Home Phone Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930

Sebagai flagship terakhir dari Nokia, Lumia 930 dibekali dengan segudang fitur. Tentu saja, fitur kamera merupakan salah satu yang tidak bisa dianggap sebelah mata. Secara hardware, kamera Lumia 930 bisa dikatakan sangat bagus untuk ukuran kamera ponsel. Hal ini juga didukung pula dengan kehadiran software kamera yang bertugas mengolah gambar digital.

Aplikasi kamera terbaik Lumia 930 pada mulanya adalah Lumia Camera. Aplikasi buatan Nokia ini langsung tergantikan dengan Windows Camera ketika Windows 10 Mobile dirilis. Dengan demikian, hanya Windows Camera saja yang bisa diandalkan. Aplikasi pihak ketiga? Ada kok, tapi Windows Camera sudah dirasa sangat memuaskan.

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930
Lumia Camera 5 di Lumia 930

Windows Camera di Lumia 930 terasa sangat ringan, lebih ringan dibandingkan dengan Lumia Camera 5. Hal ini mungkin sangat wajar mengingat Lumia Camera adalah aplikasi terpisah sementara Windows Camera sudah sangat terintegrasi dengan sistem Windows 10 Mobile.

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930
Windows Camera – Mode Auto

Tidak butuh waktu lama dari mulai menekan tombol kamera hingga aplikasi terbuka sempurna. Berapa lama? Saya tidak menghitung tepatnya, yang pasti tidak pernah lebih dari satu detik, dan sudah siap digunakan untuk mengambil gambar.

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930
Windows Camera – Mode Pro

Seperti pada Lumia Camera, Windows Camera masih mengusung tampilan khas layaknya Lumia Camera. Tampilan auto hanya menyediakan setting foto berupa pilihan HDR, Flash, dan switcher ke kamera depan. Ada juga tombol bidik, pengalih ke mode video, membuka galeri foto, dan opsi pengaturan aplikasi.

Tampilan Pro menyediakan setting foto yang jauh lebih lengkap seperti brightness, shutter speed, ISO, white balance, dan fokus. Jika kamu menahan tombol bidik dan menyeretnya ke arah kiri, maka kamu bisa membuka setting kamera dengan lebih atraktif. Sama seperti Lumia Camera.

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930
Windows Camera – Mode Pro

Bedanya dengan Lumia Camera adalah, di Windows Camera ini semua aplikasi sudah terintegrasi dengan sistem. Misalnya saja pengaturan HDR dan Dynamic Flash yang sebelumnya harus menggunakan Lumia Camera, sekarang kamu sudah bisa mengedit langsung dari galeri foto. Begitu juga dengan Living Image yang sudah bisa dilihat dari galeri foto dan bukan hanya lewat aplikasi.

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930
Menunggu itu melelahkan gan :(

Namun meskipun dengan menggunakan Lumia 930 sekalipun, kamu harus menghadapi kenyataan bahwa proses penyimpanan foto di Lumia 930 sangat lama. Bahkan ketika kamu mengaktifkan HDR, Living Image, dan format DNG maka kamu hanya bisa mengambil sekitar 3 foto saja dalam sekali burst. Sisanya? Kamu harus menunggu proses yang sangat melelahkan.

Review Windows 10 Mobile Camera di Lumia 930

Mode video sendiri juga lebih bagus. Sekarang kamu bisa mengambil gerak lambat alias slow motion tanpa bantuan aplikasi tambahan apapun. Kamu juga bisa mengubah fokus selagi merekam video. Penyimpanan video juga masih mendukung format resolusi 4K 30fps sehingga mampu menghasilkan video yang sangat berkualitas, bahkan diputar di layar besar beresolusi tinggi sekalipun.

Microsoft Student Partner. Bekerja sampingan sebagai penulis dan blogger. Menyukai Fotografi Mobile menggunakan Lumia dan iPhone. Penggemar Xbox Games khususnya Minecraft and HALO Series. Follow @ajisaputrars untuk berbincang-bincang #MiaSanMia