Home PC Seperti Inilah MS Paint Versi Baru yang Mendukung 3D (Review)

Seperti Inilah MS Paint Versi Baru yang Mendukung 3D (Review)

review-universal-microsoft-paint-1

Beberapa hari yang lalu, WinPoin mengabarkan bahwa Microsoft akan membuat Paint versi UWP, dengan tampilan baru dan 3D support. Untuk Win32 Paint (old), Microsoft mengabarkan tetap akan mempertahankannya, meskipun juga tidak menutup kemungkinan akan menghapus Paint lama.

Nah kembali ke Universal Paint. Kini lebih dari sekedar video, saya akan memberikan depth review dari Universal Paint ini. Jadi tanpa perlu berlama-lama, berikut ulasan lengkapnya.

First Impression

Ketika pertama kali melihatnya, tentu hal pertama yang akan terasa adalah UInya yang memiliki kesan modern apps. Mengikuti aplikasi modern lainnya seperti Photos, Mail, dsb.

review-universal-microsoft-paint-2

Pada bagian atas terdapat menu Select, Resize Kanvas, Drawing Tools, Text, 2D Share, 3D Shape dan Community. Serta Hamburger menu yang isinya beberapa opsi standar seperti New, Open, Import/Export 3D model, Save, Save as, Print, Share, Feedback, dan About.

review-universal-microsoft-paint-3

Tidak ketinggalan pada bagian kanan atas terdapat opsi menu Paste, Undo, Undo berdasarkan waktu tertentu dan Redo. Dan dibagian bawah terdapat opsi percentage zoom in/out dan model kanvas yang digunakan, 2D atau 3D.

 

Membuat Objek 3D

Disamping tampilannya yang lebih eye candy. Satu lagi yang menjadi daya tarik dari Universal Paint ini adalah dapat membuat Objek 3D. Caranya cukup navigasi ke opsi 3D Share dan pilih salah satu bangun ruang yang ingin dibuat, serta kita juga bisa memilih warna yang ingin ditampilan.

review-universal-microsoft-paint-4

Terakhir cukup klik 2x atau drag pada kanvas untuk membuat objek dan objek pun berhasil dibuat. Karena ini 3D, selain adanya opsi resize, objek dapat diputar hingga 360 derajat, dan bisa menambahkan objek lainnya yang tersedia jika ingin.

review-universal-microsoft-paint-5

 

Memasukan Teks

Sama dengan ‘Legacy Paint’, modern Paint ini juga terdapat opsi untuk memasukan teks. Opsi yang diberikan juga masih sama dengan yang dulu, meliputi jenis teks, ukuran huruf, warna huruf, customize font (bold, italic, dan underline), posisi font (rata kiri, tengah, atau kanan), dan opsi untuk memberikan background pada teks.

review-universal-microsoft-paint-6

Ohh ya, jika kamu pernah menginstal font tambahan, opsi font tersebut juga tersedia pada Universal Paint ini.

Drawing Tools

Pada drawing kit/tools, pilihan marker yang ada juga masih sama, hanya saja dengan tampilan yang lebih color pop dan menu yang diperbesar. Hal ini tentunya lebih efektif untuk pengguna perangkat berbasis touch screen.

review-universal-microsoft-paint-7

Terdapat tool Marker pen, Pixel penci, Oil brush, Calligraphy pen, Graphite pencil, Spray Can, Eraser dan Fill bucket. Serta juga terdapat opsi untuk menentukan ukuran dan tingkat ketebalan marker. Dan pada bagian bawah terdapat tool Color picker, 18 warna standar, dan color customize.

Community

Pada bagian sisi palingan kanan menu, terdapat menu Community yang mana ketika diakses akan muncul opsi untuk Sign-in (tentunya dengan akun Microsoft). Sayangnya tidak bisa diklik meskipun terdapat tombol untuk Sign-in.

review-universal-microsoft-paint-8

Menurut perkiraan saya, opsi Community ini mungkin merupakan beta program internal testing dari Universal Paint ini. Berdasarkan keterangan yang tertulis ‘Alpha invitations‘.

Permasalahan

Berikutnya adalah permasalahan yang ditemui, tetapi tentu kamu harus memahami terlebih dahulu bahwa Universal Paint ini belum Public Release, dan bahkan belum ada pada Insider Build terakhir (14942 hingga artikel ini ditulis).

  1. Bug ketika melakukan drawing dengan marker tool, tampilan kanvas akan menghilang pada bagian sisi kanan atas.
  2. Force Close ketika memilih opsi Resize kanvas.
  3. Belum bisa import objek 3D, meskipun sudah terdapat opsinya.
  4. Ketika di-save, hasil gambar objek 3D tidak muncul.

Jadi ini merupakan hal yang wajar jika masih banyak limitasi yang bermunculan.

Gallery Universal Microsoft Paint

Kesimpulan

Overall untuk penggunaan selama beberapa jam, saya cukup dibuat kagum dengan hasil dari rencana Microsoft untuk merombak / reborn aplikasi Paint. Dan bisa dibilang, Universal Paint ini merupakan gabungan antara Legacy Paint dan 3D Builder.

review-universal-microsoft-paint-9

Meskipun saya juga bertanya-tanya apakah Microsoft akan membiarkan 3 drawing tools (mungkin 4 dengan Windows Ink) ini bersanding atau akan ada yang terselisihkan. Who knows?, only God and Microsoft maybe :P

Tetapi disamping itu, bisa dibilang Universal Paint ini benar-benar ditujukan untuk pengguna perangkat touch. Dan jika Microsoft kedepannya terus mengembangkan fitur pada aplikasi ini, akan highly recommended untuk designer, arsitektur ataupun pengguna lainnya yang suka berkutat dengan 3D objek.

Jika kamu ada pertanyaan mengenai Universal Paint ini, pastikan kamu bertanya melalui kolom komentar, See you guys! ;)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.