Home PC Review Windows 10 Insider Preview Build 14942

Review Windows 10 Insider Preview Build 14942

review-windows-10-insider-preview-build-14942-1

Kemarin Microsoft telah merilis update baru pada Redstone 2 dengan membawa Build ke nomor 14942. Melalui Blog Windows, kita bisa mengetahui bahwa Microsoft membawa hal-hal baru pada Build ini, yang pada Build sebelumnya (14936) kita tidak bisa melihat banyak perubahan, selain adanya beberapa fitur yang tersembunyi. (Baca : Review Changelog Windows 10 Build 14936)

Nah setelah 1 hari penggunaan, tidak saatnya saya untuk memberitahu daftar perubahan yang saya temui di Build 14942, langsung saja berikut ulasannya.

Hide App List

Terdapat opsi baru, yaitu kamu dapat menyembunyikan App List pada Start Menu. Caranya buka Settings – Personalization – Start, kemudian slide ke on pada opsi Hide app list in Start menu.

review-windows-10-insider-preview-build-14942-2

Begitu fitur ini aktif, maka App List akan hilang dan ukuran Start Menu akan menyusut dan App List akan berubah menjadi badge pada sisi pojok kiri Start Menu yang ketika diklik maka akan memunculkan daftar aplikasi. Dan tampilan Start Menu akan terlihat seperti kamu menggunakan Continuum.

 

Settings pada Win + X

review-windows-10-insider-preview-build-14942-3

Jika pada Build sebelumnya kita masih bisa melihat opsi Control Panel pada Power User menu (Win + X). Tetapi pada Build ini, Microsoft menggantikannya dengan opsi membukat Settings. Entah apa tujuannya, apa ini artinya Microsoft mulai menyingkirkan Control Panel tradisional? entalah.

 

Active Hours

review-windows-10-insider-preview-build-14942-4

Pada Build ini untuk pengguna edisi Professional, Enterprise dan Education, opsi Active Hours bertambah dari sebelumnya hanya 12 jam, kini menjadi 18 jam. Tetapi sayangnya opsi ini tidak berlaku untuk edisi Home. (Baca Juga : Cara Mengkonfigurasi “Active Hours” Agar Windows 10 Tidak Reboot Update Semaunya Sendiri)

 

Tasks

review-windows-10-insider-preview-build-14942-5

Masih pada menu Settings, terdapat opsi baru yaitu ‘Tasks’ pada submenu Privacy. Opsi ini berguna untuk memanage aplikasi yang bisa mengakses proses yang bisa kamu atur melalui menu ini, sebut saja aplikasi Build-in seperti Mail and Calendar. Meskipun hingga saat ini saya belum tahu pasti apa gunanya opsi tersebut.

 

Windows Update Icon

review-windows-10-insider-preview-build-14942-6

Di Build ini, Microsoft menyematkan icon baru untuk Windows Update yang biasanya akan muncul pada popup notification atau Action Center.

 

Microsoft Photos

Microsoft membuat tampilan aplikasi Photos terlihat lebih fresh pada Build ini. Dengan update light mode (yang mengikuti tampilan tema aplikasi lainnya), serta menu Collection, Albums, dan Folders yang berpindah keatas.

review-windows-10-insider-preview-build-14942-7

Selain itu, navigasi juga dibuat lebih mudah meskipun melihat foto secara full screen.

 

Regedit

review-windows-10-insider-preview-build-14942-8

Ini merupakan salah satu fitur yang saya suka pada Buid ini. Dimana pada regedit sekarang terdapat Address bar, tentunya akan membuat pengguna jadi mudah ketika ingin menuju suatu path root yang panjang. Jadi tinggal copas dan enter, maka kamu bisa langsung masuk path yang ingin dibuka.

 

Permasalahan

Hingga artikel ini ditulis, saya belum menemukan sesuatu yang menyebalkan dari Build ini. Overall semua hal yang saya gunakan di Build ini berjalan sesuai keinginan. Tetapi menurut laporan Windows Blog, terdapat masalah ketika login ke Xbox Live.

 

Kesimpulan

Well untuk penggunaan selama 24 jam terakhir, saya bisa bilang Build ini masih stabil sama dengan Build sebelumnya. Jadi worth untuk digunakan sebagai dialy use, tapi perlu diingatkan lagi bahwa saya tidak menjamin 100% aman karena setiap pengalaman orang akan berbeda-beda.

Bagi kamu yang sudah menggunakan Build ini, feel free untuk membagi pengalaman melalui kolom komentar ;)

Microsoft Device and Windows beta enthusiast. akan merasa senang jika bisa saling bertukar knowledge tentang Windows dan Lumia, baik Melalui Forum atau Twitter. Bukan fanboy.