencurigai ini dikarenakan kurang sinkronnya komponen layar Lumia 535. Terbukti bahwa setelah mengalami penggantian hardware (layar), Lumia 535 tak pernah mengalami masalah lagi! Lebih dahsyat lagi, saya bisa bermain game atau mengetik pesan teks dengan akurat dalam kondisi HP tertancap charger, teman-teman pengguna Lumia 535 tahu bahwa ini adalah hal yang nyaris mustahil dilakukan!

Dari pengalaman saya, solusi apa yang bisa dilakukan? Saya tidak ingin memprovokasi, tapi mungkin teman-teman dapat meminta penggantian layar seperti yang saya lakukan. Kalau Nokia Care menolak klaim garansi terkait hal ini, mungkin teman-teman bisa sedikit ‘memecah celengan’ dan merelakan sekitar Rp 700.000 untuk membeli layar baru dari Nokia Care. Jujur saya tidak berani memastikan bahwa ini akan ‘menyehatkan’ layar Lumia 535 teman-teman, tapi berkaca pada pengalaman saya sendiri, it works!

Demikian sedikit share pengalaman dari saya, semoga teman-teman dapat mengambil hikmah yang paling utama yaitu: Nao itu imut banget! *kabur disambit pembaca se-Winpoin*

Nao

 

 

 

 

Penulis Winpoin yang paling sering minta dimaklumi kalau lagi lama nggak nulis | Dengan senang hati menjawab pertanyaan seputar Windows Phone lewat akun Twitter @kikisidharta
  • ars

    gak jadi pizza sauce mas

  • riduan

    hahaa…

  • Samuel Manjo

    Wah, pengguna lumia 535 juga.. Nih device memang cuman lemah dilayarnya.. Tapi kalau yang lainnya sih ga masalah.. Sudah sering jatuh juga masih ga masalah :D sekarang lagi dipakai buat Insider juga

  • aks13

    Mas kiki, coba tes ngetik tangannya lembab / agak basah ngaco gak touch nya

  • Muhamad Al-Isrö

    Sdikit tips. Layar l535 saya pas di cas over sensitiv. Tp kalau tidak di cas normal jaya. Setelah gak sengaja nyoba charger lain (saya menggunakan cas samsung) ternyata tidak over sensitiv lagi n sampa skrng sembuh total walau pernah rollback atau hr tetap tdk prnahbbrmslh lg. Ktika makai cas Microsoft lagi tetap sehat dan tidak ada masalah.

    • Agung Dedy

      Kalo boleh tau cas samsung merek apa bukannya tiap hape beda voltase outputnya ?
      Saya barusana coba pake sony xperia masih malah tambah error pake punya ms masih ada sedikit kalo kecepetan ngetik kayak doubble tap.

    • andika priatama

      iyaa gan aku juga sama oversensitive banget ketika di charger ntah kenapa bisa begitu? apa benar bisa tuh pake pengecas samsung bisa fix kannya ? kira kira gara gara apa ya bisa begitu? ketika baru beli gak seperti itu mungkin stelah di update mungkin jadi seperti itu.

    • Soni Abraham

      Pake antir gores tambahan aja gan sperti tempered glass.. Jdi oversensitifnya hilang..aq sdh coba layarnya jdi normal…

      • PrioHanif

        Berapaan mas tempred glassnya lumia535?

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          palingan hampir 50k

    • Muhammad Raihan

      Itu sih namanya mungkin error
      Kaya lumia 730 saudara saya

  • Hilary Duff

    Serasa Kaya Buka Forum H2H (Heart To Heart) Nya Kaskus :v (Kaskuser Pasti Tau Subforum Ini) :v

  • Ukasyah Rahmatullah Zada

    Pake aja temperal glas .. Aman dn nyaman.. Nyussss…

  • Fernando Sidjabat

    Kalo ane sih pake cas an ori ga ada masalah tapi pernah pake charger bb malah error touchsreennya. Tapi chargr abal ga ada masalah.

  • Andri Yumanda Saputra

    adminnya vvibu :v

    • Dari duluuu.. :v

  • Kyky Mixz Juventini

    Kebetulan nama nya agak mirip nie mz kiki. Abis baca lngsung pengen koment. Dari kota tetangga nie,BLITAR. Kalau L535 saya bikin jengkel kl pas d cas. Kl tnp cas masih terhitung OK. Saat ketik koment ini saja gregetan.. Edit trs….kl apa adanya sich..nie tulisan dah blepotan..wkwkwk… Mz…mngkin saya boleh mnt nope ny..biar kalau kemalang bisa kopdar atau mnt masukan bt L535 saya. Bingung…mw ikut jejak mz kiki atau tdk ya….tp yg jejak service lo..ngak pakai d injak monster nya..wkwkwk. Enak nya ke NCC kediri atau malang? Garansi masih ada nie. Saya beli bln januari. Kalau ganti layar.. Pakai garansi ngak ya…

  • Ferry Krueger

    Apa masih bisa nyala ML535 nya kalo dibakar sama Yusa-rin? :v

    • YanDhika

      Misa :v

    • Kahfindo Arya Be

      Nyala bro sampe berapi api :v

  • Ahmadjawawi

    Ane user l535 so far touch Gk ada masalah abis dikasih anti gores agan2. Pokoknya keren ni device

  • YanDhika

    Takajo >_<

  • Nurcahya

    Ayumi mati vroh :’v

  • Kahfindo Arya Be

    Ayumi mati mas ambrizal :’)
    Lupakan, saya mau nanya….
    Kalo klaim garansi ke NCC apakah diperlukan biaya dan apakah memakan waktu lama?
    Rumah saya lumayan deket sama malang jadi boleh dong klaim kesana :3

    • Aku kurang tahu boleh apa enggak langsung minta ganti pakai garansi. Tapi kalau pengalamanku, aku bayar 700 dan makan waktu sebulan.

      • Kahfindo Arya Be

        Oh gitu ya
        Aku coba telfon ncc nya dulu deh :D

  • Agung Dedy

    Lumia 535 sudah masuk ncc sudah diganti layar awal diganti kayak ada pelindung layar layar kata ncc itu pelindung layar baru sama kayak beli tv ada pelindungnya waktu dipake enak banget walapun cas pas saya kelupas soalnya uda mulai gak nempel eh muncul lagi ini bukan masalah cas sensitif kalo dicolokin ke jack 3.5mm buat ke soundsistem. Asem mana sensor cahaya juga longgar jadi waktu tlp jadi blank mau claim lagi jauh nccnya cuma salut ncc kalo claim gak main.

    • Wah, kok gitu ya NCC-nya. Padahal biasanya aku percaya banget karena beberapa kali benerin device sejak zaman Nokia candy bar selalu sempurna hasilnya. Turut berduka Gan..

      • Agung Dedy

        Kalau layar iya oke ini saya ngetik sambiil cas paling banter error karna typo saya hehe. Iya gak sempurna sensornya longgar waktu itu saya ke ncc lagi sudah diperbaaiki pas dirumag saya naruh tas (banting) lupa ada hp saya jedug coba error lagi sensornya apes apes

        • andika priatama

          haha sabar gan itu gara gara kebentur ya bisa gitu aku juga sama jadi oversensitive ketika di charger -_- apes banget

          • Agung Dedy

            Nunggu sukses w10m kalo semakin oke ganti hh gak tahan sama ini ambil seri 6/7
            Kalo w10m mengecewakan cukup ini haha

          • andika priatama

            haha tergantung hh nya dong apalagi l535 ini kalo oversensitivenya makin jadi aduh terpaksa ganti deh haha hampir aja aku mau banting saking kesalnya ketika tangan lagi basah aduh geram banget hahaha

          • Agung Dedy

            Masuk ncc aja om saya sudah masuk ncc gak ada masalah sama sekali cuma klo cas masih ada masalah denger katanya klo uda w10m masalah ini ilang

          • andika priatama

            saya udah coba kalo di w10m tetep ketika di charger over banget tapi gak tau ya kalo udah diganti gimana kalo pake w10m

          • Agung Dedy

            Patut dicoba mungkin nanti kalo uda final beda mungkin. Atau HH saya sudah beda lagi haha

  • Itu kalau di ganti di NCC d knakan biaya g’ gan utk ganti layarnya?

    • Mungkin bisa memanfaatkan garansi. Tapi aku kena biaya 700 karena “kelalaian pribadi”

      • Kelalaian gmna gan? Kalau masih ada garansi g’ d knakan biaya lagi ya?

        • Biasanya kalau bukan karena sebab yang wajar seperti pecah, kebakar, dicuri, enggak tercakup garansi (seperti kasusku).

          Tapi coba aja klaim dengan alasan layar rusak (over sensitif tadi). Siapa tau mereka mau ganti.

  • Wahyu ELok Prastyawan

    Ncc di malang di sebelah mana

    • Sebelah Apotik Gajah Mada, beberapa meter dari Mitra 2 lama. Jangan kaget, mereka sekarang jadi satu sama Huawei.

      • Wahyu ELok Prastyawan

        Ok makasih infonya

      • bersatu kita teguh bercerai kita runtuh?? :))

      • ArdaPunk

        kalo beli temper glas ada gak kira-kira di ncc?

        • Coba aja. Mereka ada semacam list-nya.

          • ArdaPunk

            sip, makasih…

      • Yossii Saputra

        pernah dikecewakan di NCC Roxy Mas Jakarta.. lumia 520 ku malah dibuat matot sama mreka dengan alasan harus ganti mesin

        • Wah, sayang sekali. Ikut berduka atas perangkatnya Yosi.

          • Yossii Saputra

            tapi dengan itu jadi rajin nabung dan kebeli Lumia925 :) agan yang katanya ada Temen yang suka jual acc smartphone di batam apa nama nya?

          • Di grup Telegram Lumia, namanya Jack Daniel.

    • Kahfindo Arya Be

      Coba liat gambar di thread bro

  • RiDho Ahmad

    wahah..
    berbanding terbalik dengan Lumia 520 ane
    setelah lumia 520 ane kacanya pecah karena peristiwa naas, ane ganti ke teman ane tukang service, pas diganti malah sentuhannya over sesitive (mungkin ky 535) tpi itu pas lg lembab/berminyak doang, supersensitivenya hilang lg (dulu bisa sentuh pake kuku)

    • Muhammad Rizki

      Lcd nya kalau pecah ganti ke ncc aja,dengan kualitas yang telah terjamin,

    • Wah, sayang sekali. Harusnya ke NCC aja. Aku belum pernah kecewa servis di sana.

      • RiDho Ahmad

        :’)

  • ad galiih

    Wah ini l535 ane pecah.
    Kira² sudah ada yang jual casing belum y.?..
    Kalo screen harus sering² bersihin dari lemak², pst ud ok lagi..
    Apa lgi pake os wp 10..
    Ud nyaman..

    • Pesan di NCC, atau bisa juga beli dari Jack Daniel di grup Telegram Lumia. Dia orang Batam. Harganya 100 untuk back cover Lumia 535.

      • Mochammad Reza

        Untuk lumia 730 ada juga gak?

        • Ada dong. Apalagi di NCC. Lengkap tapi pesan dulu..

      • ad galiih

        Makasih gan infonya..

  • aks13

    Haa itu dia masalah yg sering saya jmpai dan kalau tangan lagi berkeringat. Kalau aman dan lancar rela ngeluarin 700k kalau ada.

    • Kalau pengalamanku, ini berhasil. Semoga berhasil juga untuk Agan..

  • Wahyu ELok Prastyawan

    Aku dulu pake l625 terus ganti l535 kaget bget sama touchnya yg terlalu, mau di servis mahal ya kalo 700

  • Tragis amat Lumianya…

    BTW, Katanya, Lumia 535 yang pakai hardware version 5.0 itu, semua masalah udh clear termasuk layar sampai masalah GPS yang susah lock…

  • BUDI

    Aduuuhh…. Miris banget dah baca ceritanya. Serasa pengen teriak *nama ponsel* dengan gaya Otosaka Yu pas charlotte episode 6.

  • anton920

    Top gan, nilai plus buat lumia 535

  • Deris Kharisma

    kemaren beli 535 ini karna kurang duit 640 jadi berpaling lah ke yang lebih murah awalnya aga di ejek juga karna masalah touchnya dan bukan HP mainstream RoJo tapi lama kelamaan mereka ngiri juga karna pas maen game yang sama malah lebih enak di 535 hahahahaha
    pernah nginep juga di NCC 1 hari karna layar blank total dan cuma butuh flashing ulang saja

  • ericktan

    Dr awal pembelian akhir januari ni device sudah dapat antigores bukan antiglare….
    Sewaktu pake antigores ya pasti ngaco…
    Lalu ganti beli antiglare nyoba yg harga 50an hanya bertahan 1 minggu saja, lalu ngaco lagi…
    Kalo mo beli antiglare nya NILKIN yg mahal banget buat apa…percuma jg…mending simpen tuh uang buat beli device lain…apa lagi sampe 700rb…
    Garansi dipermainkan jika di indonesia..
    AIR dan keringat itu beda zat mas… sama” benda cair tapi kandungan mineral nya beda…
    Tangan ane pas super keringat… musti sering cuci tangan, apa lagi kalo pas ngegame HH panas langsung deh memicu keringat.,

    Intinya gini buat apa nambah lagi uang 700 ribu, ni HH beli baru sudah turun di 1.300rb… Buang” uang…

    Ap lg di tread sebelumnya 2016 disiapkan HH yg bisa bongkar pasang kayak LEGO mending tabung tuh uang…

    Saya sudah sering kirim tinjauan melalui menu setting di HH 535 ini dan dari awal sy sll bilang… Hey microsoft 535 ini yg bermasalah bukan pada SOFTWARE atau FIRMWARE nya tapi pada HARDWARE nya..,, jika anda bijak dan ingin perhatikan pelanggan beri kami solusi ganti hardware atau opsi tukar tambah buat HH baru saat L640&XL akan launcing… Dg syarat masih garansi…. eh sering banget dapet diminta peninjauan dan sudah update critical 6x L535 ane update ke 5 dan saat itu ane pake antigores masalah berkurang ngaco nya tapi saat baca gugel bukn nya zoom in out sendiri tapi selalu kembali ke paragraf awal atau satu layar dg heading news nya…koplak bukan lalu dikasih update lg ke 6 eh malah kembali seperti awal lgi…,semua jd ngaco,.lg…itu pengalaman ane…meskipun pake centang di silahkan hub sy selengkap nya melalui email tetap kagak mau hub….
    Microsoft habis.

  • awan

    carlot??? bener kata bung terlalalu overhype ..ane pernah nyoba nonton kesannya lebay lngsung drop …mengenai 535 no coment ,soalnya ane msih pke 520

  • andika priatama

    gila gan mahal banget ampe 700 ribuan bukan gak ada duit tapi kan sayang dong beli 1 jt lebih tapi ganti layar 700 ribu waduh -_- tapi ane sih tetep setia pake 535 kesayangan aku gan haha biarpun ya rada ngeselin gara gara over sensitivenya dan ya kao dicolokin headeset suka rada eror dan hanya satu yg hidup headsetnya dan ya ketika di charger jadi gak karuan over sensitivenye tapi aku tetep cinta l535 ini haha support terus 535 biarpun ngeselin hihi :p

  • Hari Anugrah

    Ayumi nande? nande? nande?
    Kasian Yuu ditinggal Ayumi, Nao juga imut, eh maksudnya … Kasian juga Nao merasa bertanggung jawab (y)

  • Rudy R

    kalo kata forum” di luar memang lumia 535 bisa sembuh kalo diganti hardwarenya gan
    di about phone di hardware revision kalo versi baru yang bagus itu 5 kalo yg versi lama over sensitive itu 3

    lumia 535 yg baru udh pake ardware revision 5

    • Yossii Saputra

      Cara liat versi 5 dmna gan?

  • Yossii Saputra

    kemarin baru aja dapet update untuk lumia535 nggak ada yang baru tapi untuk oversensitif udah mulai berkurang (y)

  • nasib Lumia nya sungguh malang, semalang nasib Otosaka Yuu yang ditinggal adik tercintanya :'(

    • Woooi… *mad*

  • Kåýäñ Æðjúst Çøý

    Waduh saya baru kemarin nih Lumia 1320 saya jatuh di aspal juga pas perjalanan mau liat acara cosplay -_- udah tak kira pecah layarnya malah masih mulus & cuma backcover aja lecetnya parah pas digenggam kasar banget :v

  • Aldi Novianto

    Lumia itu cuma buat orang miskin ! Iphone dong…..

    • I Made Tobias Abdiman

      Kebetulan nih…. ketemu orang kaya !
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      .
      ..
      .
      .
      .
      .
      monyet !

    • Ida Bagus Anom Sanjaya

      fak… diem lu orang kaya.

  • I Made Tobias Abdiman

    Doain ya…. biar uang tabunganku nambah banyak biar cukup buat beli L532

    • I Made Tobias Abdiman

      BTW l532 kameranya bagus gak ya ?

      • Aldi Novianto

        JELEK !!! IPHONE KAMERANYA TAJAM !! BISA SLOW MOTION !! LUMPIA MANA BISA ??? HAPE MURAHAN

        • Ida Bagus Anom Sanjaya

          iPhone gak bisa Bluetooth haha…… masih mau..? apa lagi iCloud gampang dijebol… blum lagi semua seri iPhone gak ada Dual SIM-nya (kalau ada buktiin disini).. terus iPhone 6 gampang bengkok pas masuk kantong.. MAHAL DIBANGGAIN..

  • Rasshid

    Oke fix post ini isinya curhat.
    :v

    • *jabattangan*

  • Soni Abraham

    Pake antir gores tambahan aja gan sperti tempered glass.. Jdi oversensitifnya hilang..aq sdh coba layarnya jdi normal..

  • alanndz

    wih, ada Nao, kawaii :v Charlotte the best anime musim ini, menurutku :v

    • Zahid Fakhruddin

      kalo menurut ane : 1.gangsta 2.charlotte 3.god eater, kalo ditambah musim lalu jelas shokugeki no soma the best :v

      • alanndz

        ahaha, gangsta ane gk nonton :v

    • Masalah Charlotte adalah: terlalu ingin jadi Angel Beats.

      Ini agak bikin ilfil. Tapi secara umum musim ini nggak ada yang benar-benar kuat seperti Hibike vs Oregairu vs Fate Stay Night vs Shokugeki no Soma musim kemarin – Jadi, mau nggak mau perhatian orang banyak di Charlotte.

  • Muhammad Raihan

    Hebat bingitt…..

  • ars

    untung bukan pizza saucenya ayumi #eh

  • Dedy De

    numpang cerita ah,
    dulu pernah klaim layar 535 di malang juga
    tapi kata teknisinnya masalah software :v,

    hari pertama dateng cuma di install ulang aja sama om teknisinya (kayanya sih di hard reset doang) katanya abis itu masalahnya udah ngilang, padahal dalem hati udah tau kalo sebenernya masalah hardwarenya, tapi ane nurut ajalah, takut dikatain sok tau sama teknisinya :v
    alhasil sama aja, touchscreen tetep ngaco

    katanya nunggu wm10 aja biar normal,
    mau minta ganti layar di persulit, katannya indennya lama, katanya ganti llayar juga gak bisa balikin normal, katanya mending nunggu update-tan terbaru biar balik normal, dan banyak katanya lainnya -.-
    intinya gagal ngeklaim touchscreen sensitifnya si 535

    sekarang pake rojo dulu, wkwkwk

  • Nody

    sama banget kaya nasib L535 ane, setelah jatuh posisi telungkup, layarnya pecah, setelah di ganti layar malah jadi normal nih L535 ane

  • Hyoudou Issei

    waifumu lacur, mz :v

  • PrashT

    curhatan seorang wibu
    #kabur

  • Ivan Arrianto

    Otosaka Yuu: Imoutomu ketiban tembok mz. Ayumi bakal ketemu kanade dah.

    Solusi aman emang pake tempered glass

    • Jangan ingatkan daku peristiwa tragis ituuuh… :(

  • Faradifan Sastra

    Kasian hp nya di gangbang 3 orang :v

  • David Putu

    Setiap masalah pasti ad solusina
    Benar sekali,lumia 535 sngat over sensitiv
    Jadi kita harus extra sabar dg layar yg demikian
    Tpi jgn khawatir,,skrg itu bisa diatasi
    Gunakan saja screenn guard pd layar lumia 535
    Dan itu memberikan prbedaan yg sgt jauh
    Layar yg over sensitiv mnjdi layar yg ramah,
    Gak terlalu mahal jg,,cm mengoceh 35rb.
    Semoga tips ini bermanfaat.
    Trima kasih.

  • Alfaindomart

    HIBIKE EUPHONIUM!
    wkwkwk kapan nang bunkasai maneh?

    • Pandangan yang tajam (0 0)>

      Bunkasainya belum ada. Kalo gak salah yang paling dekat awal September.

  • Achmad Ade Nugroho

    cieh cieh :v admin suka nih ye Charlotte :v
    btw ane blom pernah kaya gitu sih (emang bener, lha ane blom punya windows phone) :v tapi jadi referensi buat service center, btw Good Job :)

    *Yosh! Bingo :)

  • Ida Bagus Anom Sanjaya

    njir.. 700 ribu bisa bayar Komite sekolah 6 bulan…

  • Nur Kholifah

    numpang tanya,. pngen beli hp tp bingung Nokia XL ato Lumia 535,. lebih bagus yang mana y??? tolong bantu masukan,. makasih

  • 2 bulan lalu saya beli lumia 535…beberapa hari kemudian saya gak sadar meliat jaringan internet jalan..padahal saya gak buka apa apa…alhasil ternyata otomatis update maslaah sensitiv layar…sekarang sudah lancar jaya,..go one microsoft…

  • Rabbil AR

    2 mobil?? kuat amat lumia nya msh bsa kembali normal
    tmen ane iphone 5 nya jga sma terlindas mobil, tpi cma 1 mobil doang, dan itu sedan biasa, tpi iphone nya rusak parah, ga bisa di benerin lgi, pdhal pas jatuh terlindas iphone nya ga bersentuhan langsung karna tuh iphone nya ada di dalam tas, jd tas yg jatuh,
    ane bukan mau menjelekkan iphone nya, tpi kaget aja liat perbedaan nya :)

  • Pakne Gibran

    gorilla glass buat lumia 630 kira kira berapa ya,,, trims

  • shofi nur ihsan

    habis berapa duit tuh benerin layarnya? kebetulan kejadian juga sama lumia 430 saya

  • om..nasibnya sama kayak l535 saya, jatuh beberapa kali dan akhirnya layar pecah :'( , sistemnya sama hardware lain kayaknya masih normal, tapi layarnya aja gakbisa disentuh :'( , itu beneran nyampe 700ribu? ampuuun.. huhuhu